Sukses

Tak Sulit, Ini Deretan Tips Mencari Teman Baru untuk Para Introvert

Sederet tips bagi introvert dalam mencari teman.

Liputan6.com, Jakarta - Sering disalahartikan, tak jarang seorang introvert dicap ansos atau anti sosial dan pemalu. Hal tersebut salah besar. Bukannya anti sosial dan pemalu, secara umum introvert adalah orang-orang yang lebih senang memulihkan energinya sendiri dengan me time setelah seharian beraktivitas dalam keramaian. Bagi introvert energinya akan terisi ulang dengan menyendiri dan melakukan hal-hal yang dia sukai. 

Tentu banyak dari kalian yang menjumpai seorang introvert yang sangat easy going bukan? Semua itu kembali lagi dari kemauan tiap individu untuk dapat berbaur dengan orang-orang di sekitarnya. Namun, bagi sebagian kaum introvert yang lain mencari teman baru masih menjadi tantangan tersendiri. 

Tak perlu ragu dan takut ada beragam hal yang dapat dicoba untuk kaum introvert menjaring lebih banyak teman. Bila mulai terbiasa, secara natural kamu akan mudah untuk menarik kenalan dan teman-teman baru. Berikut ini sederet tips mudah mendapatkan teman bagi para introvert.

 1. Mencoba Hal-Hal Baru

Cobalah untuk beranikan diri kamu untuk keluar dari zona nyaman. Jangan hanya berdiam diri dalam cangkangmu. Tak perlu takut mencoba pendekatan dengan orang-orang baru. Ada berbagai cara untuk menemukan peluang terhubung dengan teman-teman baru. Kamu bisa mencoba bergabung dengan komunitas yang belum pernah Anda jalani.

Tak perlu jauh-jauh, bahkan kamu bisa mencoba melirik kegiatan-kegiatan yang ada di sekitar lingkungan rumah, sekolah, dan lainnya. Selain pulang membawa teman baru, kamu akan mendapatkan pengalaman berharga yang belum tentu akan kamu jumpai kembali. Jadi maksimalkanlah kesempatan ini. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Bergabung Kelompok dengan Minat yang Sama

Selain keluar dari “cangkangmu”, kamu bisa bergabung dengan orang-orang yang memiliki aktivitas, minat, dan hobi yang sama. Umumnya orang-orang yang memiliki kesamaan akan lebih mudah untuk dekat satu sama lain.

3. Ubah Perilaku, Bukan Identitas

Hanya demi mencari teman, janganlah memasang topeng yang sebenarnya bukan dirimu sendiri. Hal penting yang harus kamu perhatikan adalah perilaku. Jadi mulailah untuk membiasakan perilaku-perilaku positif dalam keseharianmu.  Dengan begitu dirimu akan mengundang teman-teman positif pula dalam hidupmu. 

3 dari 3 halaman

4. Tunjukkan Kelebihanmu

Tunjukkan kelebihan, hal ini tak melulu pada hal-hal besar. Sesederhana kamu menjadi pendengar yang baik yang dapat dipercaya. Hal ini akan mengundang orang-orang merasa nyaman berteman denganmu.

Catatan Untukmu

Pertemanan itu seleksi alam. Kamu akan menjumpai banyak orang dengan beragam latar belakang, kepribadian, dan pola pikir yang berbeda-beda. Ada yang cocok denganmu, ada juga yang tidak. Hal itu normal. Memiliki sedikit teman tak masalah asalkan isinya orang-orang berkualitas dan sevisi misi denganmu. 

 

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.