Sukses

Dikalahkan Viktor Axelsen, Ini 6 Fakta Perjalanan Anthony Sinisuka Ginting di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022

Usaha Anthony Sinisuka Ginting untuk melalui babak perempat final Kejuaraan Dunia 2022 atau BWF World Championships 2022 harus terhenti setelah kalah dari peringkat satu dunia asal Denmark, Viktor Axelsen.

Liputan6.com, Jakarta Usaha Anthony Sinisuka Ginting untuk melalui babak perempat final Kejuaraan Dunia 2022 atau BWF World Championships 2022 harus terhenti setelah kalah dari peringkat satu dunia asal Denmark, Viktor Axelsen, di Tokyo, Jumat (26/8/2022).

Kekalahan ini membuat rekor pertemuan Ginting atas Axelsen tertinggal kian jauh. Dari 13 pertemuan, Ginting baru menang 4 kali, sedangkan 9 pertandingan dimenangi Axelsen.

Kemenangan terakhir Ginting atas Axelsen juga sudah berlangsung lumayan lama yaitu pada tahun 2020 saat semifinal Indonesia Masters 2022 pada 18 Januari 2022 di Istora Senayan, Jakarta. Dalam laga itu, Ginting mengalahkan Axelsen dengan skor 22-20, 21-11 dalam waktu 44 menit.

Walaupun Ginting belum bisa mengalahkan Axelsen pada saat ini namun Ginting sudah berusaha melakukan yang terbaik. Ada sejumlah fakta menarik dari kekalahan Anthony Ginting dari Viktor Axelsen di laga ini. Apa saja? Berikut 5 fakta kekalahan Anthony Ginting dari Viktor Axelsen di perempatfinal BWF World Championship 2022.

1. Tren Negatif Anthony Ginting atas Viktor Axelsen Berlanjut

Fakta yang pertama dari kekalahan Anthony Ginting di perempat final BWF World Championship 2022 adalah tren negatifnya atas Axelsen terus berlanjut. Ini jadi kekalahan 9 Anthony atas Axelsen dari 13 pertemuannya. Anthony sendiri sudah 5 kali bersua Viktor Axelsen pada 2022.

Namun, semua pertemuan harus berakhir dengan kekalahan. Selain di BWF World Championship 2022, peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2022 itu juga kalah di ajang All England 2022, Indonesia Open 2022, Indonesia Masters 2022, dan Malaysia Open 2022.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fakta-fakta kekalahan Ginting atas Axelsen

2. Viktor Axelsen Tampil Menggila

Fakta lain dari kekalahan Anthony Ginting di perempatfinal BWF World Championship 2022 adalah penampilan Viktor Axelsen yang luar biasa. Ya, dia benar-benar membuktikan diri menjadi raja tunggal putra dunia saat ini.

Viktor Axelsen menampilkan permainan apik di sepanjang laga. Pebulu tangkis asal Denmark itu benar-benar tak memberi ruang kepada Anthony untuk menciptakan poin.

Hal ini membuat Axelsen bisa meraih kemenangan dengan mudah. Dia menyelesaikan laga melawan Anthony Ginting dalam waktu 41 menit.

3. Anthony Melangkah Lebih Jauh dari Edisi Terakhir

Meski kalah, Anthony Ginting tetap mengukir catatan manis dalam keikutsertaannya di BWF World Championship 2022. Dia berhasil melangkah lebih jauh di BWF World Championship 2022, ketimbang edisi sebelumnya yang diikuti Anthony, yakni pada 2019.

Dalam keikutsertaannya di BWF World Championship 2019, Anthony diketahui harus tersingkir di babak ketiga atau 16 besar. Dia gagal menembus semifinal usai kalah dari wakil India, B Sai Praneeth, dengan skor 19-21 dan 13-21.

 

3 dari 4 halaman

Fakta-fakta kekalahan Ginting atas Axelsen

Dengan kinerja yang semakin membaik, Anthony bisa membuka harapan untuk menorehkan hasil lebih baik di turnamen berikutnya. Usai BWF World Championship 2022, diketahui ada ajang Japan Open 2022 yang juga akan diikuti Anthony Ginting. Ajang berlevel Super 750 itu akan bergulir pada 8 September 2022.

4. Sulit Keluar dari Tekanan

Kala meladeni permainan Axelsen di perempat final BWF World Championship 2022, Anthony Ginting terlihat kesulitan keluar dari tekanan. Pada game pertama, Anthony Ginting bahkan benar-benar tak menemukan celah untuk menyamakan kedudukan, apalagi membalikkan keunggulan.

Pada games kedua, Anthony Ginting sebenarnya berusaha untuk bangkit. Dia bahkan sempat berbalik unggul menjadi 7-6 setelah terus tertinggal sejak awal laga.

Namun, setelah itu, Anthony Ginting kembali tampak tak berdaya meladeni permainan Axelsen. Dia bahkan kerap melakukan kesalahan yang akhirnya berujung dengan kekalahan telak.

5. Indonesia Tanpa Wakil di Semifinal Tunggal Putra

Kekalahan Anthony Ginting dari Axelsen membuat Indonesia dipastikan tanpa wakil di babak semifinal BWF World Championship 2022 untuk sektor tunggal putra. Sebab, wakil lainnya, Jonatan Christie, juga harus menghentikan perjalanan di babak perempatfinal.

 

4 dari 4 halaman

Fakta-fakta kekalahan Ginting atas Axelsen

Jonatan kalah dramatis dari wakil Taiwan, Chou Tien Chen, dengan skor 21-14, 11-21, dan 20-22. Kemenangan sebenarnya ada di depan mata Jonatan karena sudah unggul 20-14 di game ketiga. Namun, kinerjanya berubah dan Chou Tien Chen pun berhasil memanfaatkan kondisi itu sehingga menang dengan skor 22-20.

6. Komentar Warganet dalam akun @Badminton.ina

Ada beberapa komentar warganet dalam akun @Badminton.ina

“Udah beda planet ya susah” tulis @wull___

“Gapapa Ginting, Papa Vega emang bukan orang” tulis @wyaratrka

“semangat truss ya ting<3” tulis @nvanblhd

“It’s okay Gaiss, Jojo dan Ginting sudah berusaha!!” tulis @tazkya49

"Axelsen gada obat... menang terusss" tulis @enagusmiduli

"Seseorang tolong beritahu papa Vega buat pensiun aja.." tulis @syafanirezky

"Lainkali langsung aja kasih pialanya ke Axelsen di awal-awal sebelum mulai tournya, abis itu biar tinggal nyari runner uo aja" tulis @alvaro_jeco

Nah itulah beberapa fakta tentang belum berhasilnya Ginting melawan Axelsen, semoga para pemain Indonesia lebih giat berlatih lagi dan dapat menjadi juara dalam liga-liga selanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.