Sukses

Gunakan Kecerdasan Buatan, Aplikasi Ini Diklaim Bisa Deteksi Covid-19 Lewat Suara

Baru-baru ini ada penemuan baru yaitu aplikasi ponsel yang dapat mendeteksi COVID-19 dalam suara orang dengan "potensi presisi tinggi" menggunakan kecerdasan buatan (AI), menurut para peneliti.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini ada penemuan baru yaitu aplikasi ponsel yang dapat mendeteksi COVID-19 dalam suara orang dengan "potensi presisi tinggi" menggunakan kecerdasan buatan (AI), menurut para peneliti.

Model AI tersebut dikatakan 89% akurat dan murah untuk digunakan, yang berarti dapat diadopsi di negara-negara berpenghasilan rendah di mana tes PCR lebih mahal.

Hasil dapat diberikan dalam waktu kurang dari satu menit dan dikatakan sebagai peningkatan signifikan pada akurasi tes aliran lateral, kata para ilmuwan. Infeksi biasanya berdampak pada saluran pernapasan bagian atas dan pita suara, sehingga para peneliti memutuskan untuk menganalisis perubahan suara menggunakan model AI untuk mendeteksi COVID-19.

Wafaa Aljbawi, seorang peneliti di Institut Ilmu Data di Universitas Maastricht di Belanda, mengatakan, "Hasil yang menjanjikan ini menunjukkan bahwa rekaman suara sederhana dan algoritma AI yang disempurnakan berpotensi mencapai presisi tinggi dalam menentukan pasien mana yang terinfeksi COVID-19,” ujarnya dilansir dari Sky News.

"Tes semacam itu dapat diberikan tanpa biaya dan mudah diinterpretasikan. Selain itu, pengujian tersebut memungkinkan pengujian jarak jauh dan virtual dan memiliki waktu penyelesaian kurang dari satu menit.”

"Mereka dapat digunakan, misalnya, di titik masuk untuk pertemuan besar, memungkinkan penyaringan populasi secara cepat."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teknik analisis suara

Data digunakan dari aplikasi crowd-sourcing COVID19 Sounds dari University of Cambridge. Ini termasuk 893 sampel audio dari 4.352 orang sehat dan tidak sehat.

"Pengguna perlu memberikan informasi tentang riwayat kesehatan mereka, status merokok dan demografi dan merekam beberapa suara pernapasan, seperti batuk dan membaca kalimat pendek. Teknik analisis suara - disebut Mel-spektogram - mengidentifikasi fitur suara yang berbeda untuk "menguraikan banyak sifat suara peserta."

"Hasil ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam akurasi diagnosis COVID-19 dibandingkan dengan tes canggih seperti tes aliran lateral,” Aljbawi menambahkan.

"Tes aliran lateral memiliki sensitivitas hanya 56%, tetapi tingkat spesifisitas yang lebih tinggi 99,5%. Ini penting karena menandakan bahwa tes aliran lateral salah mengklasifikasikan orang yang terinfeksi sebagai negatif COVID-19 lebih sering daripada tes kami.”

"Dengan kata lain, dengan model AI LSTM, kita bisa kehilangan 11 dari 100 kasus yang akan menyebarkan infeksi, sedangkan uji aliran lateral akan kehilangan 44 dari 100 kasus."

Model AI juga digunakan untuk aplikasi untuk memprediksi eksaserbasi pada penyakit paru obstruktif kronik. Penelitian ini akan dipresentasikan pada Kongres Internasional Masyarakat Pernafasan Eropa di Barcelona pada Senin (12/9/2022).

3 dari 3 halaman

Studi Terbaru Temukan Gejala COVID Omicron yang Muncul di Mata

Kasus COVID-19 varian Omicron secara global belum menurun signifikan. Di saat kasus yang masih terus saja bertambah, para peneliti memerhatikan bahwa banyak dari gejala COVID Omicron yang tergolong baru bermunculan, dibandingkan dengan varian sebelumnya selama pandemi.

Terlepas dari tiga gejala COVID seperti batuk, demam, dan kehilangan atau perubahan rasa dan bau, muncul gejala-gejala Omicron lainnya yang kurang disadari tetapi terjadi secara signifikan.

Menurut penelitian terbaru bahwa salah satu gejala itu bisa muncul dari mata. Jadi, untuk memastikan kesehatan mata Anda, sebaiknya waspadai tanda-tanda yang mungkin terkait dengan Omicron. Serta konsultasikan dengan dokter atau dokter mata untuk perawatan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMJ Open Ophthalmology menemukan bahwa gejala COVID juga dapat memengaruhi mata kita, yang dapat dialami dari berbagai gejala terkait mata.

Melihat 83 subjek, para peneliti menggunakan kuesioner terstruktur untuk mendapatkan data yang dilaporkan sendiri dari pasien COVID positif. Bertanya tentang frekuensi dan durasi tanda-tanda yang berhubungan dengan mata, tim peneliti menemukan tanda-tanda COVID yang paling umum terjadi di mata.

Seperti dikutip dari situs Times of India pada Minggu, 4 September 2022, para peneliti menemukan bahwa gejala mata yang paling umum dialami oleh subjek penelitian adalah fotofobia, mata perih, dan mata gatal. Fotofobia dialami oleh sebagian besar peserta. Untuk yang belum berpengalaman, tanda ini menggambarkan kepekaan terhadap cahaya yang ditandai dengan ketidaknyamanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.