Sukses

Studi: Tiga Jenis Long Covid Diidentifikasi Miliki Gejala Berbeda-beda

Tampaknya ada tiga jenis Long Covid yang berbeda, masing-masing dengan gejalanya sendiri, para peneliti telah menemukan.

Liputan6.com, Jakarta Tampaknya ada tiga jenis Long Covid yang berbeda, masing-masing dengan gejalanya sendiri, para peneliti telah menemukan. Satu kelompok mengalami gejala neurologis termasuk kelelahan, kabut otak dan sakit kepala, yang paling sering mempengaruhi mereka yang tertular virus ketika varian Alpha dan Delta paling umum, menurut para ahli di King's College London.

Kelompok kedua menderita masalah pernapasan, termasuk nyeri dada dan sesak napas parah, yang dapat menunjukkan kerusakan paru-paru. Gejala-gejala ini umum di antara mereka yang terinfeksi selama gelombang pertama pandemi.

Kelompok terakhir bergulat dengan beragam gejala termasuk jantung berdebar, nyeri dan nyeri otot, serta perubahan pada kulit dan rambut. Dilansir dari Sky News, dua juta orang di Inggris diperkirakan menderita Covid yang berkepanjangan, Kantor Statistik Nasional (ONS) melaporkan pada bulan Juni, berdasarkan laporan diri dari sampel yang representatif.

Dari dua juta itu, 1,4 juta mengatakan mereka pertama kali memiliki virus corona, atau mencurigai mereka menderita penyakit itu, setidaknya 12 minggu sebelumnya, sementara 826.000 pertama kali memilikinya setidaknya setahun sebelumnya. 376.000 lainnya mengatakan mereka pertama kali memiliki COVID-19 setidaknya dua tahun sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kelelahan adalah gejala yang paling umum

Untuk menarik kesimpulan mereka, para peneliti mempelajari 1.459 orang yang hidup dengan Long Covid yang mengambil bagian dalam studi Zoe Health dan masih menghadapi gejala setidaknya 12 minggu setelah infeksi.

Dr Claire Steves, penulis utama klinis dari King's College London, mengatakan, "Data ini menunjukkan dengan jelas bahwa sindrom pasca-COVID bukan hanya satu kondisi, tetapi tampaknya memiliki beberapa subtipe.”

"Memahami akar penyebab subtipe ini dapat membantu dalam menemukan strategi pengobatan. Selain itu, data ini menekankan perlunya layanan Long Covid yang panjang untuk menggabungkan pendekatan yang dipersonalisasi yang sensitif terhadap masalah setiap individu."

Dr Liane Canas, penulis lain dari studi tersebut, menambahkan, “Wawasan ini dapat membantu dalam pengembangan diagnosis dan pengobatan yang dipersonalisasi untuk individu-individu ini."

Menurut ONS, tingkat Long Covid tertinggi di antara wanita, mereka yang berusia 35 hingga 69 tahun, orang yang tinggal di daerah yang lebih miskin, mereka yang bekerja dalam perawatan sosial, pengajaran dan pendidikan atau perawatan kesehatan, dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan atau disabilitas lainnya.

Kelelahan adalah gejala yang paling umum, dialami oleh 55% dari mereka dengan Long Covid yang dilaporkan sendiri, diikuti oleh 32% dengan sesak napas, 23% dengan batuk dan 23% dengan nyeri otot. Sebuah studi baru-baru ini oleh University of Birmingham mengatakan gejala juga termasuk amnesia, inkontinensia usus, disfungsi ereksi dan halusinasi.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Long Covid-19 adalah kondisi pasien yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19 masih mengeluhkan gejala setelah dinyatakan sembuh.
    Long Covid-19 adalah kondisi pasien yang sudah pernah terinfeksi virus Covid-19 masih mengeluhkan gejala setelah dinyatakan sembuh.

    Long Covid