8 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Oleh Putri Annisa pada 11 Agu 2022, 09:07 WIB
Diperbarui 11 Agu 2022, 09:07 WIB
minyak kelapa
Perbesar
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Africa Studio

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minyak kelapa memang sudah tidak diragukan untuk kesehatan bahkan untuk kecantikan kulit. Berbagai macam Manfaat minyak kelapa bisa Anda dapatkan dari menggunakannya.

Cara mendapatkan minyak kelapa dan juga cara pengaplikasiannya yang cukup mudah menjadikan minyak kelapa menjadi salah satu minyak yang memiliki banyak kelebihan.

Minyak kelapa yang baik yaitu minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) adalah minyak kelapa bukan olahan. Minyak kelapa yang baik diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa menggunakan tambahan bahan kimia dan tanpa menggunakan suhu tinggi saat mengolahnya. Hal ini akan membuat kandungan alaminya tidak hilang dan rusak.

Jika dibandingkan dengan minyak kelapa biasa atau minyak goreng yang berasal dari kelapa kopra, minyak kelapa murni mempunyai kualitas yang lebih baik. Minyak kelapa kopra akan berwarna kuning kecokelatan, berbau tidak harum, dan mudah tengik, sehingga daya simpannya tidak bertahan lama.

Minyak kelapa murni mengandung senyawa phenolic, dan berpotensi sebagai antioksidan yang baik. Selain itu minyak kelapa murni juga mengandung asam laurat, kaprilat, dan kaprat yang dapat menunjang pertumbuhan probiotik di dalam saluran pencernaan dan berfungsi melawan bakteri jahat, jamur, hingga memiliki sifat antibiotik.

Kandungan alami yang banyak pada minyak kelapa murni pastinya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini penjelasan mengenai 8 manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Menjaga Kesehatan Jantung dan Menurunkan Kolesterol

Kesehatan Jantung
Perbesar
Ilustrasi jantung yang sehat karena kadar kolesterol dalam tubuh tidak berlebihan. Credits: pexels.com by Karolina Grabowska

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, minyak kelapa membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh karena mampu mengubah kolesterol jahat menjadi kolesterol baik. Namun, mengonsumsi minyak kelapa saja tidak cukup, Anda perlu mengatur pola makan yang sehat dan rajin berolahraga untuk tubuh yang lebih sehat.

2. Meningkatkan Metabolisme dan Kekebalan Tubuh

Minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Pada minyak kelapa, terdapat pula kandungan yang dapat membantu membunuh bakteri, virus, dan jamur berbahaya sehingga mengonsumsi makanan dengan tambahan minyak kelapa membuat tubuh kebal akan penyakit.

3. Melembapkan Kulit

Bagi yang memiliki masalah dengan kulit kering, minyak kelapa juga bermanfaat sebagai pelembap kulit. Selain itu, minyak kelapa juga dapat mengurangi gejala eksim. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengoleskannya ke bagian kulit yang kering atau bahkan ke seluruh tubuh. Dapat pula dijadikan scrub bila ditambah dengan gula atau dijadikan masker wajah bila ditambah dengan madu atau gel lidah buaya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


4. Membantu Diet

Ilustrasi diet
Perbesar
Ilustrasi diet. Sumber foto: unsplash.com/Thought Catalog.

Minyak kelapa mengandung lemak jenuh sehat, sehingga berguna bagi diet karena dapat meningkatkan pembakaran kalori, dan mengurangi rasa lapar. Selain itu, mengonsumsi minyak kelapa memberikan energi cepat pada tubuh dan otak.

5. Mengatasi Masalah pada Rambut

Minyak kelapa bisa jadi solusi bagi Anda yang memiliki masalah pada rambut, seperti kering, kusam, ketombe atau rontok. Jadikanlah minyak kelapa sebagai masker rambut. Adapun caranya dengan dipijat langsung ke seluruh rambut, diamkan selama satu jam, kemudian bilas. Lakukan hal tersebut setiap hari atau setiap minggu secara teratur. Minyak kelapa dapat membuat rambut lembut, tidak kusut, dan merangsang pertumbuhan rambut.

6. Menjaga Kesehatan Mulut

Satu sendok minyak kelapa dapat digunakan sebagai obat kumur. Kumurlah dengan minyak kelapa selama 20 menit. Adapun manfaat dari kumur dengan minyak kelapa yaitu dapat membunuh bakteri bahaya di mulut, meningkatkan kesehatan gigi, dan mengurangi bau mulut.

 


7. Melembapkan Bibir dan Menumbuhkan Bulu Mata

Penggunaan Pelembab Bibir
Perbesar
Ilustrasi Penggunaan Pelembab Bibir Credit: pexels.com/Burst

Minyak kelapa juga dapat menjadi pelembab bibir yang kering atau pecah-pecah. Adapun caranya yaitu dengan oles, dan ratakan pada bibir. Selain itu, minyak kelapa juga dapat membantu merangsang pertumbuhan bulu mata, dan membuat bulu mata lebih panjang. Caranya dengan oleskan ke bulu mata saat malam hari.

8. Penghapus Makeup

Minyak kelapa juga dapat menjadi penghapus makeup. Biasanya make up yang waterproof (tahan air) akan membuat Anda repot. Namun, dengan minyak kelapa semua itu dapat hilang dengan mudah. Adapun caranya yaitu dengan menuangkan beberapa tetes minyak kelapa ke kapas, lalu bersihkan wajah dengan menggunakan kapas tersebut. Setelah itu, bilas wajah dengan bersih.

Ternyata minyak kelapa memiliki banyak manfaat, ya. Selain itu, minyak kelapa juga mudah ditemukan, sehingga Anda tidak perlu repot untuk mencari. Untuk menjaga kesehatan tubuh dan mempercantik diri, memang lebih baik jika menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak kelapa. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan minyak kelapa yang kaya akan manfaat ini.

Fakta Mengenai Risiko Diabetes Melitus
Perbesar
Infografis Journal_ Fakta Mengenai Risiko Diabetes Melitus (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya