Intip 3 Tips Sukses Meraih Beasiswa ke Luar Negeri, Kenali Keinginanmu!

Oleh Gilar Ramdhani pada 18 Sep 2022, 14:18 WIB
Diperbarui 18 Sep 2022, 14:18 WIB
ilustrasi kuliah
Perbesar
ilustrasi kuliah (sumber: freepik)

Liputan6.com, Jakarta Beasiswa merupakan salah satu impian sekaligus tantangan bagi banyak orang, khususnya beasiswa di luar negeri. Kenapa disebut tantangan? Karena, kamu harus berjuang untuk mendapatkan beasiswa dan bersaing dengan ratusan atau bahkan ribuan siswa lainnya. Tapi mempunyai mimpi yang besar itu perlu dan keren lho! Apalagi kalau berkaitan dengan pendidikan yang berkualitas.

Untuk ke sana memang tidak mudah, tapi jangan menyerah juga. Yang harus kamu lakukan adalah menemukan cara untuk menuju impian itu. Berikut 3 tips sukses meraih beasiswa luar negeri:

1. Kenali Keinginanmu

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

Ilustrasi mahasiswa dan mahasiswi
Perbesar
Ilustrasi mahasiswa dan mahasiswi. (Shutterstock/ixel-Shot)

Kenali keinginan diri sendiri adalah poin paling penting yang harus dimiliki setiap orang jika ingin meraih mimpi. Selalu tanamkan dalam diri bahwa kamu bisa mendapatkan apa yang di inginkan. Jangan pernah ragu, karena semua keinginan akan terwujud dengan dukungan motivasi yang tinggi. Belajar juga harus beriringan dengan keinginan yang kuat, agar semangat yang dihasilkan tidak mudah goyah.

Bagaimana bisa mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan? Mulai dari sebelum memilih jurusan kuliah, kamu harus tahu apa minat dan bakatmu. Selanjutnya adalah harus lakukan riset, tujuannya untuk mencari tahu tentang jurusan yang sudah dipilih dan bagaimana cara masuk ke jurusan tersebut.


2. Buatlah Relasi yang Luas

Buatlah Relasi yang Luas
Perbesar
(Shutterstock/Ground Picture)

Jika ingin mendapatkan beasiswa ala Maudy Ayunda, jangan pernah malas untuk mencari informasi. Informasi mengenai beasiswa bisa berasal dari mana saja. Mulai dari pihak sekolah, kampus, lembaga penyelenggara, dan relasi atau koneksi yang luas. Kamu harus belajar aktif untuk bertanya pada orang-orang atau kenalan yang mungkin memiliki info mengenai beasiswa, terutama mereka yang memiliki pengalaman pernah mendapat beasiswa.

Banyak sekali lembaga yang memberikan program beasiswa. Kamu bisa melakukan riset sendiri dengan mencari informasi di internet atau media sosial. Tapi akan lebih bagus kalau bertanya langsung karena kamu bisa mendapatkan pengalaman sekaligus tips dan triknya untuk mendapat beasiswa tersebut. Jadi, mulailah memperluas relasi pertemanan.


3. Tingkatkan Kemampuan Bahasa Asing

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Asing
Perbesar
Belajar bahasa asing. (Shutterstock/Good Mood)

Bahasa keseharian yang digunakan di luar negeri sangat berbeda dengan bahasa Indonesia. Untuk itu, kamu perlu menyiapkan diri dalam meningkatkan kemampuan berbicara menggunakan bahasa asing. Sebagai contohnya, belajar bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional. Bahasa menjadi poin penting untuk mendapatkan program beasiswa.

Di beberapa negara, mayoritas masyarakatnya juga menguasai bahasa tersebut. Kamu bisa mengikuti bimbingan belajar atau BIMBEL khusus untuk bahasa Inggris. Dengan ikut BIMBEL kamu akan diajarkan untuk menghafal kosakata bahasa Inggris dan tentunya mengikuti tes TOEFL yang menjadi syarat pendaftaran program beasiswa.

Nah, seperti itu tadi 3 tips sukses dapatkan beasiswa luar negeri supaya bisa seperti Maudy Ayunda yang meraih beasiswa luar negeri. Memperoleh beasiswa memang bukanlah perkara yang mudah, tetapi tidak mustahil juga. Teruslah berusaha dan berdoa supaya keinginan bisa terwujud.

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya