Sukses

Berpikir untuk Resign? Pertimbangkan 7 Hal Ini Sebelum Mengambil Keputusan yang Mungkin Anda Sesali

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk resign dari pekerjaan

Liputan6.com, Jakarta Bayangkan seandainya ini hari Minggu malam, dan Anda perlahan-lahan mulai merasakan ketakutan yang mendalam. Anda memikirkan semua yang harus Anda lakukan besok dan dapat merasakan diri Anda tergelincir ke dalam suasana hati yang buruk.

Dalam hitungan menit, sisa Minggu malam Anda hancur dalam spiral kecemasan akibat pekerjaan. Mau tidak mau Anda bertanya-tanya apakah mungkin ada karir yang lebih baik di tempat lain dan tiba-tiba Anda bertanya-tanya, “haruskah saya berhenti dari pekerjaan saya?”

Jika ini terdengar familier, Anda pasti tidak sendirian. Terlepas dari apakah pasar kerja sedang panas atau melambat, bagaimana Anda memutuskan antara membuat lompatan untuk mencoba sesuatu yang baru dan bertahan dengan apa yang Anda miliki? Ada beberapa tanda dan pertanyaan untuk membantu memandu keputusan Anda.

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan resign atau berhenti dari pekerjaan seperti dihimpun dari Theeverygirl:

1. Gali lebih dalam tentang apa yang tidak Anda sukai

Yang ini mungkin tampak jelas, tetapi luangkan waktu untuk benar-benar bertanya pada diri sendiri apa yang tidak Anda sukai dari peran Anda saat ini. Apakah Anda dibayar rendah berdasarkan harga pasar yang berlaku? Apakah Anda bosan dengan tugas sehari-hari Anda?

Mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini membantu untuk menentukan apakah masalahnya mungkin dapat diperbaiki atau apakah mungkin sudah waktunya untuk mencari di tempat lain. Setelah Anda mengidentifikasi apakah alasan Anda tidak lagi terpenuhi adalah sesuatu yang dapat Anda kerjakan atau tidak, Anda dapat mulai memikirkan langkah selanjutnya yang tepat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Jujurlah tentang apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda

Ada beberapa industri pekerjaan di mana Anda mungkin harus bekerja keras selama beberapa tahun sebelum Anda mendapatkan posisi yang baik. Industri seperti akuntansi, perbankan investasi, beberapa perusahaan media, dan perawatan kesehatan dikenal memeras keringat orang-orang di tahap awal karir mereka.

Ini tidak ideal, tetapi biasanya tidak banyak yang dapat Anda lakukan. Jika Anda tahu Anda ingin berada di salah satu bidang ini di masa depan, Anda mungkin harus fokus pada jangka panjang ketika kesibukan harian menjadi terlalu banyak.

Untuk mengingatkan diri Anda tentang apa yang sedang Anda kerjakan, buat papan visi atau daftar putar yang meningkatkan suasana hati yang dapat Anda gunakan saat keadaan menjadi sulit.

3. Lihatlah manajemen Anda

Menemukan kecocokan yang baik dengan seorang manajer adalah masalah besar, dan jika tidak, itu dapat mengubah pekerjaan impian menjadi mimpi buruk dengan tergesa-gesa. Jika Anda tidak cocok dengan manajer Anda dan Anda telah mencoba yang terbaik, mungkin sudah waktunya untuk menjadwalkan pertemuan dengan HR jika memungkinkan. Sebagian besar perusahaan akan berusaha mempertahankan karyawan yang hebat dan mungkin terbuka untuk memindahkan Anda ke tim yang berbeda atau meminta Anda mengubah siapa yang Anda laporkan.

