Sukses

Ternyata Pria Juga Bisa Menopause, Ini Gejalanya

Sama seperti wanita, ternyata pria juga mengalami penurunan hormon.

Liputan6.com, Jakarta - Menopause sering dikaitkan dengan hot flashes dan perubahan suasana hati pada wanita. Sedangkan pria tidak akan pernah mengalami hal serupa, hingga dirinya tutup usia. Benarkah begitu?

Fakta dari beberapa sumber ilmiah, itu salah. Ternyata pria bisa juga mengalami perubahan hormonal yang serupa dengan wanita seriring bertambahnya usia.

Jika pada wanita, menopause ditandai dengan tidak terjadinya ovulasi dan produksi hormon yang menurun. Sedangakan menopause pria adalah suatu kondisi yang mempengaruhi pria yang lebih tua. Ini membawa serangkaian gejala yang terkait dengan penurunan kadar testosteron dan penuaan, yang disebut sebagai andropause. Adalah penurunan androgen pria, hipogonadisme onset yang lambat dan testosteron rendah.

“Tidak semua pria mengalaminya, tapi kondisi ini benar nyata,” kata Luigi Simone, MD, dokter keluarga di Scipps Clinic Encinitas dengan fokus khusus pada kesehatan pria.

“Ada alasan mengapa ini disebut menopause pria. Itu karena dapat menghasilkan banyak gejalayang serupa seperti menopause wanita,” papar Luigi.

Menurut Luigi, gejala-gejala yang muncul termasuk cepat marah, penambahan berat badan, dorongan dan fungsi seks yang rendah, masalah tidur, depresi, kelelahan dan kehilangan kekuatan. Bahkan termasuk hot flashes

Mengapa pria mengalami testosteron rendah?

Testosteron adalah hormon yang bertanggung jawab untuk perkembangan karakteristik seksual pria. Seorang pria akan mengalama penurunan kadar hormon sebanyak satu persen setiap tahunnya. Kondisi tersebut mungkin bisa memburuk pada saat usia 40 tahun ke atas. Angka penurunan dapat dipengaruhi oleh penyakit kronis, seperti obesitas, diabetes, dan obat-obatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Gejala menopause pria

Penurunan bertahap pada hormon testosterone adalah hal normal dari penuaan. Tetapi jika tingkat testosteron merosot jauh dari ambang normal, maka pria tersebut mengalami menopause.

Gejala menopause pria meliputi:

- Disfungsi ereksi atau ketidakmampuan untuk mencapai dan mempertahankan ereksi

- Penurunan gairah seks dan infertilitas

- Depresi

- Kelelahan

- Insomnia

- Peningkatan lemak tubuh

- Penurunan massa otot

- Penurunan kepadatan tulang

Gejala ini juga dapat terjadi pada pria yang lebih tua dengan penyakit jantung, obesitas, tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2.

Menopause pria bisa dideteksi dengan melakuakn tes darah

Tes darah dapat memastikan apakah seorang pria memiliki testosteron rendah dan untuk mengetahui jenis pengobatan yang mereka butuhkan. Pilihan pengobatan mungkin termasuk terapi penggantian testosteron.

Terapi tersebut dapat membantu meringankan gejala, seperti kehilangan gairah seks, kelelahan atau bahkan depresi.

Jika Anda mempertimbangkan untuk melakukan serangkaian tes dan terapi, pastikan untuk mendiskusikan potensi resiko dan efek samping dengan dokter. Sebab, penggantian testosteron bisa jadi memicu penyakit lain seperti memperburuk kanker prostat dan meningkatkan resiko penyakit jantung.

3 dari 7 halaman

Gaya hidup sehat dapat membantu mengurangi gejala menopause pada pria

Gaya hidup sehat tentu sangan direkomendasikan untuk membantu memperbaiki hormon dan beberapa gejala menopause pria.

“Saya mendorong setiap pria untuk bertanya kepada dokter tentang cara mengelola stres, mengoptimalkan kesehatan dan menikmati hidup sepenuhnya,” kata Simone.

