Sukses

Ketahui Manfaat Berbagai Olahan Kelapa untuk Kecantikan dan Kesehatan

Berikut beberapa cara untuk mengonsumsi buah kelapa dan ketahui manfaat kesehatan apa saja yang didapat dari kelapa.

Liputan6.com, Jakarta - Kelapa menjadi pilihan makanan serbaguna yang bisa dicampur ke dalam beberapa olahan makanan dan tetap bisa memberikan rasa yang lezat bersama dengan banyak manfaat kesehatan.

Rasanya yang manis, renyah, kaya akan nutrisi dan seperti susu bisa digunakan dalam berbagai bentuk untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Berikut beberapa cara untuk mengonsumsi buah kelapa dan ketahui manfaat kesehatan apa saja yang didapat dari kelapa, seperti melansir dari Pinkvilla, Senin (5/9/2022).

Minyak kelapa

Minyak yang diperoleh dari kelapa bisa dimakan dan dikemas dengan vitamin C, folat, kalsium dan kalium.

Kandungan yang terdapat dalam kelapa memiliki manfaat bagi kesehatan, di antaranya untuk meningkatkan pencernaan, meningkatkan kekebalan, meningkatkan energi dan meningkatkan kualitas kesehatan kulit.

Karena antioksidannya yang tinggi, minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

Namun tidak hanya itu, minyak kelapa juga akan menghidrasi dan melembabkan kulitmu dengan baik tapi juga akan membantu melindungi Anda dari sinar matahari yang berbahaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Air kelapa

Salah satu hidrator terbaik yang mudah ditemukan yakni air kelapa. Air dari buah bewarna hijau ini sangat bergizi dan diperkaya dengan beragam vitamin dan mineral yang bisa memberikan keajaiban bagi kesehatanmu secara keseluruhan.

Dosis tinggi elektrolit yang dikandungnya memberi nutrisi pada tubuhmu dengan membuatnya tetap segar.

Air kelapa juga rendah karbohidrat dan tinggi asam amino yang membantu pencernaan sekaligus mengurangi berat badan.

Anda bisa mencampur beberapa biji chia dalam air kelapa untuk meningkatkan manfaat kesehatan.

Santan

Profil nutrisi santan berbeda dalam subtipe yang bervariasi. Sementara santan skim rendah kandungan lemak, versi tanpa skim atau lebih kental tinggi kalori dan lemak.

Mulai dari kalsium, zat besi, magnesium dan kalium, santan mengandung banyak nutrisi yang membantu mengencangkan otot dan menurunkan tingkat tekanan darah tinggi sambil meningkatkan kesehatan jantung.

3 dari 3 halaman

Cuka kelapa

Cuka kelapa telah diketahui manfaat kesehatan dan kebugarannya. Mulai dari penurunan berat badan hingga meningkatkan pencernaan.

Cuka kelapa memiliki GI yang sangat rendah yaitu 35 pada skala yang sangat menguntungkan bagi pasien diabetes, dan bagi mereka yang mencoba mengurangi berat badan.

Selain itu, secara efektif bisa mengobati bintik hitam, lingkaran hitam, bekas jerawat dan kerutan, juga memberi Anda kulit yang lebih bersih.

Anda bisa mengkonsumsinya dengan mengencerkan sejumlah cuka kelapa dalam air atau juga bisa ditaburkan di atas salad atau bumbu-bumbu sebagai saus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.