Sukses

Melawan Infeksi hingga Menjaga Kesehatan Mental, Ini 4 Manfaat Melakukan Hubungan Intim Secara Teratur Bagi Pasangan

Berapa kali tepatnya Anda harus berhubungan seks agar mendapatkan manfaat kesehatan? Ini dia.

Liputan6.com, Jakarta Siapa pun yang ingin meningkatkan kesehatan mereka, dapat melakukannya dengan mudah dengan cara 'bertempur di bawah selimut'. Sebab menurut ahli, seks ternyata memiliki banyak manfaat, lebih dari yang Anda pikirkan selama ini. 

Kabar baiknya adalah bahwa melakukannya sekali atau dua kali seminggu dapat membantu dalam memerangi infeksi dan juga dapat membantu melawan kondisi lain. Demikian The Sun melaporkan.

Kaye Wellings, seorang profesor kesehatan seksual dan reproduksi di London School of Hygiene and Tropical Medicine mengatakan adalah normal jika kesehatan Anda tidak berada di urutan teratas dalam hal seks.

“Tetapi kekebalan, kesehatan jantung, dan depresi hanyalah beberapa area di mana penelitian menunjukkan bahwa aktivitas seksual mungkin bermanfaat,” katanya kepada Daily Mail.

Di sini kita melihat berbagai cara seks dapat meningkatkan kesehatan Anda - dari mendorong kembali menopause hingga membantu melawan infeksi. Lalu, apa saja manfaat melakukan hubungan seksual secara rutin? Ini dia.

1. Membantu melawan infeksi

Sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Reports, mengungkapkan bahwa melakukan hubungan intim sekali atau dua kali seminggu meningkatkan kadar imunoglobulin A. Paramedis yang menulis di Journal Ear, Nose & Throat tahun lalu menemukan bahwa orgasme sama efektifnya dengan semprotan hidung.

Namun itu semua tergantung pada seberapa aktif Anda saat berada di bawah selimut. Mereka yang sedikit lebih bersemangat dapat menggolongkan seks sebagai olahraga.

Dan menjadi aktif melakukan hubungan badan secara rutin telah terbukti menjadi dekongestan - karena kenaikan suhu tubuh mengendurkan lendir sementara peningkatan sirkulasi mendorong aliran keluarnya cairan dari hidung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kesehatan jantung

Jantung adalah organ terpenting dalam tubuh dan kunci untuk menjaganya tetap sehat. Kabar baiknya adalah bahwa berhubungan seksual secara teratur dapat membantu mencegah penyakit jantung – kabar buruknya adalah bahwa hal itu hanya berhasil untuk pria.

Dalam satu penelitian, ditemukan bahwa kencan teratur mengurangi kadar homosistein, bahan kimia berbahaya dalam darah yang dapat memicu masalah jantung.

Diperkirakan pria yang berhubungan seks lebih banyak juga memiliki sirkulasi yang lebih baik dan pembuluh darah yang lebih sehat. Ini sangat penting untuk mencegah penumpukan homosistein.

Tetapi para ilmuwan mengatakan wanita mendapat manfaat jauh lebih sedikit karena gairah seksual kurang bergantung pada memiliki aliran darah yang sehat, yang merupakan faktor kunci dalam menjaga homosistein terkendali.

Para peneliti dari National Defense Medical Center di Taiwan melacak lebih dari 2.000 pria dan wanita, berusia 20 hingga 59 tahun. Mereka menganalisis sampel darah untuk mengukur kadar homosistein dan mencocokkan hasilnya dengan aktivitas seksual sukarelawan.

Hasil penelitian menunjukkan jejak terendah bahan kimia ditemukan pada pria yang mengaku berhubungan seks setidaknya dua kali seminggu, sedangkan pembacaan tertinggi ditemukan pada mereka yang dibatasi kurang dari sekali sebulan. Tetapi pada wanita tidak ada variasi yang signifikan.

 

3 dari 4 halaman

3. Melawan tanda awal menopause

Penelitian dari University College London menemukan bahwa wanita paruh baya yang rutin berhubungan badan setiap minggu, 28 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami perubahan selama dekade berikutnya. Dan mereka yang masih berhubungan seks setidaknya sebulan sekali memiliki risiko 19 persen lebih rendah.

Megan Arnot, dari University College London, mengatakan: "Temuan ini menunjukkan bahwa jika seorang wanita tidak berhubungan seks, dan tidak ada kemungkinan untuk hamil, maka tubuh 'memilih' untuk tidak berinvestasi dalam ovulasi karena tidak ada gunanya."

“Mungkin ada pertukaran biologis antara menginvestasikan energi ke dalam ovulasi dan di tempat lain, seperti tetap aktif dengan menjaga cucu.”

Temuan menunjukkan bahwa jika aktivitas seksual tidak terdeteksi, tubuh kehilangan prioritas ovulasi, dan ini memicu menopause.

 

4 dari 4 halaman

4. Memelihara kesehatan mental

Sebuah studi yang diterbitkan pada Januari tahun ini di The Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa orang yang mempertahankan hubungan seksual selama lock down, baik jika mereka tinggal bersama pasangannya atau tidak, 34 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami depresi daripada mereka yang tidak.

Beberapa ahli percaya bahwa seks adalah barometer kunci kesehatan umum dan harus didiskusikan secara luas oleh dokter dengan pasien mereka, namun hal ini jarang terjadi.

Geoffrey Hackett, seorang ahli urologi dan profesor kesehatan pria di Universitas Aston mengatakan: “Sebagai seorang dokter, Anda senang bertanya kepada wanita tentang siklus menstruasi mereka, namun aktivitas seksual adalah sesuatu yang jarang kami diskusikan."

"Dan masalahnya bahkan lebih buruk dengan pria, namun mengetahui apakah seorang pria memiliki ereksi yang teratur memberi tahu saya banyak hal tentang kesehatannya."

Ketidakmampuan untuk ereksi dapat disebabkan oleh banyak hal, tetapi bisa juga akibat penyumbatan arteri yang memasok penis, yang pada gilirannya bisa menjadi tanda arteri kusut di tempat lain di tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.