“Ada begitu banyak yang bisa dilakukan pria saat di rumah. Kesehatan yang baik bukan hanya tentang makan dengan benar dan berolahraga. Mereka perlu mengetahui seberapa pentingnya dari ketawa untuk kesehatan, menikmati waktu sendiri atau bersama teman dan keluarga. Bahkan berhubungan seks juga baik bagi pikiran dan tubuh, karena dapat membantu mengurangi stres dan menjaga kesehatan prostat,” lanjut Simone.

Penting untuk diingat, bahwa semua faktor yang terlibat dari luar atau pun dalam sangat berpengaruh pada perubahan hormon seseorang, ini termasuk pria dan wanita. Selain melakukan konsultasi kepada dokter, sangat disarankan untuk memulai prubahan gaya hidup mulai dari sekarang.

Bantuan medis memang diperlukan dalam permasalahan ini, namun cara yang lebih alami pun baik dan tidak ada salahnya jika Anda lakukan sedini mungkin.

4 dari 7 halaman

Menurut Astrologi, Ini 6 Zodiak yang Memiliki Dorongan Seks Terkuat

Hanya karena seseorang suka menjadi sedikit liar di antara seprai tidak berarti mereka siap untuk berhubungan seks sepanjang waktu. Bahkan bagi kita dengan libido yang sehat, keseimbangan kualitas versus kuantitas bisa menjadi masalah besar di kamar tidur.

Tentu, menyenangkan untuk bermain peran atau bereksperimen dengan mainan baru, tetapi bisakah pasangan Anda terus bersenang-senang? Berikut ini zodiak-zodiak yang memiliki dorongan seks terkuat.

1. Pisces

Pisces dianggap sebagai tanda zodiak paling romantis, dengan kemampuan alami untuk memberi pasangan mereka perasaan seperti dalam dunia dongeng. Tapi ini tidak berarti bahwa mereka lembut, kata paranormal selebriti dan peramal Inbaal Honigman.

"Karena Pisces jatuh cinta dengan cara yang sangat fisik dan dramatis, mereka tidak bisa melepaskan tangan mereka dari objek kasih sayang mereka," jelasnya. "Ketika mereka mencari seseorang, mereka mencari tubuh dan jiwa, dan ini bisa sangat seksual."

Bagi zodiak Pisces, kamar tidur hanyalah area lain dari hubungan di mana mereka memperluas kemurahan hati mereka. "Mereka sangat ingin menyenangkan minat cinta mereka dan akan mencoba apa pun yang diinginkan pasangan mereka," kata peramal hubungan Anna Kovach. Dan sementara untuk banyak orang, jenis dorongan ini dicadangkan untuk fase bulan madu, Honigman mengatakan "bahkan dalam hubungan jangka panjang, keinginan mereka tidak berkurang."

5 dari 7 halaman

2. Taurus

Tanda ini diperintah oleh Venus, planet cinta, kesenangan, dan uang. Oleh karena itu, Taurus menyukai hal-hal yang lebih baik dalam hidup seperti makanan mahal, wine yang enak, dan pakaian mewah. Ini juga membuat mereka sangat sensual, yang tentu saja diterjemahkan ke dalam kehidupan seks mereka. "Jangan heran jika malam Anda termasuk mandi busa lilin dengan musik lembut dan sampanye," kata Tara Bennet, peramal, peramal, dan pelatih spiritual di Mediumchat.

"Orang-orang sensual ini adalah kekasih yang hebat dan tidak pernah bosan mengekspresikan hasrat seksual mereka," tambah Kovach. Dia mencatat, bagaimanapun, bahwa ini terutama berlaku ketika mereka "memiliki ikatan yang penuh kasih dan kepercayaan dengan seseorang."

Taurus juga membutuhkan waktu untuk melakukan pemanasan dengan seseorang yang baru. "Orang Taurus bisa menjadi diva di kamar tidur, tetapi jika Anda meluangkan waktu untuk menunjukkan bahwa Anda peduli, Anda tidak akan kecewa. Mereka akan membalas budi dan kemudian beberapa saat membuat Anda melayang," kata Kovach.

