Sukses

Stres Setelah Bekerja Seharian, Lakukan 10 Hal Ini Dapat Kurangi Dampaknya

Setelah bekerja seharian dan menjalani rutinitas yang padat, tubuh dan pikiran kamu menjadi kelelahan. Jika dibiarkan terus-menerus, lama-lama kamu bisa stres dan berakibat kehilangan semangat untuk bekerja.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah bekerja seharian dan menjalani rutinitas yang padat, tubuh dan pikiran kamu menjadi kelelahan. Jika dibiarkan terus-menerus, lama-lama kamu bisa stres dan berakibat kehilangan semangat untuk bekerja. Kamu pastinya tidak mau hal itu terjadi dan ingin memiliki kehidupan yang seimbang antara bekerja dan bermain.

Dengan kondisi tersebut, tidak heran jika sebagian besar orang bisa mengalami rasa lelah dan bosan. Belum lagi beban pekerjaan lain yang bisa terus bertambah setiap harinya dan pekerjaan sebelumnya yang belum terselesaikan. Hal ini tentu saja akan membuat pikiran semakin stres dan dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik seseorang.

Beberapa cara ini dapat membantu Anda menenangkan pikiran dan melupakan sejenak beban pekerjaan selama seharian penuh bekerja. Dengan begitu, perjalanan pulang menuju ke rumah bisa lebih terasa menyenangkan.

1. Nikmati Perjalanan Pulang

Cara mengatasi stres setelah bekerja yaitu dengan menikmati perjalanan pulang dari kantor menuju ke rumah. Meskipun beberapa kondisi tidak dapat dihindari, seperti jalan yang macet, Anda bisa membuat perjalanan pulang lebih rileks dan menyenangkan. Misalnya dengan mendengarkan musik, radio, podcast, atau buku audio yang bisa menemani Anda melewati jalanan yang macet.

2. Mandi air hangat

Pulang dari kantor, baiknya kamu langsung mandi dengan air hangat. Selain menyegarkan, air hangat juga terbukti menjadi salah satu cara menghilangkan stres karena dapat memberikan efek yang menenangkan, lho. Air hangat memang sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah kamu dan membuat otot-ototmu lebih rileks setelah tegang saat bekerja.

3. Menyalakan lilin aromaterapi

Aromaterapi sudah umum diketahui sebagai cara menghilangkan stres. Melalui aroma yang kamu hirup, kamu bisa membuat tubuh dan pikiranmu lebih tenang setelah seharian bekerja. Tak perlu jauh-jauh ke tempat spa, kamu bisa menciptakan suasana relaksasi sendiri dengan menyalakan lilin aromaterapi di ruangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengurangi Stress

4. Meminum teh atau cokelat hangat

Menikmati secangkir teh hangat memang dipercaya dapat menurunkan tingkat stres. Menurut penelitian, teh mampu menurunkan level hormon stres dalam tubuh. Jadi, menyeduh teh saat bersantai dan meminumnya selagi hangat bisa menjadi cara menghilangkan stres yang mudah untuk dilakukan.

Alternatif lainnya adalah meminum cokelat hangat. Cokelat sudah dikenal sebagai moodbooster karena dapat membantu kamu menciptakan suasana hati yang lebih menyenangkan sekaligus memberikan efek positif pada tingkat stres.   

Kurangi porsi minum kopi karena kadar kafeinnya justru bisa membuat tubuhmu lebih terjaga. Alih-alih mau rileks, kamu malah semakin tegang dan susah tidur.

5. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik menjadi cara menghilangkan stres yang sederhana namun bisa membuatmu rileks dengan cepat. Selama ini mungkin sering mendengarkan lagu-lagu favoritmu saat mengalami hari yang cukup melelahkan karena pekerjaan. Hal tersebut kamu lakukan agar membuat suasana hati kamu membaik.

Selain lagu-lagu populer kegemaranmu, kamu juga bisa mencoba mendengarkan jenis musik lain yang menenangkan pikiran seperti musik klasik dan musik yang bernuansa alam. Kamu juga bisa mencari playlist musik relaksasi di aplikasi streaming musik. Jika kamu memang penikmat musik, tidak ada salahnya juga datang ke acara-acara musik bersama teman-teman kamu sepulang bekerja.

