10 Ide Lomba 17 Agustus 2022, Dijamin Seru dan Hadirkan Gelak Tawa

Oleh Putri Annisa pada 16 Agu 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 16 Agu 2022, 14:00 WIB
Ilustrasi lomba 17 Agustusan, hari kemerdekaan RI
Perbesar
Ilustrasi lomba 17 Agustusan, hari kemerdekaan RI. (Image by Yaumil Akbar from Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus 2022 besok. Ragam acara digelar untuk meraayakan momen HUT-RI ke-77 tersebut, termasuk mengadakan sejumlah lomba.

Ya, tahun ini warga telah diizinkan untuk menggelar berbagai lomba 17 Agustus dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Pasalnya, seluruh wilayah Indonesia masuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 terhitung mulai Selasa, 2 Agustus 2022.

Berbagai lomba biasanya digelar oleh warga di lingkungan RT, RW, perusahaan, hingga sekolah anak. Ide perlombaan 17 Agustus yang bisa dilakukan untuk memeriahkan hari kemerdekaan pun beragam. Mulai dari lomba tradisional seperti lomba bakiak dan panjat pinang, hingga lomba yang mengundang gelak tawa.

Dengan memanfaatkan barang-barang sederhana bisa menjadi ide yang kreatif dan menarik untuk memeriahkan Lomba 17 agustus di Hari Kemerdekaan RI. Sudah pasti lomba 17 Agustus meninggalkan kesan tersendiri dan menjadi kenangan bagi siapapun yang mengikutinya. Berikut ini 10 ide lomba 17 Agustus 2022, yang Citizen6-Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Lomba Makan Kerupuk

Lomba yang satu ini sepertinya tidak pernah absen dalam perayaan 17 Agustus setiap tahunnya. Meski terlihat sederhana, namun lomba makan kerupuk sangatlah seru. Anda hanya perlu menyediakan kerupuk dan tali plastik. Cara lombanya, setiap peserta harus makan kerupuk yang diikat dengan tali tanpa menggunakan tangan. Nah, bagi peserta yang berhasil lebih dulu menghabiskan kerupuk, maka itulah pemenangnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Panjat Pinang

Bule Juga Asyik Lomba Tujuhbelasan
Perbesar
Mencoba memasukkan pensil dalam botol. (foto: Liputan6.com/timesindonesia.co.id)

Panjat pinang termasuk jadi salah satu lomba yang dinantikan banyak orang setiap perayaan 17 Agustus. Dalam lomba ini, para peserta dalam sebuah kelompok bekerja sama untuk memanjat batang pohon pinang yang licin karena telah diberi oli. Agar dapat mengambil hadiah yang menarik, peserta harus berusaha dan memanjat sampai puncak.

Dari usaha keras mereka, biasanya muncul ekspresi-ekspresi lucu dan kejadian tak terduga dari para pemanjat. Tak jarang, hal tersebut malah membuat penonton tertawa.

3. Memasukkan Pensil ke Botol

Lomba ini bisa diikuti oleh peserta mulai dari usia anak-anak. Setiap peserta lomba harus memasukkan pensil yang diikatkan ke perut dengan seutas tali ke dalam sebuah botol. Lomba memasukkan pensil ini menjadi seru karena peserta lomba tidak boleh memegang pensil dan tali. Selain itu, peserta harus membelakangi botol.

4. Lomba Bakiak

Bakiak merupakan jenis sandal tradisional yang terbuat dari kayu dan tali karet. Sejak dulu, lomba adu bakiak menjadi salah satu perlombaan yang banyak diminati masyarakat setiap momen 17 Agustus.

Umumnya sepasang bakiak memiliki tiga hingga lima pasang sandal untuk dimainkan. Aturan lombanya yaitu setiap kelompok berjalan menggunakan bakiak pada lintasan yang telah ditentukan. Pemenang lomba ini adalah mereka yang berhasil mencapai garis finish lebih dahulu.

  

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


5. Menangkap Belut

Perlombaan Agustusan dengan Protokol Kesehatan
Perbesar
Seorang anak ikut serta dalam lomba menangkap belut dengan menerapkan protokol Kesehatan di kawasan Pondok Cabe IV, Tangerang Selatan, Senin (17/8/2020). Lomba tersebut digelar untuk menyemarakkan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. (merdeka.com/Faizal Fanani)

Meski tergolong lomba yang cukup sulit, lomba menangkap belut ini termasuk yang paling diminati masyarakat. Setiap peserta lomba harus menangkap belut yang sangat licin kemudian membawanya ke ember masing-masing. Sering kali peserta yang sudah berhasil menangkap belut harus kehilangan tangkapannya di tengah jalan karena tubuh belut yang licin, sehingga sulit untuk dipegang.

6. Tarik Tambang

Lomba ini biasanya banyak diminati oleh warga berusia dewasa di lingkungan perumahan hingga perkantoran. Peserta lomba tarik tambang terdiri atas dua tim yang beranggotakan lima hingga sepuluh orang. Kedua tim saling berhadapann untuk menarik tambang. Tim yang berhasil menarik tambang dan membuat lawan terjatuh tentu akan menjadi pemenangnya. Selain kekuatan fisik, lomba ini juga membutuhkan kerja sama dan kekompakan dalam satu tim.

7. Joget Balon

Lomba ini dimainkan oleh dua orang peserta. Konsep dan aturan mainnya yaitu setiap pasangan peserta mengapit balon yang ditaruh di wajah dan mempertahankannya agar tidak lepas dan jatuh. Serunya lagi, lomba ini dimainkan dengan diiringi musik. Saat musik diputar, semua peserta harus berjoget bersama balon. Peserta yang menang adalah mereka yang berhasil menjaga balon tidak jatuh atau meletus hingga lomba selesai.


8. Balap Karung

Lomba Unik Balap Karung Memakai Helm
Perbesar
Sejumlah peserta beradu cepat dalam lomba balap karung helm di Kelurahan Benda Baru, Pamulang, Tangerang Selatan, Senin (17/8/2020). Lomba balap karung helm tersebut diselenggarakan untuk memeriahkan peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Lomba balap karung juga jadi salah satu lomba yang paling banyak diminati anak-anak saat perayaan 17 Agustus. Selain bisa melatih motorik kasar anak dengan melompat hingga mencapai garis finish, lomba ini juga kerap mengndang gelak tawa.

9. Sepak Bola Daster

Lomba ini sudah pasti akan mengundang gelak tawa siapapun yang menyaksikannya. Sepak bola daster merupakan permainan yang dilakukan secara berkelompok dengan menggunakan daster. Aturan permainan ini mirip sepak bola pada umumnya, hanya saja jumlah tim tidak harus 11 orang.

10. Merias Wajah dengan Mata Tertutup

Merias wajah dengan mata tertutup biasanya diikuti oleh perempuan baik ibu-ibu maupun remaja. Setiap kelompok terdiri dari dua orang. Satu orang sebagai perias dengan mata tertutup, sementara satu orang lainnya dirias. Permainan ini cukup seru karena hasil riasan biasanya belepotan alias tidak rapi. Adapun pemenangnya adalah kelompok dengan hasil riasan paling rapi.

 

 

Infografis HUT ke-75 RI, Pandemi dan Momentum Kebangkitan Bangsa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis HUT ke-75 RI, Pandemi dan Momentum Kebangkitan Bangsa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya