Sukses

Tak Dipungut Biaya, 5 Tempat di Jakarta Ini Bisa Didatangi untuk Nikmati Weekend

Saat weekend tidak harus mengeluarkan uang banyak untuk datang ke tempat yang sedang hits, Anda bisa mendatangkan tempat yang seru dan mencari yang gratis.

Liputan6.com, Jakarta Akhir pekan paling seru menghabiskan waktu bersama orang yang Anda sayangi. Memanfaatkan quality time dapat mengatur keseimbangan antara pekerjaan dan hidup, bahkan dapat menjadi hal yang tak ternilai harganya. Bagi sebagian orang akan memilih untuk beristirahat di rumah, namun sebagian lagi memilih berkegiatan ke luar untuk menghilangkan rasa jenuh.

Sebenarnya berpergian tidak harus mengeluarkan uang banyak, Anda bisa mendatangkan tempat yang seru dan mencari yang gratis. Apalagi buat Anda yang berdomisili di Jakarta, sekarang ada banyak fasilitas umum yang menarik dan nyaman untuk menikmati weekend bersama keluarga, sahabat, pacar, ataupun gebetan.

Ibu kota Jakarta dipenuhi dengan bangunan bersejarah, arsitektur yang ramah keluarga, serta dilengkapi tempat makan yang ramah kantong. Jadi, bukan lah hal yang sulit jika Anda ingin mengajak liburan gratis di pusat kota. Misalnya, Anda dapat merencanakan jalan-jalan ke museum atau piknik di taman.

Liputan6.com telah merangkum beberapa tempat yang sedang viral di medsos untuk dapat Anda kunjungi bersama keluarga maupun kerabat. Ada 5 tempat yang merupakan tempat yang sebenarnya sudah ada di Jakarta sejak lama, namun sekarang tempat tersebut telah direvitalisasi oleh pemerintah daerah DKI Jakarta.

Karena itu, kini semua tempatnya sudah sangat nyaman, mudah di akses, dan memiliki berbagai fasilitas dengan ruang publik yang ramah keluarga. Berikut 5 tempat wisata di Jakarta gratis untuk dikunjungi:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kota Tua

Baru-baru ini Kota Tua sudah selesai proses revitalisasi. Kawasan bersejarah yang berlokasi di Jakarta Barat ini berubah menjadi kawasan rendah emisi (Low Emission Zone) yang bertujuan meningkatkan kualitas udara di sekitar kawasan tersebut.

Artinya, di Kota Tua sudah bebas kendaraan bermotor selama 24 jam, terkecuali Transjakarta, kendaraan logistik pada kegiatan Kota Tua, dan kendaraan berstiker khusus rendah emisi. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke sini dianjurkan menggunakan transportasi umum, seperti kereta api commuter line dan Transjakarta. Bahkan, Anda akan dapat menggunakan MRT jika proses pembangunannya selesai nanti.

Adapun wajah baru Kota Tua

  • Memiliki area pejalan kaki lebih luas.
  • Tidak ada lagi terowongan penyeberangan orang.
  • Pedagang kaki lima tidak lagi berjualan di trotoar, melainkan dipindahkan ke beberapa tempat salahh satunya lokasi binaan Kota Intan.
  • Halte transjakarta dipindahkan ke depan Stasiun Jakarta Kota, yang mana sebelumnya berada di depan Museum Mandiri.

Apakah Anda datang ke acara Festival Batavia Kota Tua kemarin?

3 dari 5 halaman

2. Tebet Eco Park

Tebet Eco Park merupakan gabungan dua kawasan taman yang awalnya terpisah dan berseberangan, yaitu Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan. Ruang terbuka hijau yang telah direvitalisasi ini mengusung konsep harmonisasi  atara fungsi ekololgi, sosial, edukasi, dan rekreasi.

Ada 8 zona Tebet Eco Park:

  • Infinity Link Bridge, yaitu jembatan dengan memiliki tinggi enam meter ini sebagai penghubung atau jalan diantara kedua taman yang sebelumnya dipisahkan oleh Jalan Tebet Timur.
  • Community Garden, yaitu wadah untuk bercocok tanam, kegiatan edukasi berkebun bagi anak sekolah maupun umum.
  • Children Playground, terdiri dari beberapa zona permainan yang didesain dengan memanfaatkan kondisi tapak.
  • Community Lawn, sebuah lahan yang mengakomodasi kegiatan berkelompok dengan desain gundukan-gundukan tanah berumput supaya kegiatan yang dilakukan lebih private.
  • Forest Buffer, zona untuk berjalan di bawah rindangnya pohon dan untuk menikmati alam sekitar.
  • Plaza, yaitu landmark area utara Taman Tebet guna mengakomodasi penjual tanaman untuk berjualan.
  • Thematic Garden, zona yang berlokasi di bawah Infinity Link Bridge  ini direncanakan untuk instalasi seni oleh seniman local dan dijadikan spot area berfoto.
  • Wetland Boardway, zona yang didesain untuk pengendalian banjir dan meningkatkan kualitas air.

Jika Anda akan pergi ke Tebet Eco Park sebaiknya mendaftarkan terlebih dahulu melalui aplikasi JAKI. Ajak keluarga Anda untuk berkunjung, yuk!

4 dari 5 halaman

3. Taman Lapangan Banteng

Taman yang berada di kawasan Jakarta Pusat ini berbeda dengan taman yang lainnya. Salah satu obyek wisata yang membuat tempat ini ramai, yaitu pertunjukan air mancur menari. Spesialnya lagi pertunjukkannya hanya ada setiap hari Sabtu dan Minggu malam yang terbagi ke dalam tiga sesi.

  • Sesi pertama dimulai pukul 18.30 - selesai
  • Sesi kedua dimulai pukul 19.30 – selesai
  • Sesi ketiga dimulai pukul 20.15 – selesai

Taman Lapangan Banteng juga kerap dijadikan tempat olahraga saat pagi dan sore hari. Selain itu, pemerintah DKI Jakarta juga kerap kali mengadakan acara. Seperti acara Festival Flora dan Fauna 2022 yang digelar pada 26 Agustus  sampai 26 September 2022.

Adapun fasilitas yang tersedia di sana, diantaranya area tempat parkir, lapangan bola, kamar mandi, tempat istirahat untuk duduk, dan area olahraga. Untuk masuk ke Taman Lapangan Banteng Anda tidak akan dikenakan biaya atau gratis. Ajak pasangan Anda untuk malam minggu ke Taman Lapangan Banteng, yuk!

5 dari 5 halaman

4. Hutan Kota GBK

Anda ingin menikmati piknik di tengah kota seperti di luar negeri? Ternyata kamu bisa melakukannya di kawasan Jakarta, tepatnya di Hutan Kota Gelora Bung Karno. Saat kamu berada di ruang terbuka hijau ini Anda bisa duduk-duduk dengan pemandangan deretan gedung bertingkat di Jakarta.

Biasanya, pengunjung yang datang ke sini membawa alas dan makanan sendiri ala sedang berpiknik. Pengunjung yang datang kebanyakan bersama keluarga, sahabat, bahkan ada yang datang hanya berdua dengan pacara atau gebetan.

Bagi Anda yang berencana datang ke sini dapat datang pada hari Selasa sampai Minggu dengan jam operasional pukul 06.00 – 10.00 WIB atau 15.00 – 18.00 WIB. Semua pengunjung yang datang ke Hutan Kota GBK harus melakukan chek in pada aplikasi PeduliLindungi.

Jika weekend ini Anda berencana ke Hutan Kota GBK, di sini sering mengadakan live music yang langsung dinyanyikan oleh musisi Tanah Air.

5. Sarinah Jakarta

Sarinah merupakan sebuah pusat perbelanjaan pada umumnya, yakni ritel kuliner, busana, produk kesehatan, dll. Namun, Sarinah kini telah hadir dengan wajah baru menjadi satu-satunya mal yang berstatus cagar budaya di Indonesia.

Sebagai salah satu gedung yang bersejarah, Anda akan melihat eskalator pertama di Indonesia dan relif presiden ke-1 RI Soekarno. Menariknya lagi, Sarinah memiliki ruang terbuka amphitheater dan skydeck yang berfungsi untuk pergelaran, ekshibisi, dan pertemuan komunitas. Sarinah sangat tepat buat Anda kunjungi bersama teman-teman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.