3 dari 4 halaman

Cara Mengurangi Stress

6. Olahraga ringan

Banyak orang merasa malas untuk berolahraga sepulang bekerja karena menganggap membuat mereka semakin kelelahan. Padahal olahraga cukup ampuh untuk menjadi cara menghilangkan stres. Kalau kamu rajin berolahraga, badan kamu bisa lebih bugar dan bisa mengurangi tingkat stres, bahkan menghilangkannya sama sekali.

Ada banyak pilihan olahraga ringan yang bisa kamu lakukan, misalnya berlari, bersepeda, berenang, dan zumba. Jika kamu ingin sekaligus bermeditasi, mengikuti kelas yoga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu coba. Tidak perlu melakukan olahraga berat, yang penting kamu bisa teratur melakukannya. Semakin rutin kamu berolahraga, semakin kecil kemungkinan kamu untuk mengalami stres.

7. Melakukan Hobi

Cara mengatasi stres setelah bekerja lainnya adalah dengan melakukan hobi atau aktivitas yang disukai. Luangkan waktu yang dimiliki setelah bekerja untuk melakukan beberapa kegiatan yang digemari.

Misalnya seperti bermain musik, melukis, membaca, atau juga memasak. Dengan melakukan hobi yang disukai bisa membantu Anda menghilangkan stres dan menikmati waktu dengan lebih santai dan menyenangkan.

8. Berkumpul dengan keluarga atau teman

Cara menghilangkan stres yang satu ini juga bisa sederhana namun bisa langsung membuatmu bahagia. Kamu bisa menghabiskan waktu bersama keluargamu atau sekedar hangout dengan teman-teman di akhir pekan. Berkumpul dan mengobrol bersama orang-orang terdekat bisa memperbaiki mood kamu setelah pusing bekerja. Pastinya emosi kamu menjadi lebih baik sehingga terhindar dari rasa stres deh.

4 dari 4 halaman

Cara Mengurangi Stress

9. Menonton film

Ini dia cara menghilangkan stres yang paling banyak dilakukan setelah pulang bekerja. Kamu bisa pergi ke bioskop untuk menikmati film-film baru yang cukup menarik untuk ditonton. Selain semakin up-to-date, kamu juga bisa terhibur dengan cerita yang disajikan dalam film. Tentunya, tetap sesuaikan film yang ditonton dengan selera kamu ya.

Kalau ingin bermalasan-malasan, kamu juga bisa menonton di rumah. Apalagi dengan banyaknya pilihan layanan video on demand yang menyediakan streaming film dan acara televisi melalui internet, kamu tidak perlu repot mencari acara yang bagus dari stasiun televisi yang tersedia.

Film atau serial televisi bergenre komedi sangat direkomendasikan agar kamu bisa tertawa sehingga bisa merasa lebih rileks. Jika bosan, kamu bisa mencoba menonton variety show Korea yang banyak digemari orang-orang untuk menghilangkan penat.

10. Tidur

Tidur sebenarnya pendukung seluruh cara menghilangkan stres yang kamu lakukan. Penting untuk memiliki kualitas tidur yang baik agar kamu bisa maksimal memulihkan energi setelah seharian bekerja. Jauhkan gadget kamu seperti handphone agar kamu pikiranmu lebih jernih dan tidur bisa lebih lelap.

Porsi tidur kamu tetap harus dijaga. Jika kamu kurang tidur karena terlalu lama bekerja, pemicu stress kamu bisa bertambah. Kurang tidur menyebabkan kamu lebih kelelahan karena kurang istirahat namun harus menyelasaikan setumpuk pekerjaan. Kamu bisa kesulitan untuk menyelesaikan kewajibanmu lalu ujung-ujungnya kamu jadi stres deh.

Terlalu banyak tidur juga tidak baik untuk kesehatanmu.  Kebanyakan orang sering ‘membalas dendam’ untuk tidur dengan sangat lama saat weekend. Nyatanya, porsi tidur kamu saat hari kerja tidak bisa diganti saat hari libur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.