Sukses

Daripada Bengong, 6 Hal Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Kesepian

Kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengusir rasa kesepian!

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu merasa kesepian dan sendirian dalam menghadapi kehidupan? Hal ini adalah perasaan yang sangat wajar dialami oleh manusia. Rasa sepi dapat menghampiri siapa saja. Tak hanya orang dewasa atau orang tua saja, kesepian pun dapat menghampiri  anak muda dan anak-anak.

Banyak faktor yang menyebabkan munculnya rasa kesepian. Contohnya saja, tak jarang rasa sepi itu bisa muncul tanpa diudang saat seseorang menghadapi berbagai perubahan, ditinggal oleh orang terkasih ataupun saat mengalami berbagai tuntutan dalam kehidupan ini. 

Emosi yang kompleks ini tentunya tidak menyenangkan. Tak boleh disepelekan, rasa sepi yang berkepanjangan dapat menguras emosi seseorang dan membuat hidup terasa datar dan suram. 

Kamu tak selalu  sendirian di dunia ini. Berhenti untuk merenungi nasib.  Kamu harus bisa mengontrol reaksimu. Ada beragam hal yang dapat lakukan agar tak berlarut-larut dalam kesepian datang. 

Yuk, intip sederet kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengusir rasa kesepian!

1. Melatih Rasa Syukur

Saat sedang merasa kesepian, rasanya sangat sulit untuk menyadari hal-hal positif dalam hidup. Namun, meluangkan waktu beberapa menit untuk bersyukur setiap hari dapat membantu kamu merasa lebih baik.

Tak perlu muluk-muluk. Sesederhana bersyukur masih bisa makan makanan lezat hari ini atau pun sekadar bersyukur masih bisa menghirup napas kehidupan dengan sehat. 

Dilansir dari Healthline, latihan menulis atau pun mengucapkan syukur setiap hari dapat mengurangi kesepian dan meningkatkan kesehatan untuk orang dewasa. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Isi Ruanganmu dengan Suara

Suara dapat membantu memecahkan kesunyian di ruangan dan pikiranmu. Cobalah untuk memutar musik, podcast, radio, atau sekadar membuka jendela untuk mendengar kicauan burung dan suara jalan. Suara-suara tersebut dapat mendorong suasana hati untuk lebih bersemangat menjalani hari.

3 dari 6 halaman

3. Bermain Bersama Hewan

Hewan mungkin tidak dapat berbicara (kecuali burung vokal), tetapi mereka dapat memberikan rasa persahabatan. Kehadiran hewan dapat menghibur, memberi semangat, dan mengurangi kesepian. 

Jika tak memiliki hewan peliharaan sendiri, kamu bisa mencari peluang menjadi sukarelawan di tempat penampungan hewan ataupun sekadar mengunjungi restoran-restoran pecinta hewan.

4 dari 6 halaman

4. Menelepon Orang Terkasih

Jauh di mata, dekat di hati. Meski tidak bertemu, cobalah menelepon teman, keluarga, ataupun pacar. Interaksi ini membantu mengurangi kesepian dan mempererat kedekatan dengan orang-orang terkasih di sekitarmu. 

5 dari 6 halaman

5. Jalan-jalan

Berdiam diri saja di rumah dapat membuatmu terus kesepian. Sesekali cobalah untuk jalan-jalan melepas kepenatan dan rasa sepimu. Sesederhana berjalan atau pun mengendarai sepeda di sekitar lingkungan tempat tinggalmu atau pun dengan mengunjungi tempat favoritmu.

6 dari 6 halaman

6. Melakukan Kegiatan Positif dan Hobi yang Dirimu Sukai

Ada berbagai kegiatan positif dan hobi yang dapat kamu lakukan untuk mengalihkan rasa kesepian. Kegiatan kreatif seperti seni, bermain musik, atau pun menulis dapat mendorong rasa gembira. Hobi dan kegiatan santai seperti yoga pun dapat membantu kamu menemukan ketenangan batin.

 

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.