Kasus Penularan Pertama Cacar Monyet dari Manusia ke Anjing Dikonfirmasi, Ini yang Harus Kamu Ketahui

Oleh Sulung Lahitani pada 15 Agu 2022, 13:07 WIB
Diperbarui 15 Agu 2022, 13:07 WIB
Monkeypox
Perbesar
Ilustrasi penyakit cacar monyet atau monkeypox. Credits: pixabay.com by TheDigitalArtist

Liputan6.com, Jakarta Seekor anjing peliharaan telah dites positif terkena virus monkeypox dalam kasus penularan manusia ke anjing pertama yang pernah tercatat. Para peneliti memberikan peringatan setelah anjing greyhound Italia tertular virus 12 hari setelah pemiliknya mulai menunjukkan gejala awal mereka.

Awalnya, dua pria mendatangi Rumah Sakit Pitié-Salpêtrière, di Paris, Prancis, pada 10 Juni, setelah mengalami ulserasi dubur enam hari setelah berhubungan seks. Seorang pria telah mengalami ulserasi dubur dan ruam di wajah, telinga, dan kakinya, sementara yang lain mengalami ruam hanya di kaki dan punggungnya.

Dalam kedua kasus tersebut, kedua pria itu mengalami kelelahan, sakit kepala, dan demam empat hari setelah mengalami ruam.

Mereka telah tidur bersama dengan anjing mereka - tetapi mengatakan bahwa mereka telah "berhati-hati untuk mencegah anjing mereka dari kontak dengan hewan peliharaan lain atau manusia dari awal gejala mereka sendiri".

Terlepas dari upaya mereka, anjing mereka dinyatakan positif terkena virus cacar monyet setelah menunjukkan "lesi mukokutan, termasuk pustula perut dan ulserasi dubur yang tipis".

Masih belum diketahui apakah kucing dan anjing peliharaan bisa menjadi vektor cacar monyet - dan Lancet mengatakan kasus ini mungkin didapat melalui penularan manusia.

Setelah menguji manusia untuk cacar monyet, virus terdeteksi pada sampel kulit dan orofaring untuk pria pertama, dan sampel dubur dan orofaring untuk yang kedua.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Temuan studi

Arti Mimpi Anjing Hitam yang Bermakna Kurang Baik
Perbesar
Ilustrasi Mimpi Anjing Credit: pexels.com/Mauhannad

"12 hari setelah timbulnya gejala, anjing greyhound Italia jantan mereka, berusia empat tahun dan tanpa gangguan medis sebelumnya, terkonfirmasi dengan lesi mukokutan, termasuk pustula perut dan ulserasi anal tipis," demikian menurut studi yang diterbitkan di The Lancet, jurnal medis umum peer-review mingguan.

"Anjing itu dites positif terkena virus monkeypox dengan menggunakan protokol PCR yang diadaptasi dari Li dan rekannya yang melibatkan goresan lesi kulit dan usap anus dan rongga mulut."

"Sekuens DNA virus cacar monyet dari anjing dan pasien 1 dibandingkan dengan sekuensing generasi berikutnya (MinION; Oxford Nanopore Technologies, Oxford, Inggris).

Kedua sampel tersebut mengandung virus klad hMPXV-1, lineage B.1, yang telah menyebar di negara-negara non-endemik sejak April 2022, dan per 4 Agustus 2022 telah menginfeksi lebih dari 1700 orang di Prancis, sebagian besar terkonsentrasi di Paris, di mana anjing itu pertama kali mengalami gejala."

"Selain itu, virus yang menginfeksi pasien 1 dan virus yang menginfeksi anjing menunjukkan 100% sekuens homologi pada 19·5 pasangan kilobase yang diurutkan."

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 


Penularan pertama dari manusia ke anjing

Anjing - Vania
Perbesar
Ilustrasi Anjing/https://unsplash.com/Vincent Van Zaling

Penelitian ini dilakukan oleh Sophie Seang, Sonia Burre, Eve Todesco, Valentin Leducq, Gentiane Monsel, Diane Le Pluart, Christophe Cordevant, Valérie Pourcher, dan Romain Palich - dan dibagikan secara online pada hari Rabu.

Ini menyimpulkan: "Sepengetahuan kami, kinetika onset gejala pada kedua pasien dan, selanjutnya, pada anjing mereka menunjukkan penularan virus cacar monyet dari manusia ke anjing.

"Mengingat kulit anjing dan lesi mukosa serta hasil PCR virus monkeypox positif dari usapan anal dan oral, kami berhipotesis ini penyakit anjing yang nyata, bukan pembawa virus sederhana melalui kontak dekat dengan manusia atau penularan melalui udara (atau keduanya)."

"Temuan kami harus memicu perdebatan tentang perlunya mengisolasi hewan peliharaan dari individu yang positif virus cacar monyet. Kami menyerukan penyelidikan lebih lanjut tentang penularan sekunder melalui hewan peliharaan."

 


Waspadai gejala cacar monyet

Gejala Awal Cacar Monyet
Perbesar
Ilustrasi demam, gejala awal cacar monyet. Credits: pexels.com by Polina Tankilevitch

Pada 8 Agustus, ada 2.914 yang dikonfirmasi dan 103 kasus cacar monyet yang sangat mungkin terjadi di Inggris, dengan 2.883 di Inggris.

Dr William Welfare, direktur insiden di UKHSA, mengatakan: "Sementara data terbaru menunjukkan pertumbuhan wabah telah melambat, kami terus melihat kasus baru setiap hari.

"Siapa pun bisa terkena cacar monyet dengan infeksi yang ditularkan terutama melalui kontak dekat dalam jaringan seksual yang saling berhubungan."

"Harap terus waspadai gejalanya, termasuk ruam dan lecet, terutama jika Anda baru saja memiliki pasangan seksual baru."

Infografis Gejala dan Pencegahan Cacar Monyet
Perbesar
Infografis Gejala dan Pencegahan Cacar Monyet (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya