4 Fakta Nope, Film Horor-Fiksi Ilmiah yang Disutradarai Jordan Peele

Oleh Camelia pada 18 Agu 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 18 Agu 2022, 17:57 WIB
Gaya Daniel Kaluuya di Pemutaran Film Horor Nope
Perbesar
Daniel Kaluuya (kiri) berpose bersama dengan Keke Palmer saat tiba untuk pemutaran perdana film 'Nope' di London, Kamis (28/7/2022). Kaluuya berperan sebagai W'Kabi di film thriller Jordan Peele berjudul Nope tersebut. (Scott Garfitt/Invision/AP)

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun menjadi seorang komedian, Jordan Peele telah berada di bawah radar penggemar film horor sejak debut penyutradaraannya yang sukses pada film Get Out yang membuatnya memenangkan banyak Oscar. Sekarang, film horor ketiga Peele, Nope, akhirnya hadir di bioskop pekan ini.

Nope berkisah tentang saudara kandung OJ dan Em yang mewarisi peternakan kuda di Hollywood yang digunakan untuk produksi film dan televisi. Sementara itu, mantan bintang cilik Jupe yang menjalankan taman hiburan terdekat bernama Jupiter's Claim, berencana membeli peternakan dari OJ. 

Hal-hal menjadi aneh ketika benda terbang yang tidak dikenal atau UFO mulai muncul di langit, tetapi saudara kandung dan Jupe menemukan ini sebagai kesempatan untuk mengambil keuntungan dari piring terbang dan misteri di sekitarnya.

Sebelum Anda menyaksikan Nope di layar lebar minggu ini, berikut adalah beberapa fakta menarik tentang film yang mungkin ingin Anda ketahui dilansir dari Click The City.

1. Daniel Kaluuya dan Jordan Peele kembali

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Gaya Daniel Kaluuya di Pemutaran Film Horor Nope
Perbesar
Aktor Inggris Daniel Kaluuya berpose untuk fotografer setibanya untuk pemutaran perdana film 'Nope' di London, Kamis (28/7/2022). (Scott Garfitt/Invision/AP)

Daniel Kaluuya memenangkan Oscar untuk Aktor Terbaik dalam film pertama Peele, Get Out, dan sekarang keduanya kembali bersama untuk film baru sang sutradara.

Dalam sebuah wawancara dengan Vanity Fair, sutradara berbagi bahwa Kaluuya adalah aktor favoritnya di dunia.

“Saya tidak bisa menunggu lebih lama untuk bekerja dengannya lagi. Salah satu hal yang paling saya kagumi tentang dia adalah ketenangannya yang kuat. Tidak ada orang lain yang memilikinya. Dia tidak membutuhkan kata-kata untuk mengkomunikasikan pikiran atau emosinya. Di saat-saat paling menakutkan dan paling tenang, Anda tahu persis apa yang dia rasakan dan alami hanya dengan melihatnya, dan itu sangat kuat. Matanya yang besar, bahasa tubuhnya, dia membawa begitu banyak emosi,” jelas sang sutradara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Jupiter’s Claim telah menjadi daya tarik Hollywood yang nyata

Gaya Daniel Kaluuya di Pemutaran Film Horor Nope
Perbesar
Daniel Kaluuya berpose untuk fotografer setibanya untuk pemutaran perdana film 'Nope' di London, Kamis (28/7/2022). Aktor Inggris ini akan tampil dengan setelan jas berwarna coklat dengan kemaja putih serta kaca mata hitam. (Scott Garfitt/Invision/AP)

Jupiter's Claim, taman hiburan yang dibangun Jupe untuk mendapatkan penghasilan dari tragedi masa kecilnya, dibangun kembali dalam kehidupan nyata untuk menjadi bagian dari Studio Tour yang ikonik di Universal Studios Hollywood.

Dalam sebuah wawancara dengan Forbes, Wakil Presiden Universal Creative Jon Corfino berbagi bahwa mereka diberi akses ke set untuk film Nope untuk lebih memahami cara kerja set tersebut.