 

3 dari 5 halaman

4. Ikuti uangnya

Mereka bilang uang tidak bisa membeli kebahagiaan, tapi tahukah Anda apa yang pasti tidak bisa membeli kebahagiaan? Pengetahuan bahwa Anda dibayar rendah. Jika Anda menemukan bahwa Anda dapat menghasilkan lebih banyak di tempat lain atau bahwa orang lain dalam peran yang sama dengan Anda di perusahaan Anda menghasilkan lebih banyak, Anda berutang kepada diri untuk mendapatkan uang itu.

Jika menurut Anda menghasilkan lebih banyak akan membuat Anda bersemangat tentang peran Anda lagi, luangkan waktu untuk bersiap dan kemudian pergi dan minta kenaikan gaji itu. Jika pengetahuan bahwa Anda pernah dibayar rendah akan mewarnai opini Anda tentang perusahaan selamanya, mungkin sudah waktunya untuk mencari peran baru.

5. Pertimbangkan apakah Anda merasa dihargai dalam peran Anda saat ini

Ini adalah masalah besar. Meskipun lebih banyak uang bisa menyenangkan, jika Anda merasa dihargai di perusahaan Anda saat ini, akan bijaksana untuk memperlambat dan memeriksa apa yang Anda miliki sebelum membuat keputusan mendadak.

Itu tidak berarti bahwa Anda tidak akan mencapai titik di mana yang terbaik bagi Anda untuk pergi, tetapi penting untuk memikirkannya dengan hati-hati dan tidak membuat keputusan impulsif.

Budaya kerja beracun berlimpah akhir-akhir ini, dan Anda tidak ingin meninggalkan peran yang baik selama satu atau dua bulan tugas yang membosankan atau proyek yang buruk, hanya untuk menyesali keputusan Anda enam bulan kemudian.

 

4 dari 5 halaman

6. Lihat apakah ada ruang untuk kemajuan

Katakanlah Anda telah menjabat selama beberapa tahun, mencintai manajer Anda, dan senang dengan uang yang Anda hasilkan. Kedengarannya seperti mimpi, kan? Memang di atas kertas, tetapi jika tidak ada tempat di perusahaan Anda untuk terus menantang diri sendiri dan memperluas keterampilan Anda, pada akhirnya Anda akan mencari peran baru.

Mungkin sulit untuk merasa seperti Anda mengkhianati tim Anda dengan berpikir untuk pergi setelah mereka memperlakukan Anda dengan baik, tetapi pengembangan karier Anda bahkan lebih penting. Jika Anda telah melakukan percakapan yang jujur dan tidak ada satu pun yang tersedia dalam hal kemajuan di masa depan—apakah itu dalam jabatan, tanggung jawab pekerjaan, atau gaji—itulah indikator yang cukup bagus bahwa Anda telah melampaui peran Anda dan inilah saatnya untuk move on.

 

5 dari 5 halaman

7. Pikirkan tentang apa yang Anda cari dalam peran baru

Memikirkan apa yang Anda inginkan untuk langkah selanjutnya akan memungkinkan Anda untuk memfokuskan pencarian pekerjaan Anda sesuai dengan itu. Menetapkan beberapa tujuan dasar dalam hal perusahaan tempat Anda ingin bekerja, gaji ideal, fleksibilitas di kantor/jauh, dll dapat membantu Anda mempersempit peran yang sesuai untuk Anda dan menghemat waktu Anda.

Jika peran Anda berikutnya akan membutuhkan lebih banyak keterampilan atau pengalaman, tidak ada waktu yang lebih baik untuk mendapatkannya daripada saat Anda sudah memiliki pekerjaan harian yang Anda kenal dan tidak perlu khawatir untuk segera menemukan sesuatu.

Secara keseluruhan, memutuskan untuk tetap atau meninggalkan peran Anda saat ini bukanlah keputusan yang mudah. Perubahan itu sulit, tetapi Anda ingin memastikan bahwa Anda membuat perubahan untuk alasan yang benar dan tidak semata-mata karena bosan atau beberapa minggu yang buruk dalam pekerjaan yang sebenarnya bagus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.