Sukses

7 Alasan Mengapa Orang Memilih Pasangan yang Cerdas Secara Emosional Untuk Hubungan Jangka Panjang

Berikut adalah beberapa alasan mengapa pasangan yang cerdas secara emosional adalah yang terbaik.

Liputan6.com, Jakarta Kecerdasan emosional penting untuk berpikir, merasa, mengambil keputusan, belajar dan memecahkan masalah. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Behavioral Sciences, kecerdasan emosional adalah kapasitas untuk mengenali dan memahami emosi dan juga menggunakannya secara positif dalam komunikasi, empati, pemecahan masalah, dan manajemen konflik.

Pada beberapa individu, kecerdasan emosional adalah sifat bawaan, sementara pada banyak individu, kecerdasan itu dipelajari dan diperkuat. Tidak peduli apa masalahnya, orang dengan kecerdasan emosional tinggi selalu disukai, baik itu di tempat kerja atau dalam suatu hubungan.

Orang yang mencari hubungan jangka panjang sangat pemilih dalam hal pasangan mereka. Mereka lebih suka berkencan dengan mereka yang cerdas secara emosional; seseorang yang memahami kita pada tingkat yang lebih dalam dan cukup bertanggung jawab untuk mempertahankan pekerjaan, bertanggung jawab atas anak-anak, dan memelihara hubungan. Dilansir dari Boldsky, berikut adalah beberapa alasan mengapa pasangan yang cerdas secara emosional adalah yang terbaik.

1. Lakukan Hidup Penuh Perhatian 

Hidup penuh perhatian berarti memiliki kendali penuh atas kata-kata, pikiran, dan tindakan kita untuk memastikan kehidupan yang bahagia. Orang yang cerdas secara emosional menjalani hidupnya seolah-olah setiap hari membawa berkah dan pelajaran baru untuk dipetik. Mereka tidak memiliki pola pikir untuk hanya melewati hari-hari yang sulit, tetapi menjalaninya sepenuhnya dan membuat setiap detik berharga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Memiliki Keterampilan Komunikasi yang Baik

Sebuah studi berbicara tentang hubungan antara kecerdasan emosional dan efektivitas komunikasi. Dikatakan bahwa orang yang cerdas secara emosional hebat dalam hal komunikasi. Mereka menghargai keragaman, itulah sebabnya mereka tahu bagaimana berkomunikasi dengan lebih baik dalam suatu hubungan dan memecahkan masalah.

3. Pendengar yang Baik

Orang dengan kecerdasan emosional juga pendengar yang baik. Mereka memiliki minat untuk mendengarkan pasangan mereka dan memahami kebutuhan mereka. Mereka tidak pernah mengabaikan kata-kata pasangannya dengan sengaja dan mendengarkannya sepanjang waktu.

4. Tidak Mudah Menyerah 

Orang yang cerdas secara emosional berorientasi pada tujuan dan tidak memiliki kemampuan untuk berhenti sampai mereka mencapai tujuan mereka. Mereka tidak akan mudah menyerah saat menghadapi rintangan dan berusaha mengatasinya dengan efektif.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

5. Tahu Kapan Harus Mengatakan Tidak

Orang yang memiliki kecerdasan emosional ulet dan tangguh. Mereka menyadari kemampuan mereka untuk menolak permintaan ketika mereka tidak menginginkannya atau memiliki keberatan. Mereka juga berempati terhadap orang lain seperti terhadap diri mereka sendiri.

6. Mereka Loyal 

Orang dengan kecerdasan emosional tidak pernah memulai hubungan yang tidak mereka rencanakan untuk bertahan. Mereka menganggap hubungan sebagai komitmen dan tetap setia kepada pasangannya. Mereka juga menghormati pasangannya.

7. Tak Pernah Membuat Janji Palsu 

Orang yang cerdas secara emosional selalu memegang teguh kata-katanya dan tidak pernah membuat janji yang tidak bisa mereka penuhi. Mereka memahami apa arti janji dalam hubungan dan mencoba untuk menepatinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.