“Sangat unik untuk pergi ke lokasi syuting dan berada di sana saat syuting, bermitra dengan Jordan dan tim produksi, dan masuk ke proses pembuatan film,” kata Corfino. 

“Kami diberi akses yang sangat baik untuk membantu memahami film dan mencari tahu bagaimana kami bisa melakukannya. Biasanya, film sudah keluar, dan Anda dapat menyesuaikan apa yang ingin Anda tambahkan dari daya tarik atau latar belakang. Berada di sana secara real time sangat berbeda dan sangat mengasyikkan. Jordan sangat ramah, dan ketika saya pertama kali pergi ke sana dan melihatnya, dia menjadi sangat bersemangat. Itu membuatku semakin bersemangat. Itu adalah salah satu saat ketika Anda berpikir, 'Ya ampun. Bukankah kita memiliki pekerjaan paling keren di dunia?'”

  

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


3. Film ini membahas “tontonan yang salah”

Film horor Nope karya Jordan Peele. (Universal Pictures)
Perbesar
Film horor Nope karya Jordan Peele. (Universal Pictures)

Peele dikenal karena menyuntikkan komentar dalam film-filmnya, seperti rasisme di Get Out dan ketakutan Amerika terhadap "orang luar" di film Us. Kali ini, Peele terinspirasi dari "masa gelap" yang kita alami.

“Saya menulis film ini di masa kelam yang masih ada. Kami terobsesi dengan tontonan yang salah, dan itu mengalihkan kami dari apa yang benar-benar perlu kami fokuskan, ” kata Peele dalam wawancara yang sama. "Film ini adalah cerminan dari semua kengerian dan kengerian spektakuler yang telah kita alami."

Dalam sebuah wawancara dengan CBC News, Peele juga mengungkapkan bahwa dia sebagian terinspirasi oleh Close Encounters of the Third Kind karya Steven Spielberg dan Signs karya M. Night Shyamalan.

4. Peele membuat intro untuk sitkom fiksi 'Gordy's Home'

Dalam film tersebut, bintang cilik Jupe diperkenalkan sebagai bagian dari sitkom fiktif Gordy's Home. Sitkom berakhir tragis, bagaimanapun, ketika simpanse acara itu membunuh anggota pemerannya, meninggalkan Jupe sebagai satu-satunya yang selamat.


Sinopsis Film Nope

Gaya Daniel Kaluuya di Pemutaran Film Horor Nope
Perbesar
Aktor Daniel Kaluuya berpose untuk fotografer setibanya untuk pemutaran perdana film 'Nope' di London, Kamis (28/7/2022). Sebelumnya, penggemar memperkirakan bahwa Kaluuya akan kembali untuk sekuelnya, Wakanda Forever. (AFP/Carlos Jasso)

Dilansir dari laman Collider, Kamis (18/8/2022), ini menciptakan kualitas refleksi diri yang, meskipun merupakan blockbuster musim panas yang menyenangkan, juga membawa banyak kedalaman pada narasinya.

Di permukaan, ini tentang sekelompok orang yang terjebak dalam cerita fiksi ilmiah dengan nuansa horor. Film ini bermula ketika Otis Jr. atau disebut OJ (Daniel Kaluuya) yang bekerja di pertanian bersama ayahnya Otis Haywood Sr. (Keith David)  Ini merupakan bisnis keluarga dengan warisan yang telah berlangsung selama beberapa dekade, menyediakan kuda untuk film-film Hollywood klasik di masa lalu.

Saat ayah dan anak tersebut melakukan tugas sehari-hari, terdengar suara aneh saat benda mulai jatuh dari langit. Dari sana ditemukan benda-benda mulai dari kunci hingga koin, benda yang tampaknya tidak berbahaya yang dapat menjadi proyektil mematikan saat meluncur kembali ke Bumi.

OJ tidak terkena cedera, tetapi Otis sebaliknya. Dia jatuh dari kudanya dan dilarikan ke rumah sakit. Dia terbunuh oleh nikel yang masuk ke kepalanya, meninggalkan putranya yang berduka untuk menjalankan bisnis yang sedang berjuang sendirian. Dari sana berlanjut cerita tentang penemuan atas benda luar angkasa tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya