Sukses

Pria Ini Tak Mandi Selama 22 Tahun, Ternyata Ini Alasannya

Seorang pria berusia 62 tahun di India telah mendapatkan banyak perhatian setelah terungkap bahwa dia tidak mandi selama lebih dari dua dekade.

Liputan6.com, India - Seorang pria berusia 62 tahun dari Bihar, India, telah mendapatkan banyak perhatian di negara asalnya setelah terungkap bahwa dia tidak mandi selama lebih dari dua dekade.

Dharamdev Ram terkenal di kampung halamannya di Baikunthpur. Semua orang tahu bahwa dia tidak mandi dalam 22 tahun, tetapi tidak ada yang mengejeknya karena itu, sebaliknya, dia sangat menghormati keputusannya. 

Itu karena pria tersebut bersumpah untuk menghindari mandi sampai kekerasan terhadap perempuan, sengketa tanah antar laki-laki, dan pembunuhan hewan tak berdosa berhenti. Itu belum terjadi, jadi Dharamdev terus menegakkan sumpahnya.

“Pada tahun 1975, saya bekerja di sebuah pabrik di Jagdal, Bengal, dan menikah pada tahun 1978 dan menjalani kehidupan normal,” kata Dharamdev Ram baru-baru ini kepada ETV Bharat. 

“Tetapi pada tahun 1987, saya tiba-tiba menyadari bahwa sengketa tanah, pembunuhan hewan, dan kekejaman terhadap perempuan mulai meningkat. Jadi, untuk mencari jawaban, saya mendekati seorang 'guru' yang menjadikan saya sebagai muridnya dan mengilhami saya untuk mengikuti jalan bhakti. Sejak itu, saya menuju jalan bhakti dan mulai bermeditasi untuk Dewa Rama.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siap untuk menepati sumpah yang dia buat 22 tahun lalu

Pada tahun 2000, ketika dia bersumpah untuk tidak mandi sampai kesalahan yang disebutkan di atas berhenti, Ram juga berhenti dari pekerjaannya di pabrik tempat dia bekerja, tetapi dengan cepat kembali karena tekanan dari keluarganya sendiri. Namun, ketika tersebar tentang janjinya yang tidak biasa, dia dipecat, dan dia tetap menganggur sejak itu.

Istri Ram, Maya Devi, meninggal pada tahun 2003, tetapi bahkan saat itu, dia menolak untuk mandi. Bertahun-tahun kemudian, salah satu putranya meninggal, tetapi dia tidak melanggar sumpahnya, dan dia terus melakukannya, meskipun putranya yang lain meninggal tahun ini. 

Bahkan jika itu mungkin berarti tidak pernah mandi sampai hari kematiannya, dia siap untuk menepati sumpah yang dia buat 22 tahun lalu, kecuali jika tujuan mulianya tercapai.

Upaya Dharamdev Ram yang tidak biasa untuk mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan hewan, serta sengketa tanah menjadi viral di India baru-baru ini, memicu penyelidikan jurnalistik. 

Wartawan melakukan perjalanan ke Baikunthpur, di distrik Gopalganj Bihar untuk mewawancarai Ram dan sejumlah penduduk setempat, yang semuanya membenarkan bahwa dia tidak mandi selama lebih dari dua dekade.

Jika Anda berpikir 22 tahun tanpa mandi adalah waktu yang lama, Anda mungkin belum pernah mendengar tentang pria terkotor di dunia, pria Iran berusia 87 tahun yang tidak mandi selama 67 tahun. Seperti dia, Dharamdev Ram tampaknya dalam keadaan sehat, meski kebersihannya yang buruk, setidaknya menurut standar modern.

3 dari 3 halaman

6 Manfaat Kesehatan yang Didapat Tubuh Jika Rutin Mandi

Mandi menjadi rutinitas wajib yang dilakukan setiap individu. Biasanya individu memilih mandi di pagi hari untuk memulai aktivitas hariannya. Meski segelintir individu tidak punya waktu atau keinginan untuk menjadikannya kebiasaan rutin, mandi memiliki manfaat kesehatan. Tubuh kita terdiri dari 60% air, dan wajar saja jika menghabiskan waktu di kamar mandi memiliki manfaat bagi tubuh.

Sangat disarankan untuk menghabiskan waktu mandi Anda 2-3 kali per minggu. Namun, jika Anda memiliki kondisi kulit atau alergi, konsultasikan dengan doktermu terlebih dahulu sebelum melakukan perubahan pada kebiasaanmu. Untuk itu, ketahui manfaat menakjubkan bagi tubuh jika rutin mandi, seperti melansir dari Bright Side, Selasa (28/6/2022).

1. Membuatmu tetap bugar

Mandi air dingin bisa membantu meningkatkan penurunan berat badan. Menurut klaim ini, sel lemak cokelat menghasilkan panas dengan membakar lemak saat mereka terkena kondisi dingin, seperti saat mandi.

2. Menurunkan gula darah

Mandi bisa menurunkan gula darah, terkadang lebih baik daripada olahraga. Meskipun ini bukan anjuran untuk tidak berolahraga, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika individu mandi air panas alih-alih berolahraga, kadar gula darah puncak mereka setelah makan kira-kira 10% lebih rendah.

Meskipun reaksi gula darah total untuk kedua aktivitas itu serupa, perlu disebutkan bahwa itu memiliki efek yang cukup besar pada kadar gula darah setelah makan.

3. Bisa meringankan sinus yang kering atau tersumbat

Jika Anda lelah bangun dengan hidung tersumbat dan sakit kepala setiap pagi, pertimbangkan untuk mandi air panas untuk meredakan sinusmu. Ini cukup banyak bekerja seperti pelembab udara atau bernapas di atas semangkuk air panas. Uap bisa membantu membersihkan saluran hidung dan tenggorokan, yang memungkinkan Anda bernapas lebih baik dan tidak merasa sesak.

4. Bisa meredakan kecemasan

Jika Anda mengalami hari yang buruk, salah satu solusi terbaik adalah mandi busa dengan santai untuk waktu yang lama. Jika itu tidak memungkinkan, mandi air panas cepat bisa dilakukan.

Selain memberikan kulit bersih yang lembut, mandi air panas bisa mengurangi kecemasan dan stres akibat pelepasan oksitosin. Hormon ini diketahui terkait dengan efek anti-stres.

5. Mengendurkan otot kaku

Terapi di rumah yang sederhana dan efektif untuk pemulihan otot adalah bersantai di dalam baik mandi air panas. Peneliti mengatakan bahwa dengan mandi bisa mengurangi ketegangan otot di seluruh tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Ini menghasilkan otot yang lebih lentur dan rentang gerak yang lebih luas.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat olahraga tentu sudah banyak diketahui, tapi manfaat mandi belum banyak yang tahu. Tapi ketika Anda menggabungkan keduanya, Anda bisa mendapatkan tingkat daya tahan dan kesehatan yang sama sekali baru.

Menurut sebuah penelitian, mandi air dingin sebelum berolahraga bisa meningkatkan daya tahan dan kemampuan tubuhmu untuk berolahraga pada tingkat intensitas yang lebih tinggi untuk waktu yang lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.