Sukses

Mahasiswa Baru Wajib Tahu, Ini 5 Tips Sukses di Tahun Pertama Perkuliahan

Berikut tips sukses di tahun pertama perkuliahan bagi mahasiswa baru.

Liputan6.com, Jakarta - Wah! Tak terasa tahun ajaran baru sudah di depan mata. Beberapa universitas sudah mulai melaksanakan transisi dari kuliah daring kembali ke kuliah tatap muka. Apakah universitasmu salah satunya?

Bagi mahasiswa-mahasiswa baru atau biasa disingkat dengan maba, bagaimana perasaan kalian? Transisi dari pelajar SMA menuju mahasiswa memang membuat senang dan bersemangat. Berada di lingkungan baru, bertemu teman-teman dari seluruh penjuru Indonesia, dan merasakan kesempatan asyik lainnya. 

Pernah dengar pepatah sedia payung sebelum hujan? Walaupun masih mahasiswa baru, kamu harus punya strategi, keterampilan, dan pengetahuan dasar untuk bertahan di perkuliahan. Akan ada masanya kamu akan menjumpai manis, asam, asin bahkan pahit kehidupan di bangku perkuliahan.

Memang tak ada kehidupan perkuliahan yang sempurna bak sinetron-sinetron di televisi. Namun, kamu masih punya kendali untuk meminimalisasi hal-hal yang dapat memperhambat kehidupan perkuliahanmu. Tak usah cemas. Tak perlu deg-degan mengahadapi tahun pertama di perkuliahan. Yuk, intip tips yang harus kamu ketahui sebagai mahasiswa baru berikut ini. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Manajemen Waktu

SMA dan perkuliahan sangat berbeda. Bila di SMA kamu banyak diarahkan, maka lain cerita ketika kamu sudah duduk di bangku perkuliahan terutama mengenai masalah mengatur waktu atau time management. Hal ini adalah keterampilan dasar yang sangat penting. Jangan suka menunda dan maksimalkan waktu dan kesempatan yang kamu miliki. Bila kamu tidak dapat bertanggungjawab pada hal dasar, bagaimana dengan hal besar lainnya?

2. Membuat Catatan

Ketika pemaparan materi di kelas, cobalah untuk mencatat. Mencatat membantu kamu fokus mendengarkan pemaparan materi. Menjelang ujian kamu tak perlu repot-repot membuat rangkuman karena sudah punya catatan sendiri.

3 dari 4 halaman

3. Tak Ada Salahnya Meminta Bantuan

Pernah mendengar pepatah “malu bertanya, sesat di jalan?" Ketika kamu tak mengerti sesuatu beranilah untuk meminta bantuan pada dosen atau teman sekelasmu untuk menjelaskan hal yang tidak kamu pahami.

4. Aktif dalam Kegiatan Kampus

Masa-masa di bangku perkuliahan adalah waktu yang tepat untuk kamu mengembangkan bakat dan memperluas koneksi. Misalnya, jika kamu di jurusan jurnalistik, cobalah untuk tergabung dalam media kampus. Salurkan bakatmu lewat ekstrakurikuler, kompetisi, dan kegiatan kampus lainnya. Jangan menyesal di kemudian hari karena tak memaksimalkan kesempatan ini.

4 dari 4 halaman

5. Mengelola Keuangan

Kamu harus pintar-pintar mengelola keuangan sendiri, terutama bagi kamu yang hidup jauh dari orang tua. Pantau pengeluaran dan jangan cepat tergoda membeli  hal-hal yang tidak penting  yang bukan kebutuhanmu. Jangan sampai berfoya-foya dan berhutang pada siapa pun. 

 

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury.

Universitas Multimedia Nusantara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.