Top 3: Bumi Berputar Lebih Cepat dari Biasanya Bikin Hari Jadi Lebih Pendek

Oleh Yulia Lisnawati pada 03 Agu 2022, 11:03 WIB
Diperbarui 03 Agu 2022, 11:03 WIB
Laipsan-lapisan atmosfer
Perbesar
Ilustrasi Bumi Credit: pexels.com/Simon

Liputan6.com, Jakarta - Para ilmuwan dibuat bingung setelah menemukan Bumi berputar lebih cepat dari biasanya - ini membuat hari lebih pendek dari biasanya. Pengukuran baru oleh Laboratorium Fisika Nasional Inggris menunjukkan bahwa Bumi saat ini berputar lebih cepat daripada setengah abad yang lalu.

Pada tanggal 29 Juni, rotasi penuh Bumi membutuhkan waktu 1,59 milidetik kurang dari 24 jam. Ini merupakan hari terpendek yang pernah tercatat. Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa, jika kecepatan rotasi terus meningkat, kita mungkin perlu menghilangkan satu detik dari jam atom kita.

"Jika rotasi cepat Bumi berlanjut, itu bisa mengarah pada pengenalan detik kabisat negatif pertama," lapor Astrofisikawan Graham Jones melalui TimeandDate.com.

“Ini akan diperlukan untuk menjaga waktu sipil - yang didasarkan pada detak jam atom yang sangat stabil - sejalan dengan waktu matahari, yang didasarkan pada pergerakan Matahari melintasi langit."

Artikel tentang ilmuwan bingung, bumi berputar lebih cepat dari biasanya bikin hari menjadi lebih pendek menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang viral foto wanita di pantai, ada penampakan tangan pucat dalam air.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang tidak setia, tiga zodiak ini tidak ragu selingkuh di belakang pasangannya.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Ilmuwan Bingung, Bumi Berputar Lebih Cepat dari Biasanya Bikin Hari Menjadi Lebih Pendek

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Ilustrasi Bumi
Perbesar
Ilustrasi Bumi (Sumber: Pixabay)

 

Di sisi lain, detik kabisat negatif berarti jam kita melewati satu detik, yang berpotensi menimbulkan masalah bagi sistem TI. Para peneliti di Meta mengatakan lompatan kedua akan memiliki efek kolosal pada teknologi dan menjadi "sumber utama rasa sakit" untuk infrastruktur perangkat keras.

“Dampak detik kabisat negatif belum pernah diuji dalam skala besar; itu bisa berdampak buruk pada perangkat lunak yang mengandalkan pengatur waktu atau penjadwal.” Sebuah posting blog tentang topik tersebut, yang ditulis oleh peneliti Oleg Obleukhov dan Ahmad Byagowi, mengklaim.

“Bagaimanapun, setiap detik kabisat adalah sumber utama penderitaan bagi orang-orang yang mengelola infrastruktur perangkat keras.”

Selengkapnya...


2. Viral Foto Wanita di Pantai, Ada Penampakan Tangan Pucat dalam Air

Viral Foto Wanita di Pantai, Ada Penampakan Tangan Pucat dalam Air
Perbesar
Doc: Facebook.com

Monique Sicheter mengatakan dia tidak pernah membayangkan fotonya bermain air di pantai akan berakhir 'menakutkan'. Wanita berusia 20 tahun dari Townsville, Queensland, itu sedang menikmati liburan di Pulau Magnetic, di mana dia dan seorang temannya menghabiskan sore hari dengan berenang di ombak berwarna biru kehijauan.

Setelah kembali ke rumah, dia memposting salah satu foto hari itu di Instagram – tetapi terkejut ketika rekan kerjanya menunjukkan detail misterius di foto itu. Di sisi kanan Monique, tepat di bawah permukaan air, ada sebuah benda aneh yang banyak orang katakan mirip tangan.

“Teman saya dan saya memutuskan untuk menghabiskan hari di Magnetic Island, karena ini adalah akhir pekan dan kami ingin melakukan sesuatu yang menyenangkan dan keluar dari rumah,” katanya.

“Setelah berjemur cukup lama, kami memutuskan untuk berenang dan mengambil beberapa foto sebelum kembali ke rumah.

“Saat foto diambil, airnya jernih sekali, dan tidak ada orang lain di dekat kami."

Selengkapnya...


3. Tidak Setia, 3 Zodiak Ini Tidak Ragu Selingkuh di Belakang Pasangannya

Ilustrasi perselingkuhan
Perbesar
Ilustrasi perselingkuha (Dok.Unsplash/ Travis Grossen)

Kepercayaan adalah komponen paling penting untuk keberhasilan hubungan apa pun, terutama yang bersifat seksual dan/atau romantis. Ketika kepercayaan itu rusak dalam kapasitas apa pun, hati bisa hancur karenanya. Untuk diketahui, ketiga tanda zodiak ini adalah yang paling mungkin untuk selingkuh.

Ini bukan untuk mengatakan bahwa semua orang dengan tanda-tanda ini peselingkuh. Jangan paranoid! Ketiga zodiak ini hanya cenderung—ketika tidak berdaya atau berjalan di jalan yang salah—untuk menunjukkan perilaku yang tidak dapat dipercaya secara umum. Perlu dicatat bahwa setiap tanda zodiak memiliki sifat yang membuatnya unik.

Sifat itu sendiri umumnya "netral" di alam. Dan dengan masing-masing sifat ini muncul sisi positif dan negatifnya. Misalnya, Cancer berorientasi pada rumah. Sisi positifnya adalah mereka menjaga ruang pribadi mereka dan orang-orang yang tinggal di dalamnya. Sisi negatifnya adalah mereka dapat dengan mudah menjadi penimbun dan pertapa.

Selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya