Sukses

7 Museum Ramah Anak di Jakarta, Wisata Edukatif di Akhir Pekan Bersama Keluarga

Museum di Jakarta bisa jadi salah satu pilihan destinasi wisata liburan Anda bersama keluarga di akhir pekan.

Liputan6.com, Jakarta - Menghabiskan akhir pekan bersama keluarga tak melulu harus pergi ke mal, kafe, atau bioskop. Museum di Jakarta bisa jadi salah satu pilihan destinasi wisata liburan Anda bersama keluarga di akhir pekan.

Sembari berwisata, ada banyak hal yang bisa dipelajari oleh Anda dan anak-anak di museum, termasuk sejarah. Selain itu, berkunjung ke museum akan lebih hemat dibanding menghabiskan waktu dan uang di pusat perbelanjaan.

Dulu, museum seolah memiliki kesan kuno dan membosankan. Namun, kini museum jauh dari kesan tersebut serta mulai kembali diminati pengunjung mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa.

DKI Jakarta memiliki sejumlah museum yang bisa dikunjungi wisatawan. Bahkan, saat ini banyak museum di Jakarta yang jadi tren hits anak muda. Tak hanya belajar sejarah, museum kini juga jadi ajang untuk mengenalkan berbagai koleksi seni, jadi lokasi foto yang instagramable, hingga menyediakan tempat anak belajar melukis dan bermain sepatu roda.

Berikut ini Liputan6.com berikan rekomendasi 7 museum ramah anak di Jakarta yang bisa jadi destinasi wisata edukatif dan seru bersama keluarga di akhir pekan dirangkum dari berbagai sumber:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Museum Nasional

Museum Nasional juga dikenal dengan nama Museum Gajah. Museum ini terletak di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 12, Gambir, Jakarta Pusat. Di sana, Anda bisa mengajak anak-anak untuk melihat ratusan ribu koleksi benda bersejarah.

Selain itu, anak juga bisa belajar budaya Indonesia di Kid's Corner, membatik, melukis kendi, dan mencoba main angklung. Berikut ini informasi mengenai jam buka dan harga tiket masuk (HTM) Museum Nasional:

- Jam Buka: Selasa - Minggu, 09.00-16.00 WIB

- HTM: Rp 7.500 - Rp 15.000

2. Museum Layang-Layang

Lokasi Museum Layang-Layang ada di Jalan Haji Kamang Nomor 38, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan. Di museum Layang-Layang ini, Anda dan keluarga bisa melihat koleksi layang-layang, membuat keramik, hingga melukis payung. Berikut ini informasi mengenai jam buka dan harga tiket masuk (HTM) Museum Layang-Layang:

- Jam Buka: Setiap hari, 09.00-16.00 WIB

- HTM: Rp 25.000

3 dari 5 halaman

3. Museum Wayang

Museum Wayang terletak di dalam komplek wisata Kota Tua, Jakarta Barat. Di musem ini, Anda bisa mengajarkan anak sejarah Indonesia dengan melihat koleksi wayang dan boneka karakter dari film seri Si Unyil.

Selain itu, Anda dan keluarga juga bisa berbelanja di toko suvenir. Berikut ini informasi mengenai jam buka dan harga tiket masuk (HTM) Museum Wayang:

- Jam Buka: Selasa - Minggu, 09.00-15.00 WIB

- HTM: Rp 2.000 - Rp 5.000

4. Museum MoJA

Moseum Of Jakarta atau yang disingkat menjadi MoJa Museum kini tengah digandrungi anak muda. Sejak dibuka pada 2018 silam, tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Mayoritas pengunjung berasal dari muda-mudi yang ingin berfoto estetik.

Di MoJa Museum memang banyak spot foto instagramable. Meski namanya museum, namun kesan di dalamnya jauh dari sejarah. Lebih banyak ruangan-ruangan yang berlatar belakang unik dan eksotik. Museum ini terletak di Komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan.

Selain melihat karya seni dan berfoto bersama, Anda juga bisa mengajak anak-anak bermain sepatu roda. Berikut ini informasi mengenai jam buka dan harga tiket masuk (HTM) Museum MoJA:

- Jam Buka: Setiap hari, 11.00-19.30 WIB

- HTM: Rp 115.000 - Rp 135.000

 

4 dari 5 halaman

5. Museum Macan

Museum ini terletak di AKR Tower, Jalan Perjuangan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Di Museum Macan, Anda bisa mengenalkan seni pada anak dengan melihat berbagai koleksi seni modern dan kontemporer dari dalam maupun luar negeri.

Karena banyak koleksi yang menarik dan instagramable, Anda juga bisa berfoto dengan latar cantik di sana.

Berikut ini informasi mengenai jam buka dan harga tiket masuk (HTM) Museum Macan:

- Jam Buka: Selasa - Minggu, 10.00-16.00 WIB

- HTM: Rp 80.000 - Rp 100.000

6. Alive Museum Ancol

Alive Museum berlokasi di Jalan Ancol Beach City, Pademangan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, tepatnya di Ancol Beach City Mall Lantai 3 Pantai Carnaval, Taman Impian Jaya Ancol.

Di museum ini, Anda bisa mengajak anak-anak berfoto bersama patung lilin berbagai tokoh dunia dan aneka gambar 3D.

Berikut ini informasi mengenai jam buka dan harga tiket masuk (HTM) Alive Museum:

- Jam Buka: Weekdays 10.00 - 19.00

                  Weekend 10.00 - 21.00

- HTM: Rp 100.000

5 dari 5 halaman

7. Museum Polri

Museum ini terletak di Kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan. Museum Polri adalah museum yang memperlihatkan perjalanan panjang Kepolisian Negara Republik Indonesia kepada masyarakat.

Selain itu, ada Kid's Corner untuk anak belajar mengenal tugas Polri secara fun, role play jadi polisi, mencari petunjuk, melacak jejak, dan masih banyak lagi.

Berikut ini informasi mengenai jam buka dan harga tiket masuk (HTM) Museum Polri:

- Jam Buka: Setiap hari, 09.00-15.00 WIB

- HTM: Gratis

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.