Sukses

Mantan Pramugari Ungkap Toilet adalah Tempat Paling Kotor dalam Pesawat, Ini Sebabnya

Mantan pramugari mengungkapkan bahwa toilet adalah tempat paling kotor dalam pesawat.

Liputan6.com, Jakarta Seorang mantan pramugari telah membuka tentang realitas toilet dalam penerbangan dan telah mendesak penumpang untuk tidak menggunakan toilet setelah turbulensi atau waktu makan. Pramugari, yang memilih untuk tidak disebutkan namanya, memiliki pengalaman lebih dari lima tahun bekerja untuk maskapai besar dan mengklaim kamar mandi adalah tempat paling kotor di dalam pesawat.

Berdasarkan pengalaman mereka selama bertahun-tahun, profesional perjalanan ini telah membagikan beberapa informasi orang dalam yang kurang diketahui, termasuk seberapa sering toilet pesawat dibersihkan dan mengapa Anda tidak boleh menyikat gigi di wastafel pesawat.

Berbicara dengan spesialis kamar mandi, Sanctuary Bathrooms, mereka juga menyampaikan beberapa kata bijak yang sangat berguna tentang waktu terbaik untuk menggunakan toilet selama penerbangan, dan bagaimana memastikan Anda menggunakannya dengan cara yang paling higienis.

Seberapa sering toilet sebenarnya dibersihkan

Dalam sebuah pengungkapan yang mungkin menakutkan sejumlah germaphobes, mantan anggota awak kabin itu mengatakan: “Bagian penting dari industri penerbangan adalah pergantian. Ini terkadang berarti bahwa pembersihan toilet pesawat secara menyeluruh dan dalam, tidak selalu memungkinkan karena kurangnya waktu dan prioritas yang lebih tinggi."

“Umumnya, bilik-bilik itu dibersihkan dengan cepat sebelum penerbangan. Kemudian selama penerbangan, mereka cenderung diperiksa setiap setengah jam atau lebih tetapi sekali lagi, jika ada hal-hal yang lebih mendesak, memeriksa kebersihan toilet bisa masuk dalam daftar prioritas."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Waktu terburuk untuk menggunakan toilet selama penerbangan Anda

Dalam nada yang sama, dia menambahkan bahwa tangki limbah - yang bisa ada beberapa, tergantung pada ukuran pesawat - idealnya harus dikosongkan setelah pesawat mendarat. Namun, dengan 2022 menjadi tahun yang sangat sibuk untuk perjalanan, beberapa hari mungkin berlalu sebelum benar-benar dikosongkan.

Dia melanjutkan: "Jika tangki limbah meluap, ada risiko pipa bisa pecah dan isinya bisa masuk ke pesawat - yang pernah terjadi sebelumnya!"

Mantan pramugari itu juga menyarankan "waktu terburuk" untuk menggunakan toilet adalah tepat sebelum lepas landas, serta di akhir penerbangan, menambahkan ini terutama berlaku untuk penerbangan jarak jauh.

Dia melanjutkan: "Ini bisa sama buruknya setelah tempat turbulensi bergelombang selama waktu itu tanda-tanda sabuk pengaman akan dihidupkan. Segera setelah dimatikan, Anda akan mendapatkan gelombang orang yang membutuhkan toilet juga sebagai orang yang berpotensi merasa perlu memakai toilet."

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

3 dari 4 halaman

Jangan menyikat gigi di wastafel

Penumpang juga didesak untuk mencoba dan pergi sebelum makanan disajikan, dengan profesional maskapai penerbangan yang jujur ​​mengakui bahwa makan malam seperti itu "tidak cenderung baik untuk kesehatan usus atau buang air besar."

Dengan mengingat hal ini, dia memperingatkan: "Jika makanan tidak cocok dengan satu penumpang dan mereka perlu menggunakan toilet karena itu, Anda tidak ingin langsung berada di sana."

Pramugari memperingatkan: “Jangan membersihkan gigi di toilet pesawat. Air di pesawat semuanya berasal dari tangki air yang sama dan tidak disaring. Jika Anda benar-benar perlu, gunakan air kemasan tetapi saran utama saya adalah, jangan bawa sikat gigi atau tas cuci Anda ke dekat toilet pesawat.”

 

4 dari 4 halaman

Pakai masker di toilet

Demikian pula, dia juga disarankan untuk memakai masker selama perjalanan ke toilet, dengan ventilasi udara yang buruk yang berarti kamar mandi "pada dasarnya adalah lemari, tanpa udara bersih."

Dia menambahkan: "Ini berarti bahwa setiap kali Anda pergi ke toilet, Anda tidak hanya menghirup udara banyak orang lain yang telah 'melakukan bisnis mereka' sebelum Anda (terutama jika itu adalah penerbangan jarak jauh) tetapi Anda juga bisa menghirup partikel feses potensial, mengedarkan udara setelah toilet flush.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.