6 dari 7 halaman

3. Sagitarius

Kebalikan dari Taurus yang berkomitmen, Sagitarius cepat bosan dan mudah beralih ke pasangan seksual baru. "Saat bumbu dan kegembiraan mati, dan kamar tidur menjadi lebih intim daripada muatan tinggi, berharap Sagitarius untuk melanjutkan penaklukan berikutnya," jelas Bennet.

Sebagai zodiak yang paling suka berpetualang, Sagitarius juga sangat nyaman bereksperimen di kamar tidur. "Bagian dari nafsu seksual mereka yang sehat termasuk keinginan untuk mengeksplorasi sebanyak mungkin posisi dan teknik yang berbeda," kata Kovach. "Mereka mempelajari seksualitas seperti seorang mahasiswa yang sedang mempersiapkan ujian, dan semua tesnya dilakukan secara langsung."

4. Capricorn

Capricorn mungkin paling dikenal karena etos kerja ekstrem mereka, selalu berusaha untuk mencapai puncak dan menunjukkan visi terowongan dalam melakukannya. Sikap tidak menerima tahanan ini juga meluas ke kehidupan seks mereka. "Sebagian besar pandangan hidup Capricorn berkaitan dengan kepemilikan, status, dan pencapaian," kata Honigman. Dia menambahkan bahwa mereka sering "memandang hubungan sebagai sesuatu yang harus dimenangkan."

Tapi ada juga elemen fisik untuk nafsu seksual Capricorn. Menurut peramal psikis internasional dan media psikis bersertifikat Angel Dawn, tanda ini "memiliki stamina, ketabahan dan ketekunan" untuk mengejar keinginan duniawi mereka. Dia menggambarkan nafsu seksual mereka sebagai "berkelanjutan, tahan lama, dan ... tak terpuaskan."

7 dari 7 halaman

5. Aries

Aries kadang-kadang dikenal agak liar, sering menemukan diri mereka sebagai kehidupan pesta. Sifat inilah yang memungkinkan mereka menikmati eksperimen seksual bahkan ketika mereka tidak sedang jatuh cinta. "Tapi ketika mereka sedang jatuh cinta, hati-hati," Kovach memperingatkan. "Rumah mungkin bergetar dengan energi seksual yang kuat."

Libido mereka yang kuat adalah berkat planet Mars yang berkuasa, "yang mengatur nafsu seksual dan agresi," jelas Honigman. "Mereka tentu tidak dipimpin oleh kepala ke dalam situasi tetapi oleh pinggang." Dan Anda tidak perlu khawatir keinginan Aries memudar seiring bertambahnya usia. "Mereka muda dan bersemangat pada usia berapa pun dan tidak pernah merasa terlalu tua untuk bersenang-senang di sore hari," tambah Honigman. 

6. Scorpio

Scorpio dikenal sebagai orang yang sangat seksual, berkat dua penguasa planet mereka—Mars, planet cinta dan seks yang berapi-api, dan Pluto, planet kekuasaan. Selain itu, mereka adalah elemen air, yang membuat mereka benar-benar romantis. "Mereka percaya pada cinta dan jatuh cinta dengan cara yang serius dan mendalam, hampir secara obsesif," catat Honigman.

Meskipun Scorpio memiliki reputasi sebagai orang yang intens dan obsesif, Kovach mengatakan bahwa itu terbayar di kamar tidur. Keintiman sangat penting bagi mereka, dan ketika menyangkut sisi fisik suatu hubungan, "mereka ingin menggabungkan hubungan emosional yang mendalam dengan hasrat dan nafsu yang kuat," jelasnya.

Jika Anda berpasangan dengan tanda ini, Anda dapat merasa yakin bahwa Anda akan menikmati kecakapan seksual mereka untuk jangka panjang. "Scorpio yang setia dan setia akan mengikuti kekasih mereka ke ujung bumi," kata Bennet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini