Sukses

6 Cara yang Didukung Psikolog Untuk Move On Setelah Putus Cinta

Berikut ini beberapa cara untuk move on setelah putus cinta yang didukung oleh psikolog

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda pernah bertanya-tanya bagaimana cara move on setelah putus cinta dan mengalami sakit hati, Anda mungkin pernah mengalami sentimen umum dari teman dan keluarga seperti "Waktu menyembuhkan semua luka." Tetapi apakah Anda pernah berpikir untuk beralih ke sains untuk membantu memperbaiki patah hati Anda?

Untuk membantu Anda dengan patah hati Anda, berikut ini enam nasihat favorit yang didukung oleh psikolog yang mungkin dapat membantu Anda move on bahkan setelah putus cinta yang paling menyakitkan. Jika Anda mengikuti langkah-langkah ini, Anda mungkin akan sembuh lebih cepat dari yang Anda kira.

1. Biarkan diri Anda merasa kesal

Jika Anda mencoba melupakan perpisahan dan berpura-pura tidak pernah terjadi, Anda hanya menunda proses penyembuhan. Dalam Ted Talk How to Get Over The End of a Relationship, Dr. Antonio Pascual-Leone, seorang psikolog klinis dan peneliti, mengatakan untuk fokus pada perasaan sedih, kekosongan, dan kesepian yang tidak nyaman daripada menghindarinya.

"Saat Anda menghindari masalah, tidak ada yang bisa berubah," jelasnya. Sementara lamanya proses koping berbeda-beda untuk setiap orang, penelitian Dr. Pascual-Leone menunjukkan bahwa banyak langkah yang diperlukan sama, dan yang pertama adalah selalu membiarkan diri Anda merasakan semua emosi.

Anda harus melalui tangisan itu untuk memahami apa yang Anda rasakan dan mengapa Anda merasa seperti itu. Juga, Anda tidak akan menekan atau menahan emosi apa pun dalam jangka panjang ketika Anda membiarkan diri Anda benar-benar merasakannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Tentukan apa yang Anda butuhkan dari hubungan itu

Saat Anda merasakan semua emosi yang muncul dari berakhirnya suatu hubungan—sakit, sakit hati, sedih, kesepian—gunakan ini sebagai kesempatan untuk mencari tahu apa yang Anda butuhkan. Apa yang Anda harapkan dari hubungan itu?

Apakah keinginan untuk merasa berharga, dicintai, atau seperti Anda adalah prioritas? Dr. Pascual-Leone mengatakan bahwa perubahan dan penyembuhan mulai terjadi “ketika Anda menjelaskan apa yang sangat Anda butuhkan, bahkan jika Anda belum merasa berhak untuk itu.”

Bahkan jika Anda bukan orang yang menginginkan perpisahan, hubungan berakhir karena suatu alasan dan kebutuhan Anda tidak terpenuhi. Luangkan waktu sejenak untuk memikirkan apa yang Anda cari dari hubungan itu.

Kemudian, pikirkan tentang bagaimana Anda dapat mulai memberikan hal-hal itu kepada diri Anda sendiri. Bagaimana Anda bisa membuat diri Anda merasa dihargai, didukung, atau dicintai tanpa syarat?

Perpisahan memberi kita banyak wawasan tentang kebutuhan terdalam kita, jadi gunakan periode ini untuk mengevaluasi kembali apa yang benar-benar Anda butuhkan dari suatu hubungan sehingga Anda tahu untuk hubungan berikutnya tetapi, yang lebih penting, untuk hubungan dengan diri sendiri.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

3 dari 6 halaman

3. Temukan kembali dirimu sendiri

Anehnya, salah satu alasan perpisahan begitu sulit tidak selalu karena kita merindukan orang itu, tetapi karena kita merindukan siapa diri kita dengan orang itu atau apa yang seharusnya kita lakukan.

“Penelitian menunjukkan bahwa putus cinta membuat Anda mengalami kehilangan diri sendiri,” jelas Dr. Gary Lewandowski Jr., penulis Stronger Than You Think dan profesor psikologi, dalam bukunya Ted Talk Break-Ups Don't Have to Leave You Broken.

"Ketika Anda kehilangan suatu hubungan, bagian dari diri Anda sebagai pribadi akan menyertainya." Jadi bagaimana Anda melunakkan pukulan putus cinta yang sulit? Gunakan itu sebagai kesempatan untuk menemukan kembali diri Anda.

Dr. Lewandowski Jr. mendefinisikan penemuan kembali diri sebagai "menangkap kembali hal-hal yang mungkin telah Anda korbankan atau kurangi selama Anda menjalin hubungan."

Pikirkan tentang hobi, pertemanan, atau bahkan film/lagu/buku yang Anda sukai tetapi tidak disukai saat Anda berada dalam hubungan itu. Mungkin sesederhana, Anda menyukai sushi dan pasangan Anda tidak tahan berada di dekat ikan mentah atau Anda menyukai sci-fi sementara pasangan Anda selalu ingin menonton komedi.

Penelitian Dr. Lewandowski Jr. menunjukkan bahwa berfokus pada diri sendiri dan menemukan kembali siapa diri Anda mempercepat proses koping karena Anda tidak lagi merasa kehilangan diri.

 

4 dari 6 halaman

4. Berhenti mencari jawaban

Bahkan jika kita tahu alasan perpisahan itu, kita sering membuat cerita di benak kita tentang alasan alternatif, apa yang mungkin terjadi, atau apa yang bisa kita lakukan secara berbeda. Orang-orang dapat benar-benar menjadi kecanduan memainkan kenangan tentang hubungan mereka berulang-ulang di kepala mereka, mencari di mana kesalahannya.

"Studi otak telah menunjukkan bahwa penarikan cinta romantis mengaktifkan mekanisme yang sama di otak kita yang diaktifkan ketika pecandu menarik diri dari zat seperti kokain atau opioid," jelas Guy Winch, seorang psikolog dan pembicara, dalam Ted Talk How to Fix a Patah hati.

Intinya: Anda mencari jawaban karena Anda mencoba mempertahankan hubungan karena kecanduan, bukan karena penjelasan akan membantu Anda mengatasinya. “Tidak ada penjelasan yang akan terasa memuaskan,” saran Winch. "Anda harus bersedia untuk melepaskannya dan menerima bahwa ini sudah berakhir."

 

5 dari 6 halaman

5. Hentikan melihat mantan sebagai sesuatu yang indah yang pernah Anda alami

Ketika kita melihat kembali hubungan masa lalu, sangat umum untuk hanya mengingat kenangan indah, tetapi melihat mantan Anda sebagai sesuatu yang indah adalah kontraproduktif dan hanya akan membuatnya lebih sulit untuk move on.

Setelah putus cinta, kita sering mengidealkan orang yang menghancurkan hati kita atau membuat kita sengsara dan melupakan hal-hal negatif tentang mereka atau hubungan. Winch merekomendasikan kepada kliennya untuk membuat daftar semua kesalahan orang tersebut bagi mereka, termasuk kualitas negatif, kekesalan hewan peliharaan, dan ketidaksepakatan yang tidak dapat diselesaikan.

Kemudian, kembali ke daftar itu setiap kali nostalgia, penyesalan, atau kesepian muncul. "Pikiran Anda akan mencoba memberi tahu Anda bahwa mereka sempurna, tetapi mereka tidak sempurna dan begitu pula hubungannya," katanya. "Jika Anda ingin melupakannya, Anda harus sering mengingatkan diri sendiri akan hal itu."

 

6 dari 6 halaman

6. Isi kekosongan yang Anda rasakan

Kedengarannya murahan, tetapi sekarang setelah mengidentifikasi lubang apa yang ada di hati Anda yang patah, saatnya untuk mengisinya. Apa yang sebenarnya Anda lewatkan dari hubungan itu? Identifikasi cara mengisi kekosongan itu dengan cara lain.

Mungkin itu berarti menelepon teman-teman Anda dan membuat rencana untuk keluar malam karena Anda rindu memiliki orang yang bisa Anda ajak untuk menghabiskan waktu bersama. Mungkin Anda hanya melewatkan hubungan romantis atau keintiman dan siap untuk mendaftar ke aplikasi kencan dan mulai berkencan.

Mungkin itu ada hubungannya dengan kehilangan siapa Anda di hubungan masa lalu, jadi Anda fokus berkencan untuk sementara waktu dan mengisi kekosongan Anda sendiri. Kekosongan apa pun yang perlu Anda isi dan bagaimanapun Anda melakukannya, cobalah keluar dari zona nyaman Anda.

Jujurlah dengan diri sendiri tentang apa yang sebenarnya Anda butuhkan, letakkan satu kaki di depan yang lain, dan identifikasi apa yang benar-benar Anda lewatkan untuk pulih sepenuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.