QUIZ: Kenali Kota dan Pulau-Pulau di Indonesia lewat Kuis Ini!

Oleh Fadjriah Nurdiarsih pada 08 Agu 2022, 17:30 WIB
Diperbarui 08 Agu 2022, 17:30 WIB
Candi Borobudur
Perbesar
Stupa-stupa Budha terlihat di candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia 10 Mei 2016. Menurut Kepala Balai Konservasi Borobudur Marsis Sutopo untuk mengajukan arsip sebagai Memory of the World tidak bisa tunggal. (AFP Photo/Goh Chai Hin)

Liputan6.com, Jakarta Indonesia kaya dengan beragam budaya dan keunikan peninggalan sejarahnya. Wilayah yang membentang luas dari Sabang sampai Merauke, dipisahkan oleh pulau-pulau membuat Indonesia sangat unik dan mempesona.

Tiap pulau dan tiap kota punya monumen serta kekayaannya masing-masing. Jelang ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, mari kita ingat kembali pengetahuan geografi kita tentang Indonesia melalui kuis liputan6.com di bawah ini!

Siap ikuti kuisnya?

 

1. Di provinsi manakah Borobudur, yang merupakan kuil Buddha terbesar di dunia, berlokasi?

a. Jawa Tengah

b. Jawa Timur

c. Jawa Barat

d. Yogyakarta

 

Jawabannya adalah a. Jawa Tengah

Dikutip dari Wikipedia.com, Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia.

Candi ini terletak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi dengan banyak stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra.

Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

 

2. Letusan Gunung Tambora pada tahun 1815 menyebabkan tahun berikutnya menjadi "Tahun Tanpa Musim Panas". Di manakah lokasi Gunung Tambora?

a. Sulawesi

b. Sumbawa

c. Papua

d. Jawa

 

Jawabannya adalah B. Sumbawa

Menurut Wikipedia, Gunung Tambora, atau kadang-kadang disebut Tomboro adalah sebuah gunung berapi kerucut aktif yang terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Gunung ini terletak di dua kabupaten yaitu Kabupaten Dompu yang mencakup lereng bagian barat dan selatan dan Kabupaten Bima yang mencakup lereng bagian timur dan utara.

Gunung Tambora terbentuk akibat zona subduksi aktif di bawahnya. Pada masa lampau, ketinggian Gunung Tambora mencapai sekitar 4.300 meter persegi yang membuat gunung ini menjadi salah satu puncak tertinggi di Indonesia di masa lalu.

 

 

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pertanyaan selanjutnya

Danau Toba
Perbesar
Gambar pada 3 April 2019 menunjukkan sebuah kapal wisata tiba di Pulau Samosir, pulau vulkanik di tengah Danau Toba, provinsi Sumatera Utara, 3 April 2019. Di kalangan masyarakat Batak sendiri, Danau Toba ibaratnya inang atau ibu yang akan selalu menanti dengan keindahannya. (GOH CHAI HIN / AFP)

3.  Danau Toba adalah danau terbesar di Indonesia dan juga danau vulkanik terbesar di dunia. Danau Toba terletak di?

a. Jawa

b. Sulawesi

c. Sumatera

d. Sumatra

Jawabannya adalah c. Sumatera, tepatnya Sumatera Utara.

Bagi masyarakat Batak, Toba adalah ibu sekaligus jantung kehidupan mereka. Banyak legenda dari Batak berasal dari Toba.Danau Toba adalah sebuah keajaiban alam yang sangat menakjubkan. Danau ini diperkirakan terbentuk dari letusan dahsyat sebuah gunung api, Gunung Toba, yang terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu. Dengan luas lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter, Danau Toba sebenarnya lebih mirip lautan daripada danau. Di tengah danau vulkanik terbesar di dunia ini juga terdapat sebuah pulau yang berukuran cukup besar, yaitu Pulau Samosir.

4. Apa nama pulau yang berlokasi dekat dengan selatan Singapura?

a. Tanjung Pinang

b. Pulau Batam

c. Pulau Bintan

d. Pulau Karimun

 

Jawabannya adalah d. Pulau Karimun.

Batam dan Karimun adalah pulau-pulau yang terletak berdekatan dengan Singapura.


Pertanyaan Selanjutnya

Kuliner dan Wisata di Kota Medan
Perbesar
Masjid Raya Al Mashun. (Liputan6.com/Reza Efendi).

5. Kota terbesar kedua apa yang terletak di Jawa yang pernah menjadi pusat perdagangan penting pada abad ke-18 dan ke-19?

a. Yogyakarta

b. Surabaya

c. Bandung

d. Denpasar 

 

Jawabannya adalah b. Surabaya.

Surabaya menjadi simpul penting bagi perdagangan di sekitar wilayah Nusantara. Di Surabaya sejak lama sudah ada Pelabuhan Tanjung Perak. Kota Surabaya juga berperan penting saat masa revolusi terutama dengan terjadinya Peristiwa 10 November yang dipimpin oleh Bung Tomo.

 

6. Kota terbesar apakah yang berlokasi di Sumatra?

a. Medan

b. Padang

c. Palembang

d. Banda Aceh

 

Jawabannya adalah a. Medan.

Ibu kota Sumut ini menjadi kota terbesar dan terpadat di Sumatera. Jumlah penduduknya mencapai 2,4 juta jiwa.

Luas wilayahnya 265 kilometer persegi dengan kepadatan 9.186 jiwa per kilometer.


Pertanyaan selanjutnya

Proyek Revitalisasi Kawasan Kota Tua Capai 98 Persen
Perbesar
Suasana Kawasan Kota Tua, Jakarta, Rabu (3/8/2022). Proyek revitalisasi jalur pedestrian di kawasan Kota Tua akan selesai pada Agustus 2022, yang sudah mencapai 98 persen. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

7. Kota apa yang paling tidak berpolusi yang diberikan penghargaan regional pada tahun 2021 untuk udara terbersih di antara semua kota besar di Asia Tenggara?

a. Bandung

b. Denpasar

c. Batam

d. Surabaya

 

Jawabannya adalah D. Surabaya

Kota Surabaya meraih penghargaan ASEAN Environtmentally Sustainable City (ESC) kategori Udara Terbersih Kota Besar. Dengan penghargaan itu, Surabaya diakui sebagai kota yang memiliki udara terbersih se-Asia Tenggara.

 

8. Kota apakah yang dijuluki sebagai Queen from The East di masa lampau?

a. Jakarta

b. Palembang

c. Makassar

d.  Banda

Jawabannya adalah A. Jakarta

Jakarta, ibu kota Indonesia, telah lama diakui memiliki keindahan khas kota tua dan pada mulanya didesain dengan mengikuti bentuk kota di Belanda. Karena kecantikannya, Jakarta dijuluki Ratu dari Timur (Queen from the East).


Pertanyaan selanjutnya

20161217-Bunaken Masih Jadi Primadona Wisata Manado-Sulawesi
Perbesar
Turis mancanegara usai melihat keindahan taman laut di Pulau Bunaken, Manado, Sabtu (17/12). Tiongkok mendominasi kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Manado pada pertengahan tahun hingga mencapai 34 ribu wisatawan. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

9. Balikpapan dan Bontang adalah dua kota penting bagi industri migas yang terletak di wilayah mana di Indonesia?a. Kalimantan Baratb. Kalimantan Timur c. Sumatera Utarad. Sulawesi Barat 

Jawabannya adalah B. Kalimantan Timur

Bontang terletak di Samarinda. Bersama-sama dengan Balikpapan, keduanya ada di Provinsi Kalimantan Timur. Samarinda dan Bontang menjadi kota yang merupakan penggerak utama di Provinsi Kalimantan Timur.10. Manado adalah kota besar dan tempat wisata olahraga air yang populer. Manado terletak di pulau?a. Kalimantanb. Lombokc. Sulawesid. Maluku 

Jawabannya adalah C. Sulawersi

Manado terletak di Pulau Sulawesi, tepatnya Provinsi Sulawesi Utara. Manado merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, sekaligus kota terbesar di Sul-Ut.

Dalam legenda, Kota Manado berasal dari bahasa Etnik Toutemboan Minahasa, yaitu 'Manarow' yang artiya 'Pergi ke Negeri Jauh'.

Salah satu tempat wisata laut yang populer di Manado adalah Bunaken.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya