Sukses

7 Mitos Tentang Tubuh yang Masih Dipercaya Sampai Sekarang

Menjaga diri dan belajar tentang tubuh kita harus datang dari informasi berdasarkan sains dan fakta, bukan dari mitos dan opini.

Liputan6.com, Jakarta - Studi memberi tahu kita bahwa ada lebih dari delapan alasan mengapa perawatan diri sangat penting ketika memulai hari-hari kita.

Namun, menjaga diri dan belajar tentang tubuh kita harus datang dari informasi berdasarkan sains dan fakta, bukan dari mitos dan opini.

Oleh karena itu, berikut beberapa mitos mengenai tubuh yang hingga kini masih dipercaya, seperti melansir dari Bright Side, Selasa (30/8/2022).

1. Makan sebelum tidur membuat kelebihan berat badan

Makan larut malam dikenal terkait dengan penambahan berat badan. Ini agak benar, apalagi jika Anda mengunyah makanan tambahan setelah makan malam.

Namun, melewatkan makan dan menebusnya dengan makan beberapa jam kemudian setelah wakTu makan malam adalah pengecualian.

Ternyata lebih penting untuk menyadari seberapa banyak Anda makan daripada kapan Anda makan, karena asupan kalorimu lebih penting saat menjaga berat badan yang sehat.

2. Cokelat menyebabkan jerawat

Perawatan kulit tidak akan lengkap tanpa perawatan wajah dan praktik lain yang telah teruji untuk mendapatkan kulit segar dan bercahaya. Salah satu makanan khas yang "tidak boleh" untuk menjaga wajah tetap mulus adalah cokelat.

Cokelat sering dikaitkan dengan kulit berminyak dan berjerawat, terutama di wajah. Itu sebabnya individu yang sadar akan wajah akan menghindari kelezatan yang manis.

Meski begitu, tidak ada bukti ilmiah bahwa klaim ini benar, karena ada hasil penelitian yang beragam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Gigi yang sehat tampak putih cerah

Hampir semua iklan pasta gigi memiliki model yang menonjolkan warna gigi putih seperti mutiara. Itu sebabnya banyak individu ingin memutihkan gigi dengan berbagai cara.

Memiliki senyum cerah memang menggoda, dan yang kekuningan membuat tidak percaya diri. Tapi warna kuning muda pada gigi kia sebenarnya berasal dari sesuatu yang disebut dentin, yang melindungi lapisan dalam gigi.

4. Terlalu banyak tersenyum menyebabkan kerutan

Seiring bertambahnya usia, garis-garis halus, yang juga kita sebut "garis senyum" menjadi lebih terlihat. Kita sering mengasosiasikan kerutan ini dengan senyuman, yang tidak sepenuhnya salah. Ini muncul lebih setiap kali kita menyipitkan mata dan menyeringai.

Menampilkan senyum cantik adalah satu hal, tapi penyebab utama di sini adalah hilangnya elastisitas kulit dan kolagen.

Semakin tua, serta faktor lingkungan, seperti sinar matahari yang berbahaya, juga berada di belakang garis itu.

 

3 dari 4 halaman

5. Yoga memperbaiki nyeri tubuh

Jika kita mengalami beberapa kondisi, seperti asma, yoga mungkin bukan solusi yang ideal. Meski begitu, yoga bisa membantu menghilangkan rasa sakit kronis yang tak tertahankan.

Anda hanya perlu menganggapnya sebagai terapi pelengkap dan selalu ingat bahwa itu tidak akan menyakitimu.

6. Mendengkur saat tidur adalah hal yang wajar

Mendengkur tentu sangat mengganggu dari rutinitas kita sehari-hari. Tapi sebenarnya itu adalah sesuatu yang harus diwaspadai.

Faktanya, Anda bisa melihat beberapa kondisi tersembunyi saat mendengkur menjadi lebih berat dari waktu ke waktu, ini termasuk saluran udara hidung yang tersumbat, kurang tidur dan sleep apnea.

 

4 dari 4 halaman

7. Tubuh perlu didetoksifikasi setiap hari

Banyak individu percaya tubuh membutuhkan banyak bantuan dari berbagai makanan sehat agar tetap bersih dan dalam kondisi prima.

Faktanya, tubuh kita sebenarnya memiliki mesih pembersih batin dan tidak membutuhkan bantuan dari sekelompok "pembersih".

Hati sudah menyaring semua yang kita telan, dan yang harus kita lakukan adalah merawatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mitos adalah suatu kisah berlatar belakang masa lalu dan dianggap benar-benar terjadi oleh yang menceritakannya dan pengikutnya.

    Mitos

  • tubuh