Ini 5 Manfaat Konsumsi Kacang Almond Tiap Hari Bagi Kesehatan

Oleh Sulung Lahitani pada 16 Agu 2022, 12:05 WIB
Diperbarui 16 Agu 2022, 12:05 WIB
Menggunakan Almond
Perbesar
Ilustrasi Kacang Almond Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Tidak dapat disangkal bahwa kacang almond adalah pembangkit tenaga nutrisi. Tubuh kita membutuhkan vitamin, mineral, dan nutrisi untuk berfungsi dengan baik. Ini harus menjadi makanan pokok dalam diet Anda. Ahli gizi dan ahli kesehatan merekomendasikan makan beberapa dari mereka sebagai camilan tengah hari untuk menghindari makan berlebihan dan meningkatkan pengisian energi.

Ayurveda adalah salah satu dari sedikit sistem pengobatan yang dikembangkan di zaman kuno yang banyak dipraktikkan di zaman modern. Menurut Ayurveda, tubuh berada dalam keadaan paling sehat jika dan ketika Vata, Pitta dan Kapha seimbang. Ketidakseimbangan apa pun akan menyebabkan penyakit kesehatan. Berasal dari kepercayaan yang kuat pada khasiat nutrisi almond, konsumsi almond setiap hari sering dikaitkan dengan kesehatan yang baik.

Dr Vishakha Mahindroo, Ahli Ayurveda Senior menyarankan lima manfaat utama dari mengonsumsi almond setiap hari. Apa saja? Ini dia.

1. Bermanfaat untuk pasien diabetes Mengonsumsi almond dapat membantu mencegah beberapa komplikasi diabetes, seperti kelemahan. Menurut Ayurveda, almond dapat membantu dalam kondisi diabetes yang berhubungan dengan gangguan klinis seperti obesitas, sindrom metabolik pradiabetes.

2. Baik untuk kulit dan rambut

Konsumsi almond setiap hari, menurut Ayurveda, dapat memberikan kelembapan pada jaringan tubuh, memperbaiki warna kulit dan meningkatkan cahayanya. Kacang almond tidak hanya baik untuk kesehatan kulit secara keseluruhan, tetapi juga dapat mengobati rambut beruban dini dan rambut rontok.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


3. Meningkatkan kesehatan kognitif

Lemak Sehat
Perbesar
Ilustrasi Kacang Almond Credit: unsplash.com/Ignacio

Menurut Ayurveda, seseorang harus mengonsumsi almond setiap hari untuk memperkuat sistem saraf mereka. Secara tradisional juga dipercaya bahwa konsumsi almond meningkatkan daya ingat.

4. Berharga Untuk sistem reproduksi

Konsumsi almond dapat mendukung potensi jaringan dan fungsi reproduksi dan dianjurkan untuk dimakan setiap hari untuk menuai manfaat terbaik.

5. Meningkatkan massa dan kekuatan otot

Salah satu cara sehat untuk menambah berat badan secara bertahap adalah dengan mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond. Almond mampu meningkatkan massa dan kekuatan tubuh, menurut Ayurveda.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Tanpa Disadari, 5 Hal Ini Bisa Menyebabkan Rambut Rontok

Penyebab dan Cara Mencegah Kerontokan Rambut Berlebihan
Perbesar
Ilustrasi kerontokan rambut. (dok. Pimnana/Pixabay)

Jika Anda makan sehat dan rambut masih rontok, Anda harus melakukan sesuatu. Seringkali kita tidak mencari bantuan medis untuk rambut rontok, tetapi pernahkah Anda memikirkan alasan yang menyebabkan rambut Anda kian menipis seiring waktu?

Dr. Blossom Kochhar, Ketua Grup Perusahaan Blossom Kochhar, memberi tahu alasan utama yang menyebabkan penipisan rambut. Rupanya ada beberapa hal yang dikatakan menjadi penyebab rambut rontok dan hal tersebut jarang disadari banyak orang. Dilansir dari Times of India, Minggu (!4/8/2022), berikut ulasannya.

1. Stres 

Ketika kita berpikir terlalu banyak, dalam keadaan tertekan, seluruh sistem saraf & sistem pencernaan kita mengalami tekanan. Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan di dalam dan apa pun yang kita makan atau lakukan tidak memberikan nutrisi yang dibutuhkan sehingga menyebabkan kerontokan dan penipisan rambut.

 


2. Diet 

Rambut Rontok
Perbesar
Ilustrasi rambut rontok. (Unsplash.com/Kyle Johnson).

Diet bisa menyebabkan tubuh kekurangan biotin, seng dan vitamin D menyebabkan penipisan rambut, bahkan kekurangan vitamin D menyebabkan alopecia. Jadi, pastikan untuk memiliki diet seimbang dan menjaga gaya hidup sehat.

3. Ketombe 

Pelaku kejahatan lainnya yang menyebabkan rambut rontok adalah ketombe, karena serpihan menumpuk, kita cenderung menggaruk dan gatal, yang membuat batang rambut lemah yang mengakibatkan penipisan dan kerontokan rambut.

4. Penurunan berat badan 

Penurunan berat badan yang signifikan dapat berdampak buruk pada rambut Anda. Saat menurunkan berat badan, kita juga kehilangan beberapa nutrisi penting dan mengembangkan kekurangan yang menyebabkan kerontokan rambut.

5. Usia 

Baik pria maupun wanita, seiring bertambahnya usia banyak perubahan yang terjadi pada tubuh dan rambut menjadi lebih halus.

Infografis Awas Kecolongan 10 Titik Lengah Rawan Covid-19
Perbesar
Infografis Awas Kecolongan 10 Titik Lengah Rawan Covid-19 (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya