Sukses

Ini Cara Membuat Proffee, Tren Kopi yang Lagi Viral di TikTok

Berikut ini cara membuat tren kopi yang lagi viral di Tiktok

Liputan6.com, Jakarta - Tak perlu dikatakan lagi, kini TikTok bukan hanya untuk tren menari lagi. Selama beberapa tahun terakhir, platform digital ini telah menjadi pusat rekomendasi produk, resep, dan bahkan tips kesehatan dan kesejahteraan. Meskipun yang harus diperhatikan, itu tidak selalu didukung oleh penelitian.

Salah satu tren viral yang berfokus pada makanan akhir-akhir ini: "proffee." Ini berasal dari kata 'protein' dan 'coffe' yang artinya kopi dengan tambahan protein. Di TikTok, ada banyak video yang menampilkan berbagai resep kopi berprotein. Dan sementara beberapa orang meraih bubuk protein tradisional atau minuman protein premix, kolagen adalah satu pilihan mengejutkan yang mungkin ingin Anda pertimbangkan untuk minuman Anda berikutnya.

Mengapa Anda harus menambahkan kolagen ke kopi Anda untuk menambahkan dukungan protein

Kolagen sebenarnya adalah protein alami—bahkan, itu adalah protein paling melimpah di tubuh manusia. Namun, kolagen kekurangan satu asam amino esensial tertentu (disebut triptofan) sehingga tidak bisa disebut sebagai "protein lengkap." Ini berarti bahwa sementara peptida kolagen dapat berkontribusi pada asupan protein harian, Anda harus melengkapinya dengan berbagai sumber protein lain (tergantung pada pola dan preferensi diet Anda).

Berikut ini beberapa resep kopi dengan protein kolagen atau kopi kolagen yang bisa Anda coba:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Resep kopi kolagen

1. Kopi pagi sederhana

Menambahkan kolagen ke rutinitas kopi pagi Anda tidak harus menjadi pekerjaan besar; itu semudah menuangkan sesendok kolagen dan mengaduknya. Bubuk kolagen berkualitas tinggi akan larut ke dalam cairan apa pun, dan jika Anda memiliki varietas tanpa rasa, Anda mungkin bahkan tidak mendeteksinya dalam minuman Anda.

Cukup tambahkan satu sendok bubuk kolagen favorit Anda, dan aduk rata. Jika Anda menginginkan lebih banyak ramuan krim, Anda dapat menuangkan campuran ke dalam blender atau menggunakan milk frother untuk kehalusan ekstra.

2. Moka kolagen

Ambil metode yang sama dari resep No. 1, tetapi tukar kolagen tanpa rasa dengan cokelat. Ini menciptakan campuran yang kaya dan lembut. Namun, pastikan untuk menemukan bubuk kolagen yang tidak menggunakan pemanis buatan apa pun sebab ini sering kali dapat meninggalkan rasa sakarin. Anda dapat menggunakan kolagen yang menggunakan pemanis alami (seperti ekstrak gula kelapa organik) daripada bahan buatan atau alkohol gula yang bisa keras pada usus beberapa orang.

3. Frappe kolagen coklat

Pilihan cokelat lainnya, frappe tradisional yang lebih sehat ini juga kaya dan dekaden. Juga mudah untuk berkreasi dengan proporsi dalam resep, tergantung seberapa kuat Anda menyukai kopi Anda. Pastikan untuk menyeduh kopi Anda terlebih dahulu agar benar-benar dingin.

Untuk membuat frappe yang indah dan berbusa ini, masukkan 1 cangkir kopi dingin,  seperempat cangkir susu pilihan Anda, sepertiga cangkir krim kelapa, 1 sendok makan bubuk kakao tanpa pemanis, 1 setengah cangkir es batu, dan 1 sendok bubuk kolagen ke dalam blender dan aduk hingga rata.

 

3 dari 4 halaman

Manfaat kolagen

Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi kolagen secara rutin bagi kesehatan Anda:

1. Kulit

Peptida kolagen terhidrolisis dapat mendukung hidrasi yang lebih baik, kulit yang lebih halus, dan kualitas kulit yang lebih baik. Secara khusus, penelitian telah menunjukkan bahwa kolagen dapat mendukung elastisitas kulit dan berpotensi membuat garis-garis halus tampak lebih kecil.

Sebuah uji klinis double-blind, acak, terkontrol plasebo percobaan juga menemukan bahwa tingkat kelembapan kulit peserta tujuh kali lebih tinggi daripada mereka yang tidak mengonsumsi suplemen kolagen.

2. Rambut dan kuku

Suplemen kolagen menyediakan banyak asam amino dan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. “Asam amino adalah bahan pembangun untuk keratin, bahan penyusun rambut,” ujar dermatolog bersertifikat Joshua Zeichner, M.D. Mekanisme yang sama ini membuat suplemen kolagen luar biasa untuk pertumbuhan kuku.

Satu studi menemukan bahwa ketika pasien mengonsumsi kolagen setiap hari selama 24 minggu, itu membantu mendukung kesehatan kuku mereka, termasuk tingkat pertumbuhan yang lebih baik, mengurangi kerusakan, dan meningkatkan penampilan.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat lainnya

3. Usus

Menurut jurnal Gastroenterology, suplemen kolagen dapat membantu mendukung lapisan perut. Penelitian juga menemukan bahwa kadar jenis kolagen tertentu lebih rendah pada individu dengan masalah pencernaan.

4. Sendi

Kolagen adalah komponen struktural dari sendi kita, membantu jaringan menjadi lebih kencang, elastis, dan tahan terhadap peregangan. Ketika berbicara tentang suplemen kolagen, penelitian mendukung kemampuan mereka untuk meningkatkan mobilitas dan kenyamanan sendi; secara khusus, satu penelitian menunjukkan bahwa ketika atlet secara teratur mengonsumsi kolagen, kesehatan sendi mereka secara keseluruhan didukung.

5. Otot

Selain kulit, tulang, tulang rawan, dan persendian, kolagen juga ditemukan di otot kita. Sementara kolagen secara teknis bukanlah protein yang lengkap, kolagen masih memberikan delapan dari sembilan asam amino esensial yang dapat berkontribusi pada massa otot, terutama ketika dipasangkan dengan olahraga dan diet seimbang.

Sebuah studi klinis kecil juga menemukan bahwa pria yang mengonsumsi suplemen kolagen setiap hari. dan mengikuti program latihan kekuatan memperoleh massa otot lebih banyak daripada mereka yang mengikuti program tanpa mengonsumsi kolagen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.