Sukses

9 Kesalahan Makeup Ini Bisa Buat Wajah Terlihat Lebih Tua

Berikut ini deretan kesalahan ketika makeup yang bisa membuat wajah terlihat jauh lebih tua.

Liputan6.com, Jakarta Riasan atau makeup dapat membantu meningkatkan kecantikan dan penampilan Anda. Tetapi satu kesalahan yang terlihat dapat merusak seluruh penampilan Anda. 

Ya, meski bisa mempercantik wajah tapi jika dilakukan dengan salah makeup justru bisa membuat wajah terlihat jauh lebih tua. Itu mengapa penting bagi Anda khususnya para wanita untuk mengetahui apakah Anda juga secara tidak sadar membuat kesalahan riasan ini dan pastikan untuk tidak membuat atau mengulanginya. Dilansir dari Boldsky, berikut ini deretan kesalahan ketika makeup yang bisa membuat wajah terlihat jauh lebih tua:

1. Menggunakan foundation dengan warna yang terlalu terang atau gelap 

Sebuah alas bedak atau foundation berfungsi sebagai alas untuk kebutuhan riasan tambahan Anda. Menggunakan foundation yang terlalu putih atau gelap dapat merusak keseluruhan tampilan riasan Anda. Itulah mengapa sangat penting untuk menggunakan warna alas bedak yang tepat yang sesuai dengan warna kulit Anda.

2. Membuat Alis Terlalu Tipis 

Alis yang terlalu tipis akan menambah usia pada wajah Anda. Itulah mengapa sangat penting untuk membuat alis indah yang memiliki ketebalan sedang atau terlihat lebih penuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Terlalu Banyak Blush On

Ini mungkin terdengar sedikit lucu, tetapi jangan pernah terlihat seperti badut. Maksudnya, jangan pernah mengoleskan terlalu banyak blush on pada pipi. Oleskan perona pipi dengan tangan ringan dan ratakan di seluruh pipi. 

4. Menggunakan Lip Liner dengan Warna Gelap

Salah satu kesalahan makeup yang umum adalah membuat garis bibir dengan lip liner gelap dan mengisi bibir dengan warna bibir yang lebih terang. Setuju atau tidak, ini adalah teknik riasan yang sudah ketinggalan zaman dan tidak meningkatkan penampilan Anda.

5. Terlalu Banyak Highlighter 

Jangan pernah mengaplikasikan terlalu banyak highlighter karena dapat memberikan tampilan yang tidak alami. Selalu gunakan highlighter dengan ringan dan biarkan kulit Anda terlihat alami dan bercahaya.

6. Menggunakan Bedak Rias Terlalu Banyak

Sangat penting untuk menjaga kelembaban wajah dan leher sebelum merias wajah. Anda tidak memerlukan bedak terlalu banyak karena dapat membuat tampilan Anda terlihat cakey dan tidak natural. Gunakan produk bedak makeup dalam jumlah minimum. 

3 dari 3 halaman

7. Tidak Melakukan Teknik Kontur yang Benar

Kontur berarti membentuk wajah dan menonjolkan fitur terbaik Anda dan menyembunyikan beberapa yang tidak terlalu sempurna dengan riasan Anda. Misalnya, dahi yang lebar bisa terlihat lebih kecil dengan sedikit kontur. Selain itu, untuk membuat hidung terlihat lebih mancung, Anda dapat membuat garis kontur tipis dan menonjolkan hal yang sama di bagian tengah. Riasan berfungsi sebagai teknik hebat untuk menciptakan ilusi membuat fitur Anda yang tidak terlalu sempurna menonjol. Lakukan dengan cara yang benar dan itu bisa membuat usia Anda terlihat lebih muda.

8. Tidak Mengaplikasikan Foundation Secara Merata

Tentu saja, makeup sponge dan brush berguna untuk mengaplikasikan foundation pada wajah. Tetapi terkadang, ini meninggalkan beberapa garis kasar yang pada gilirannya dapat membuat beberapa garis dan bahkan menonjolkannya. Itulah mengapa sangat penting untuk memadukan foundation secara merata. Bersabarlah dan Anda akan menguasai seni memadukan alas bedak dengan benar dalam waktu singkat!

9. Lupa Menghapus Riasan

Ya, menghapus riasan sangat penting sebelum Anda tidur. Meninggalkan riasan untuk durasi yang lebih lama di wajah Anda berarti mengekspos kulit ke bahan kimia yang keras. Ini dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat. Gunakan pencuci muka ringan, dan tisu penghapus riasan untuk menghilangkan riasan dari wajah Anda. Oleskan pelembab lembut untuk mempertahankan kulit yang kenyal dan lembut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.