Lirik Lagu Mengheningkan Cipta untuk Mengenang Jasa Para Pahlawan

Oleh Camelia pada 16 Agu 2022, 17:00 WIB
Diperbarui 17 Agu 2022, 10:37 WIB
Ilustrasi bendera Indonesia, nasionalisme, upacara bendera
Perbesar
Ilustrasi bendera Indonesia, nasionalisme, upacara bendera. (Photo by Mufid Majnun on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Bagi masyarakat Indonesia bulan Agustus identik dengan kemeriahan Hari Kemerdekaan Indonesia. Pasalnya di tanggal 17 Agustus kita akan merayakan HUT RI. Banyak masyarakat yang akan melakukan upacara bendera di tanggal 17 Agustus. 

Saat pelaksanaan upacara bendera, ada salah satu lagu nasional yang sering dinyanyikan yaitu lagu Mengheningkan Cipta. Lagu Mengheningkan Cipta dinyanyikan untuk mengenang jasa-jasa pahlawan serta sebagai rasa syukur terhadap kemerdekaan Indonesia. 

Lagu Mengheningkan Cipta sendiri merupakan lagu ciptaan Truno Prawit, seorang komposer asal Solo. Umumnya masyarakat Indonesia telah hafal lirik lagu Mengheningkan Cipta, pasalnya sejak duduk di bangku sekolah kita telah kerap menyanyikannya saat upacara di sekolah. Namun mungkin banyak pula yang belum benar-benar menghafalnya, berikut ini adalah lirik Mengheningkan Cipta

Dengan seluruh angkasa raya memuji

Pahlawan negara

Nan gugur remaja diribaan bendera

Bela nusa bangsa

 

Kau kukenang wahai bunga putra bangsa

Harga jasa

Kau Cahya pelita

Bagi Indonesia merdeka

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Lirik Lagu 17 Agustus

Momen Peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka
Perbesar
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) bersiap mengibarkan Bendera Merah Putih saat saat upacara peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). (Foto:Muchlis Jr-Biro Pres Sekretariat Presiden)

Lagu 17 Agustus "Hari Merdeka" identik dengan perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Bahkan, lagu ini seolah menjadi lagu wajib yang dinyanyikan setiap perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang memang jatuh pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Selain mengadakan upacara bendera dan mengadakan perlombaan, menyanyikan lagu Hari Merdeka bisa jadi salah satu cara merayakan kemerdekaan.

"Hari Merdeka" sendiri menceritakan momen-momen di mana Indonesia mendapatkan kemerdekaannya, tepatnya pada 17 Agustus 1945 silam. Lagu ini juga mengisahkan bahwa seluruh rakyat Indonesia selamanya akan tetap membela Indonesia sampai akhir hayat mereka.

Lagu ini diciptakan oleh Husein Mutahar, seorang komposer musik lagu kebangsaan dan lagu anak-anak. Ia merupakan pria kelahiran Semarang, 5 Agustus 1916.

Mengutip dari buku Indonesia Pusaka karya Dr. Sipan Adrianto, SE, M.Pd, Husein Mutahar tutup usia di Jakarta pada 9 Juni 2004 silam. Selain lagu Hari Merdeka, Husein Mutahar juga menciptakan lagu Hymne Syukur yang populer. Karya terakhir yang ia buat adalah lagi Dirgahayu Indonesiaku, yang resmi dinyanyikan pada ulang tahun ke-50 Kemerdekaan Indonesia.

Bagi Anda para orang tua yang ingin mengajarkan anak untuk menyanyikan lagu "Hari Merdeka", tentu harus hapal lirik lagu tersebut. Berikut ini lirik lagu 17 Agustus "Hari Merdeka":

Tujuh belas Agustus tahun empat lima

Itulah hari kemerdekaan kita

 

Hari merdeka nusa dan bangsa

Hari lahirnya bangsa Indonesia

 

Mer-de-ka

Sekali merdeka tetap merdeka

Selama hayat masih dikandung badan

 

Kita tetap setia tetap sedia

Mempertahankan In-do-ne-si-a

Kita tetap setia tetap sedia

Membela negara kita

 

Tujuh belas Agustus tahun empat lima

Itulah hari kemerdekaan kita

 

Hari merdeka nusa dan bangsa

Hari lahirnya bangsa Indonesia

 

Mer-de-ka

Sekali merdeka tetap merdeka

Selama hayat masih dikandung badan

 

Kita tetap setia tetap sedia

Mempertahankan In-do-ne-si-a

Kita tetap setia tetap sedia

Membela negara kita

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Sejarah Lagu 17 Agustus

Ilustrasi Upacara.
Perbesar
Ilustrasi Upacara Bendera. (Photo Copyright by Pixabay)

Sejarah lagu Hari Merdeka dimulai ketika Indonesia dalam fase gentingnya perang Revolusi di Yogyakarta pada 1946, Presiden Soekarno memanggil ajudannya, Husein Mutahar.

Dirangkum dari buku "100 Konser Musik Indonesia" (2018) yang ditulis oleh Anas Syahrul Alimi dan Muhidin M. Dahlan, Penerbit I:BOEKOE, Soekarno memerintahkan Husein Mutahar untuk membuatkan sebuah aubade yakni nyanyian atau musik penghormatan pada pagi hari. Untuk mengetes lagu tersebut, Husein Mutahar yang tidak memiliki orkes, meminjam orkes keraton.

Dengan semangat, Husein Mutahar mengonduktori permainan dengan naik di meja reot. Karena terlalu bersemangat, meja reot tersebut ambruk. Lagu Hari Merdeka pun dikumandangkan pada upacara 17 Agustus dan mendapatkan pujian dari Soekarno.

Infografis HUT ke-75 RI, Pandemi dan Momentum Kebangkitan Bangsa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis HUT ke-75 RI, Pandemi dan Momentum Kebangkitan Bangsa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya