Sukses

9 Tanda Hubungan Asmara Anda Semakin Sehat Menurut Terapis Pasangan

Berikut ini beberapa tanda hubungan Asmara Anda dan pasangan semakin sehat

Liputan6.com, Jakarta Setiap hubungan memiliki evolusi yang berbeda. Beberapa pasangan memasuki perebutan kekuasaan dalam hubungan dengan cepat, sementara yang lain mampu bertahan dalam strategi keterikatan independen mereka selama bertahun-tahun tanpa banyak keluhan.

Namun, jika Anda mengalami konflik berulang, rasa tidak aman, dan ketidaknyamanan, dan Anda telah memutuskan untuk mengambil tindakan (baik dengan pasangan Anda atau secara mandiri), Anda pasti ingin memiliki beberapa tolok ukur untuk menilai pertumbuhan hubungan Anda.

Perebutan kekuasaan dalam hubungan asmara kerap berasal dari kurangnya diferensiasi, sehingga mencari tanda-tanda diferensiasi yang sehat dapat menjadi cara terbaik untuk menilai apakah suatu hubungan semakin sehat.

Diferensiasi adalah kemampuan untuk mempertahankan rasa diri Anda ketika Anda secara emosional dan fisik dekat dengan pasangan Anda, terutama ketika mereka menjadi semakin penting bagi Anda. Diferensiasi memungkinkan Anda untuk mempertahankan rasa diri Anda dan untuk tetap diatur secara emosional, bahkan di saat-saat ketika pasangan Anda secara fisik jauh atau tidak tersedia secara emosional seperti yang Anda inginkan.

Dalam bukunya Passionate Marriage, psikolog klinis David Schnarch, Ph.D., menjelaskan tujuan mencapai "massa kritis" diferensiasi sehat, yang mengacu pada pasangan yang telah membebaskan diri dari siklus ketidaksadaran keterikatan yang belum selesai dari sejarah masing-masing.

Di bawah ini adalah indikasi Schnarch bahwa Anda telah mencapai "massa kritis" diferensiasi yang sehat—atau, dengan kata lain, tanda-tanda bahwa hubungan Anda dan pasangan semakin sehat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Anda mengatakan hal-hal yang paling Anda takuti untuk dikatakan

Dan Anda mengatakan hal-hal ini untuk menghormati pasangan Anda dan sebagai tindakan integritas untuk menjaga hubungan Anda. Orang sering menahan diri untuk tidak mengatakan kebenaran yang terdalam karena mereka "melindungi" pasangannya.

Paradoksnya, hubungan sering diperbaiki dan diselamatkan ketika orang paling bersedia untuk berbicara kebenaran pribadi mereka dan membuka diri terhadap kebenaran pribadi pasangan mereka.

2. Satu pasangan dapat merasakan bahwa yang lain sedang berubah

Anda mungkin memperhatikan bahwa pasangan Anda dapat menenangkan diri dengan lebih efektif, bahwa mereka membutuhkan lebih sedikit validasi dari Anda dan dapat memvalidasi diri sendiri, dan mereka tidak lagi menganggap konflik dalam kemitraan sebagai kegagalan pribadi.

 

 

3 dari 5 halaman

3. Lebih damai

Kurang konflik. Lebih damai. Kurang kecemasan. Lebih banyak relaksasi. Hal-hal kecil bahkan tidak mengganggu Anda lagi, dan ketika ada konflik, Anda berdua dapat menemukan jalan tengah, menahan perbedaan satu sama lain, dan memperbaiki lebih cepat.

4. Bagian diri yang hilang muncul, dan masing-masing pasangan merasa lebih utuh

Ketika masing-masing pasangan mampu membedakan dan bertanggung jawab atas strategi keterikatan mereka, mereka menemukan bagian diri mereka yang "hilang" atau tidak berkembang. Misalnya, seorang wanita yang disebut “tidak peka”, sekarang menemukan bahwa dia memiliki lebih banyak ruang untuk merasakan semua perasaan yang dulu tidak dia rasakan.

 

4 dari 5 halaman

5. Nada yang tenang dan reflektif

Setiap pasangan mampu menenangkan diri dan merenungkan bagaimana mereka berkontribusi terhadap konflik dan bertanggung jawab atas dampaknya terhadap pasangan mereka.

6. Pasangan mengambil tindakan dan berdiri untuk keyakinannya

Meningkatkan tingkat diferensiasi Anda membutuhkan tindakan dan perubahan perilaku. Tidak ada lagi kebiasaan seperti sikap, penolakan, pembelaan diri, dan argumen kritis. Mitra memiliki batasan yang lebih jelas, mengekspresikan diri, dan membela apa yang mereka yakini tanpa serangan atau kritik dari pasangan mereka.

 

5 dari 5 halaman

7. Pasangan berbicara langsung satu sama lain

Keintiman yang divalidasi sendiri berarti Anda mengekspresikan diri Anda kepada pasangan Anda dari posisi "keyakinan yang tenang." Anda membuat poin Anda dan membagikan pengalaman Anda tanpa mendorong pasangan Anda untuk setuju atau melepaskan perspektif mereka yang berbeda.

8. Kemarahan tidak meningkat

Kemarahan terkadang muncul, tetapi tidak meningkat. Jika seseorang mengalami kemarahan, orang tersebut langsung sadar, mampu menenangkan diri, dan melakukan perbaikan jika perlu.

9. Tidak ada lagi kesalahan atau rasa malu

Ketika Anda berhenti melihat pasangan Anda sebagai masalah, Anda berhenti menyalahkan dan mengkritik, yang mengurangi pembelaan pasangan Anda. Ketika pasangan mencapai massa kritis diferensiasi, hanya masalah yang paling penting yang penting.

Menyalahkan dan mengkritik tidak lagi menjadi aman karena salah satu atau kedua pasangan tidak akan mentolerirnya lagi. Ada sedikit dorongan, dan lebih sedikit toleransi untuk melampiaskan frustrasi satu sama lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.