5 Jurusan Kuliah Ini Cocok Buat Kamu yang Suka Menulis

Oleh Liputan6.com pada 19 Sep 2022, 12:19 WIB
Diperbarui 19 Sep 2022, 12:19 WIB
5 Jurusan Kuliah Ini Cocok Buat Kamu yang Suka Menulis
Perbesar
Wanita Cantik Berkacamata Sedang Menulis (Shutterstock/RomanSamborskyi)

Liputan6.com, Jakarta Faktor minat dan bakat menjadi pertimbangan penting dalam memilih jurusan kuliah. Dengan demikian, calon mahasiswa bisa mengasah dan meningkatkan kemampuannya sebagai bekal meraih cita-cita sekaligus memasuki dunia kerja.

Buat kamu yang suka atau hobi menulis penting sekali untuk memilih jurusan kuliah yang tepat, mengingat ada banyak sekali pilihan jurusan kuliah di Indonesia. Dengan jurusan yang tepat bukan hanya bisa mengembangkan bakatmu tapi juga membantu kamu menjalani perkuliahan dengan perasaan menyenangkan, sehingga bisa jadi pribadi yang lebih percaya diri dan kreatif.

Berikut ini beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang cocok buat kamu penyuka aktivitas tulis menulis.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

1. Sastra

Sastra
Perbesar
Ilustrasi membaca buku sastra (Shutterstock/arisara) 

Pertama ada jurusan Sastra, jurusan ini sesuai buat kamu yang hobi membaca dan ingin menjadi seorang penulis. Kamu akan mempelajari puisi, prosa, cerita, novel, naskah, dan karya sastra yang lain, termasuk ilmu dalam melakukan analisis dan pengembangan konten. 

Karena dari kuliah kamu sudah terbiasa menulis dan mengembangkan konten, ini sesuai dengan industri media dan kreatif. Sehingga membuat kamu dapat menjalani karir menjadi seorang content writer, creative writer, copywriter, penulis naskah sampai ke penulis skenario. 

Selain bahasa Indonesia, jurusan sastra memiliki beragam pilihan seperti sastra Inggris, Prancis, Rusia, sampai China. Jadi, prospek kerja jurusan ini cukup luas tidak hanya menjadi penulis, kamu bisa juga jadi ahli bahasa yang bahkan bisa berkarir di luar negeri. Menarik bukan? 

2. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi
Perbesar
Ilustrasi seorang manajer berkomunikasi dengan tim. (Shutterstock/fizkes) 

Selanjutnya ada jurusan Ilmu komunikasi, banyak dari mata kuliah di jurusan ini mewajibkan kamu untuk membuat tulisan. Melalui membuat tulisan kamu akan belajar menyampaikan pesan ke audience agar terjalin komunikasi yang baik. Selain itu, ada mata kuliah Public Speaking, Public Relations, Manajemen Komunikasi, dan masih banyak lagi.  

Kamu akan mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, mulai dari antar individu, kelompok, media, budaya, sampai periklanan. Bagi kamu yang hobi menulis, kesempatan menulis konten menjadi alat persuasif komersial selama kuliah. 

Beberapa prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi mulai dari Content Writer, Editor, Public Relations, MC, Penyiar Radio, Jurnalis, hingga Produser.


3. Jurnalistik 

Jurnalistik 
Perbesar
Juru kamera dan jurnalis mewawancarai karyawan di perkantoran. (Shutterstock/LightFieldStudio)

Ini adalah salah satu peminatan di jurusan Ilmu Komunikasi. Tapi terdapat beberapa kampus di Indonesia yang menjadikan Jurnalistik menjadi prodi tersendiri. Jurnalistik mempelajari proses pencarian, pengolahan, dan menyebarluaskan berita melalui media massa kepada masyarakat.

Jurusan ini akan mengajarkan kamu bagaimana teknik dalam mencari, menulis, dan menyunting berita, lalu bagaimana berita tersebut dipublikasi melalui media, baik cetak maupun elektronik. Mengambil jurusan ini membuat kamu mendapatkan wadah dan peluang yang besar untuk terus mengeksplor kemampuan menulis menjadi terarah dan profesional. Peluang Karir lulusan jurnalistik diantaranya, Jurnalis, Content writer, Copywriter, Scriptwriter, Editor, hingga Marketing Communication.

4. Teater/Film

Banyak yang menganggap lulusan jurusan teater dan perfilman hanya akan menjadi aktor, aktris atau sutradara saja saat lulus. Padahal sebelum terciptanya sebuah seni drama atau film dibutuhkan naskah, dan di sinilah skill menulis kamu diperlukan.  

Secara umum, di jurusan ini kamu akan belajar teori peran/akting, berekspresi, lightning, dan tentu cara menyusun naskah skenario untuk pementasan teater dan film, menulis dalam bidang jurnalistik seni dan masih banyak lagi. Prospek kerja lulusan teater dan perfilman sangat luas, menjadi penulis naskah, seniman, editor, sastrawan, kritikus film, pengarah gaya dalam akting, dan lain lain.

5. Media dan Broadcasting

Prodi Media dan Broadcasting cocok untuk kamu yang bercita-cita bekerja di stasiun TV maupun radio. Jurusan ini memiliki kesinambungan dengan membuat tulisan, kamu akan mempelajari tentang proses menciptakan dan mengemas suatu ide untuk menjadi program yang akan disiarkan, di situlah skill menulis kamu akan dibentuk. 

Itulah beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang bisa teman-teman pilih karena memiliki hobi menulis dan ingin menjadi seorang penulis profesional maupun berkarir di industri kreatif.

 

Penulis: Akbar Gilang Muhammad

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya