Sukses

Studi: Banyak Pasien Omicron Tidak Menyadari Dirinya Terinfeksi Covid-19

Penelitian ini didasarkan pada 210 orang dewasa, 118 di antaranya tidak mengetahui adanya infeksi varian Omicron baru-baru ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi penelitian baru-baru ini menemukan bahwa lebih dari setengah yaitu 56%, dari mereka yang terinfeksi dengan varian Omicron, yang saat ini menjadi penyebab kasus COVID-19 di seluruh dunia, tidak menyadari dia terinfeksi.

Studi ini diterbitkan dalam jurnal JAMA Network Open pada 17 Agustus. Penelitian ini didasarkan pada 210 orang dewasa, 118 di antaranya tidak mengetahui adanya infeksi varian Omicron baru-baru ini. 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kesadaran status menular di antara individu selama gelombang varian Omicron baru-baru ini di wilayah perkotaan yang beragam dan padat penduduknya di Los Angeles County.

Laporan kohornya terdiri dari 136 wanita dan usia rata-rata adalah 51 tahun. Individu yang terdaftar sebagai karyawan dewasa atau pasien di Cedars-Sinai Medical Center, sebuah pusat medis akademik di California Selatan, terdaftar dalam studi serologis longitudinal tentang risiko dan hasil COVID-19, kata penelitian tersebut dilansir dari Times of India, Minggu (21/8/2022).

Sebanyak 6385 peserta yang terdaftar dalam penelitian yang 2479 memberikan sampel plasma untuk tes serologis. "Dari subset ini, 264 peserta memenuhi kriteria untuk serokonversi selama periode lonjakan varian Omicron," kata studi tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

56% tidak menyadarinya telah terinfeksi

Semua peserta diundang untuk menyelesaikan survei pembaruan kesehatan bulanan dan juga diminta untuk berkontribusi pada pengambilan darah bulanan untuk uji serologis.

Sebanyak 52 peserta yang belum menyelesaikan setidaknya 1 survei pembaruan kesehatan dalam waktu 5 minggu sebelum atau kapan pun setelah pengumpulan pengambilan darah titik waktu kedua dikeluarkan dari penelitian. Dua peserta yang menerima pengobatan antibodi monoklonal pra-pajanan juga dikeluarkan dari penelitian sehingga jumlah peserta menjadi 210.

Studi ini menemukan bahwa 44% peserta menyadari infeksi varian Omicron, sementara 56% tidak menyadarinya. Juga ditemukan bahwa di antara mereka yang tidak sadar, 12 mengetahui gejala yang mereka kaitkan dengan flu biasa atau infeksi non-COVID.

Dari peserta yang menyadari infeksi semacam itu, 73% (67 dari 92) memiliki hasil PCR positif interval yang tercatat di EHR, dilaporkan sendiri, atau keduanya, studi tersebut menemukan. Sebagian besar peserta divaksinasi.

3 dari 3 halaman

Kurangnya kesadaran akan infeksi varian Omicron

"Sebelum serokonversi, 94% peserta (197 dari 210) dalam sampel ini telah menerima vaksin COVID-19, dan 93% individu yang sebelumnya divaksinasi (183 dari 197) menerima seri vaksinasi yang mencakup setidaknya 1 vaksin mRNA," penelitian mengatakan yang menarik perhatian kita pada sifat penghindaran kekebalan dari varian Omicron dan juga fakta bahwa meskipun infeksi Omicron menyebabkan gejala ringan pada banyak individu masih memiliki potensi untuk menyebarkan penyakit.

“Kurangnya kesadaran akan infeksi varian Omicron, baik karena relatif tidak adanya gejala atau kurangnya pengujian tepat waktu, kemungkinan memiliki peran dalam penularan cepat dalam komunitas di Los Angeles County," kata para peneliti.

Ini menarik perhatian untuk menciptakan kesadaran untuk pengujian lebih lanjut. Pengujian secara teratur adalah satu-satunya cara untuk memastikan infeksi dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan. Dengan gejala ringan, menjadi sulit untuk memastikan infeksi.

Ini juga menekankan perlunya mengisolasi diri saat melihat infeksi. Bahkan untuk gejala seperti pilek, demam, batuk, bersin dan sakit tenggorokan, seseorang harus mengisolasi diri setidaknya selama seminggu.

WHO telah berulang kali mendesak orang untuk tidak mengecewakan penjaga terhadap virus corona. Pandemi masih jauh dari selesai dan inilah alasan mengapa kita perlu tetap mengikuti protokol anti COVID-19 seperti memakai masker, menjaga jarak fisik minimal 6 meter dan menggunakan pembersih tangan untuk menghindari kontak dengan orang atau permukaan yang terinfeksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron