Top 3: Cara Tukar Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022

Oleh Yulia Lisnawati pada 19 Agu 2022, 11:03 WIB
Diperbarui 19 Agu 2022, 11:03 WIB
Bank Indonesia meluncurkan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022
Perbesar
Bank Indonesia meluncurkan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022. Nominal uang yang dikeluarkan dalam bentuk uang kertas pecahan Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000,Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000 dan Rp 1.000. (Sumber: bi.go.id)

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia baru saja meluncurkan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 hari ini, Kamis (18/8/2022). Dikutip dari laman bi.go.id, ketujuh pecahan Uang TE 2022 tersebut secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bertepatan pada  HUT-77 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022.

Uang TE 2022 terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2000, dan Rp 1000.

Pengeluaran dan pengedaran Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 merupakan salah satu pelaksanaan amanat UU Mata Uang sebagai bagian dari perencanaan pemenuhan kebutuhan uang masyarakat tahun 2022 dan dengan tetap menerapkan tata kelola yang baik sesuai Undang-Undang.

Artikel tentang syarat serta cara tukar uang Rupiah kertas tahun emisi 2022 via aplikasi PINTAR BI menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang remaja India rela suntikkan tubuhnya pakai darah pacar yang positif HIV demi buktikan cinta.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang biang gosip, hati-hati berbagi rahasia dengan enam zodiak ini.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Syarat Serta Cara Tukar Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 Via Aplikasi PINTAR BI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Penampakan Uang Rupiah Kertas Baru Tahun Emisi 2022 yang Resmi Digunakan pada HUT ke-77 RI
Perbesar
Melihat penampakan Uang Rupiah baru (instagram/bankindonesia)

 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menetapkan tujuh pahlawan nasional sebagai gambar utama pada uang kertas Indonesia tahun emisi 2022. Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden Nomer 13 Tahun 2012 yang diteken pada 6 Juli lalu. Berikut daftar nama dan nominal uang yang digunakan untuk gambar pahlawan nasional tersebut:

  1. Gambar pahlawan nasional Dr. (H.C.) Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta sebagai gambar utama pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 100.000
  2. Gambar pahlawan nasional Ir. H. Djuanda sebagai gambar utama pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 50.000
  3. Gambar pahlawan nasional Dr. G.S.S.J. Ratulangi sebagai gambar utama pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 20.000
  4. Gambar pahlawan nasional Frans Kaisiepo sebagai gambar utama pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 10.000
  5. Gambar pahlawan nasional Dr. K.H. Idham Chalid sebagai gambar utama pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 5.000
  6. Gambar pahlawan nasional Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar utama pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 2.000
  7. Gambar pahlawan nasional Tjut Meutia sebagai gambar utama pada bagian depan rupiah kertas NKRI dengan pecahan Rp 1.000

Selengkapnya...


2. Remaja India Rela Suntikkan Tubuhnya Pakai Darah Pacar yang Positif HIV Demi Buktikan Cinta

ilustrasi obat HIV suntik
Perbesar
ilustrasi obat HIV suntik. Image by PublicDomainPictures from Pixabay

Memang tak sedikit orang yang rela melakukan hal-hal aneh untuk membuktikan cinta. Terkadang hal-hal itu sangat bodoh dan berbahaya. Sebagai contoh ada satu kisah yang dilakukan seorang gadis remaja dari negara bagian Assam India, yang tampaknya memutuskan untuk menunjukkan cintanya kepada sang kekasih dengan cara berbeda.

Gadis remaja berusia 15 tahun itu melakukan cara yang aneh dan sangat berbahaya untuk membuktikan cintanya kepada pacarnya. Tak tanggung-tanggung, dia rela menyuntikkan dirinya dengan darah sang kekasih yang positif HIV. 

Berita tentang kasih sayang yang tidak biasa ini mengejutkan tidak hanya keluarganya, tetapi seluruh masyarakat India, dengan artikel-artikel yang menjadi viral di media sosial selama seminggu terakhir.

Gadis yang tidak disebutkan namanya itu diduga berasal dari Suwal Kuchchi, sebuah desa di Assam, India. Dia dan pacarnya telah bersama selama sekitar tiga tahun, setelah awalnya bertemu di Facebook. 

Selengkapnya...


3. Biang Gosip, Hati-Hati Berbagi Rahasia dengan 6 Zodiak Ini

Ilustrasi gosip
Perbesar
(Ben White/unsplash.com)

Beberapa orang tidak bisa menahan diri untuk tidak mendapatkan gosip yang bagus. Mereka tidak malu untuk menanyakan berapa banyak uang yang Anda hasilkan atau apa yang terjadi dengan Anda dan mantan Anda. Jika Anda pergi makan malam bersama mereka, mereka mungkin lebih mendengarkan percakapan di meja sebelah daripada Anda.

Orang-orang usil tanpa malu-malu ini menyukai berita gembira yang menarik, yang mungkin berakar pada horoskop mereka. Menurut astrologi, ini dia tanda-tanda zodiak yang paling usil, dari yang penasaran hingga yang sangat ingin tahu.

1. Capricorn

Zodiak sangat didorong oleh karier, oleh karena itu mereka cenderung mengungkapkan sisi ingin tahu di tempat kerja. "Capricorn suka memperoleh informasi dari orang lain karena itu mungkin menjadi sumber daya bagi mereka nanti," kata peramal Ryan Marquardt. Jadi jangan heran jika data baru yang Anda tunjukkan berakhir di presentasi berikutnya.

Dalam beberapa kasus, kualitas ini bisa menjadi jelek, Marquardt memperingatkan. "Paling buruk, Capricorn mungkin mencari informasi ini untuk digunakan sebagai potensi pemerasan di masa depan," katanya. Tapi tidak peduli mengapa mereka mengintimidasi Anda, mereka tahu lebih baik daripada membiarkan pertahanan mereka runtuh dan mengungkapkan kerentanan.

Selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya