Sukses

4 Cara Menghilangkan Kabut Otak dan Tingkatkan Daya Ingat

Berikut beberapa aktivitas dan cara yang bisa membantu Anda menghilangkan kabut otak dan meningkatkan daya ingatmu.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda kadang-kadang merasakan disorientasi, kebingungan, atau kehilangan konsentrasi?

Mayoritas orang telah mengalami kabut mental atau otak. Ini sering digambarkan sebagai memiliki kepala kabur. Kondisi itu bahkan bisa membuat stres dan menyebabkan ketegangan mental.

Oleh karena itu, hal terbaik yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya ingatmu yakni dengan penyesuaian gaya hidup yang tepat agar bisa mengembalikan otak ke jalur semula.

Berikut beberapa aktivitas dan cara yang bisa membantu Anda menghilangkan kabut otak dan meningkatkan daya ingatmu, seperti melansir dari Pinkvilla, Minggu (4/9/2022).

1. Tidur nyenyak

Tingkat stres meningkat sebagai akibat dari pola tidur yang buruk, dan kemampuan otak untuk rileks dan memulihkan diri juga terhambat.

Anda kehilangan sel-sel otak setiap hari, tapi Anda juga memiliki kesempatan untuk menumbuhkan sel-sel baru setiap malam jika Anda mendapatkan tidur yang cukup dan nyenyak.

Tubuh dan otak Anda perlu tidur untuk membersihkan diri dari racun berbahaya yang akan menyebabkan kabut otak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Latih otak Anda

Bermain permainan otak adalah cara yang bagus untuk meningkatkan daya ingat, terutama untuk orang tua. Otak Anda hidup lebih lama jika Anda terus menggunakannya.

Mencoba hal-hal baru dengan cara baru tampaknya membantu menjaga jalur saraf dan sel. Sel-sel otak baru bahkan bisa dibuat.

Intinya, mengubah rutinitasmu bisa membantu menjaga kinerja kognitif. Untuk latihan otak tambahan, Anda bisa mencoba sudoku, jigsaw puzzle dan permainan kata.

3 dari 4 halaman

3. Jalan-jalan

Kesehatan Anda secara keseluruhan sangat diuntungan dengan berjalan-jalan secara teratur. Selain itu, berjalan telah terbukti memiliki berbagai efek positif pada kesehatan mental, termasuk menghilangkan stres, menghilangkan kabut otak dan meningkatkan kecepatan pemecahan masalah.

Berjalan bisa meningkatkan aliran darah ke otak, yang telah dikaitkan dengan peningkatan memori, penurunan risiko gangguan kognitif dan kemampuan otak yang lebih tinggi.

4 dari 4 halaman

4. Ubah pola makan

Anehnya, salah satu alasan utama kabut otak adalah kesehatan usus yang buruk. Diet Anda berdampak pada seberapa baik fungsi otakmu dan bisa meningkatkan beberapa kemampuan mental seperti memori dan konsentrasi.

Beberapa bahan makanan, termasuk ikan berlemak, blueberry, kopi dan kunyit, dianggap bisa meningkatkan daya ingat dan mendukung fungsi otak yang sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.