Mahasiswa Baru Wajib Tahu, Ini 5 Tips Sukses di Tahun Pertama Perkuliahan

Oleh Liputan6.com pada 16 Sep 2022, 17:21 WIB
Diperbarui 16 Sep 2022, 20:22 WIB
Ilustrasi siswa, pelajar
Perbesar
Ilustrasi siswa, pelajar. (Photo by Barney Yau on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Wah! Tak terasa tahun ajaran baru sudah di depan mata. Beberapa universitas sudah mulai melaksanakan transisi dari kuliah daring kembali ke kuliah tatap muka. Apakah universitasmu salah satunya?

Bagi mahasiswa-mahasiswa baru atau biasa disingkat dengan maba, bagaimana perasaan kalian? Transisi dari pelajar SMA menuju mahasiswa memang membuat senang dan bersemangat. Berada di lingkungan baru, bertemu teman-teman dari seluruh penjuru Indonesia, dan merasakan kesempatan asyik lainnya. 

Pernah dengar pepatah sedia payung sebelum hujan? Walaupun masih mahasiswa baru, kamu harus punya strategi, keterampilan, dan pengetahuan dasar untuk bertahan di perkuliahan. Akan ada masanya kamu akan menjumpai manis, asam, asin bahkan pahit kehidupan di bangku perkuliahan.

Memang tak ada kehidupan perkuliahan yang sempurna bak sinetron-sinetron di televisi. Namun, kamu masih punya kendali untuk meminimalisasi hal-hal yang dapat memperhambat kehidupan perkuliahanmu. Tak usah cemas. Tak perlu deg-degan mengahadapi tahun pertama di perkuliahan. Yuk, intip tips yang harus kamu ketahui sebagai mahasiswa baru berikut ini. 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


1. Manajemen Waktu

Terdiri dari 4 Baris
Perbesar
Ilustrasi Menulis Syair Credit: unsplash.com/Aaron

SMA dan perkuliahan sangat berbeda. Bila di SMA kamu banyak diarahkan, maka lain cerita ketika kamu sudah duduk di bangku perkuliahan terutama mengenai masalah mengatur waktu atau time management. Hal ini adalah keterampilan dasar yang sangat penting. Jangan suka menunda dan maksimalkan waktu dan kesempatan yang kamu miliki. Bila kamu tidak dapat bertanggungjawab pada hal dasar, bagaimana dengan hal besar lainnya?

2. Membuat Catatan

Ketika pemaparan materi di kelas, cobalah untuk mencatat. Mencatat membantu kamu fokus mendengarkan pemaparan materi. Menjelang ujian kamu tak perlu repot-repot membuat rangkuman karena sudah punya catatan sendiri.


3. Tak Ada Salahnya Meminta Bantuan

Memberikan Respon yang Sesuai Dengan Karakter Lawan Bicara
Perbesar
Ilustrasi Mengobrol dan Berdiskusi Credit: freepik.com

Pernah mendengar pepatah “malu bertanya, sesat di jalan?" Ketika kamu tak mengerti sesuatu beranilah untuk meminta bantuan pada dosen atau teman sekelasmu untuk menjelaskan hal yang tidak kamu pahami.

4. Aktif dalam Kegiatan Kampus

Masa-masa di bangku perkuliahan adalah waktu yang tepat untuk kamu mengembangkan bakat dan memperluas koneksi. Misalnya, jika kamu di jurusan jurnalistik, cobalah untuk tergabung dalam media kampus. Salurkan bakatmu lewat ekstrakurikuler, kompetisi, dan kegiatan kampus lainnya. Jangan menyesal di kemudian hari karena tak memaksimalkan kesempatan ini.


5. Mengelola Keuangan

Ilustrasi keuangan
Perbesar
Mulai menabung dan kumpulkan dana darurat dengan cara efektif yang bisa dilakukan di tengah pandemi virus corona yang melanda. (Foto: Unsplash)

Kamu harus pintar-pintar mengelola keuangan sendiri, terutama bagi kamu yang hidup jauh dari orang tua. Pantau pengeluaran dan jangan cepat tergoda membeli  hal-hal yang tidak penting  yang bukan kebutuhanmu. Jangan sampai berfoya-foya dan berhutang pada siapa pun. 

 

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury.

Universitas Multimedia Nusantara.

Infografis Demo 11 April 2022 dan Tuntutan Mahasiswa. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Demo 11 April 2022 dan Tuntutan Mahasiswa. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya