Sukses

5 Manfaat yang Akan Didapat Jika Rutin Berjalan Tanpa Alas Kaki di Luar Ruangan

Berikut ini deretan manfaat yang akan Anda dapatkan jika rutin berjalan telanjang kaki bagi pikiran, tubuh, dan jiwa Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat Anda tetap merasa dan terlihat muda, seperti menggunakan krim, dll. Tapi tetap awet muda bisa jadi jauh lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu caranya cukup dengan berjalan tanpa alas kaki di luar ruangan. 

Beberapa penelitian menemukan bahwa melepas sepatu Anda dan "membumi" dapat memiliki lebih banyak manfaat daripada yang Anda kira. Namun, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan terlebih dahulu, karena ini bukan pengganti intervensi atau terapi medis.

Dilansir dari Brightside, Rabu (7/9/2022), berikut ini deretan manfaat yang akan Anda dapatkan jika rutin berjalan telanjang kaki bagi pikiran, tubuh dan jiwa Anda.

1. Dapat membantu mencegah insomnia

Berjalan tanpa alas kaki, juga dikenal sebagai grounding dan earthing, dapat meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan tingkat energi Anda. Bumi kita memiliki banyak elektron yang mengisi ulang tanah dan air, dan mereka juga dapat mengisi ulang energi kita dengan cara yang sama.

Jika kita tidak terhubung secara fisik ke bumi, maka fungsi penting kita menjadi tidak seimbang, menyebabkan peradangan dan penyakit. Ketika kita sakit, kita merasakan sakit, dan ini biasanya mengganggu tidur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Dapat meredakan kram menstruasi

Karena berjalan tanpa alas kaki dapat membantu mengatasi semua jenis rasa sakit, tidak heran jika berjalan tanpa alas kaki juga dapat membantu mengatasi kram menstruasi.

Pergi keluar tanpa alas kaki dapat memberikan keajaiban bagi pikiran, tubuh, dan jiwa Anda. Dan meski sudah banyak obat pereda nyeri untuk kram pada, grounding sebenarnya tidak memiliki efek samping.

3. Anda dapat mengatasi situasi stres dengan lebih baik

Sama seperti vitamin D dalam tubuh kita yang dihasilkan oleh energi dan frekuensi yang dihasilkan dari matahari, tanah tempat kita berdiri mengirimkan energi dan frekuensi ke tubuh kita.

Berjalan tanpa alas kaki dapat meningkatkan suasana hati Anda, Anda mungkin merasa lebih energik, dan Anda dapat menoleransi situasi stres dengan lebih baik. Jalan bertelanjang kaki dapat mengurangi kelelahan dan Anda cenderung tetap tenang dalam situasi sulit.

3 dari 3 halaman

4. Dapat membantu anak-anak tumbuh kuat secara mental

Membiarkan anak-anak Anda berlarian tanpa alas kaki di tanah dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka, menghilangkan alergi, dan mengontrol tingkat stres mereka.

Ini dapat membantu anak-anak Anda menjadi kuat secara mental. Menghabiskan waktu bertelanjang kaki di rumput, atau bahkan beton, selama 10 menit hingga satu jam sangat ideal untuk melihat manfaat ini. 

Selain itu, menempatkan kaki mereka di pasir basah dan air di pantai mungkin merupakan cara terbaik untuk mengirimkan energi dari bumi, jadi inilah saatnya untuk menikmati hari di pantai bersama anak-anak Anda.

5. Sebagai anti penuaan dini

Wanita yang rutin berjalan tanpa alas kaki biasanya menjadi sedikit merah muda di bagian wajah mereka karena peningkatan aliran darah ke kapiler. Ini mirip dengan wajah anak-anak yang berlarian di taman bermain selama musim panas.

Bahkan 1 jam berjalan tanpa alas kaki dapat meningkatkan perbaikan jaringan kulit dan meningkatkan penampilan wajah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.