Sukses

Studi: 2 Antibodi yang Diidentifikasi di Israel Dapat Melawan Semua Varian Covid-19

Peneliti di Universitas Tel Aviv, Israel, bereksperimen dengan banyak antibodi dan menemukan bahwa dua diantaranya secara khusus dapat menetralkan semua jenis virus corona yang diketahui, termasuk Delta dan Omicron.

Liputan6.com, Jakarta - Ilmuwan Israel mengatakan mereka telah mengidentifikasi antibodi yang sangat kuat dalam menetralkan virus corona sehingga mereka dapat menghilangkan kebutuhan akan lebih banyak penguat vaksin atau vaksin booster.

Sebuah tim peneliti di Universitas Tel Aviv, Israel, bereksperimen dengan banyak antibodi dan menemukan bahwa dua diantaranya secara khusus dapat menetralkan semua jenis virus corona yang diketahui, termasuk Delta dan Omicron.

Infus antibodi sudah digunakan untuk mengobati beberapa pasien virus corona, dan ahli mikrobiologi Dr. Natalia Freund, yang mengarahkan penelitian baru, mengatakan antibodi yang dia identifikasi dapat digunakan untuk membuat infus yang sangat kuat.

Berdasarkan kinerjanya dalam kondisi laboratorium, antibodi dapat memberikan perlindungan ekstra yang saat ini berasal dari suntikan booster, katanya, seraya menambahkan bahwa ini berpotensi membuat suntikan tambahan tidak diperlukan di antara orang yang divaksinasi.

“Infeksi COVID-19 dapat menyebabkan penyakit serius, dan kami tahu bahwa memberikan antibodi pada hari-hari pertama setelah infeksi dapat menghentikan penyebaran virus,” kata Freund dilansir dari Times of Israel.

“Oleh karena itu, dimungkinkan dengan menggunakan pengobatan antibodi yang efektif, kita tidak perlu memberikan dosis booster ke seluruh populasi setiap kali ada varian baru,” tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Efektivitas antibodi pertama dan kedua

Menurut Freund, pada tingkat teknis, alasan keberhasilan kedua antibodi tampaknya karena mereka mengikat bagian protein lonjakan virus corona yang berbeda dari kebanyakan yang lain.

Penelitian terbaru Freund, yang baru ditinjau sejawat dan diterbitkan di Biologi Komunikasi, berasal dari penyelidikan yang dimulai di labnya pada Oktober 2020.

Bekerja dengan mahasiswa doktoral Michael Mor dan Ruofan Lee, dia mengurutkan semua sel sistem kekebalan B dari darah orang yang telah pulih dari strain COVID-19 asli di Israel, dan mengisolasi sembilan antibodi yang diproduksi pasien. Sekarang, dua antibodi teratas telah diuji terhadap berbagai varian, dan berkinerja baik terhadap semuanya.

“Menurut temuan kami, efektivitas antibodi pertama, TAU-1109, dalam menetralkan galur Omicron adalah 92 persen, dan dalam menetralkan galur Delta, 90%,” kata Freund.

“Antibodi kedua, TAU-2310, menetralkan varian Omicron dengan efikasi 84%, dan varian Delta dengan efikasi 97%,” tambahnya. Antibodi diberi nama TAU karena diidentifikasi di Universitas Tel Aviv.

3 dari 3 halaman

Tidak perlu memberikan dosis booster

Untuk memastikan bahwa pekerjaan labnya dilakukan dengan benar, Freund mengirim antibodi agar efektivitasnya melawan virus hidup diperiksa dalam kultur laboratorium di University of California San Diego, dan untuk pengujian lebih lanjut di fakultas kedokteran Universitas Bar-Ilan di Galilea. 

Studi-studi ini menguatkan temuannya. Freund mengatakan bahwa antibodi jelas memberikan perlindungan yang kuat, karena mereka mencegah infeksi langsung setelah pemulihan, tetapi kemudian berkurang, dan kekebalan berkurang. 

Dalam pandangannya, ini membuatnya logis untuk berinvestasi dalam meningkatkan antibodi secara artifisial, dan dia berharap untuk melakukan hal ini dengan antibodi yang dia identifikasi.

“Untuk alasan yang masih belum sepenuhnya kami pahami, tingkat antibodi terhadap COVID-19 menurun secara signifikan setelah tiga bulan,” jelasnya. “Inilah mengapa kami melihat orang terinfeksi berulang kali, bahkan setelah divaksinasi tiga kali.”

“Infeksi COVID-19 dapat menyebabkan penyakit serius, dan kami tahu bahwa memberikan antibodi pada hari-hari pertama setelah infeksi dapat menghentikan penyebaran virus. Oleh karena itu, dimungkinkan bahwa dengan menggunakan pengobatan antibodi yang efektif, kita tidak perlu memberikan dosis booster ke seluruh populasi setiap kali ada varian baru,” tutup Freund.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.