Sukses

Studi: Minum Kopi Sebelum ke Mall Bisa Buat Anda Belanja Impulsif yang Tidak Perlu

Ternyata minum kopi sebelum ke mall bisa buat Anda belanja impulsif

Liputan6.com, Jakarta Duduk-duduk untuk minum kopi sebelum berbelanja adalah tradisi lama, tetapi siapa sangka itu bisa mengarah pada pembelian impulsif benda-benda yang tidak perlu. Demikian menurut sebuah studi baru.

Diterbitkan di Journal of Marketing, penelitian ini meneliti bagaimana konsumsi kopi memengaruhi pengeluaran dan menemukan bahwa hal itu merangsang pembelian tambahan serta pengeluaran yang lebih tinggi. Para peneliti menemukan bahwa hal itu juga mempengaruhi jenis barang yang mereka beli, dengan preferensi yang kuat untuk barang-barang "hedonis", atau sensual.

Selain lilin dan alat pijat, seseorang yang minum-minuman berkafein juga lebih cenderung menghabiskan banyak uang untuk wewangian, cokelat, benda-benda dekoratif, dan liburan mewah; sementara barang-barang hedonis rendah seperti alat tulis, peralatan dapur, dan barang-barang penyimpanan cenderung tidak dibeli oleh mereka.

Membenarkan penyelidikan mereka, penulis makalah mengatakan kafein kurang diteliti dengan mengatakan: "Memahami bagaimana dan mengapa konsumsi kafein memengaruhi pengeluaran adalah penting karena kafein adalah salah satu stimulan paling kuat yang legal dan tersedia secara luas."

Untuk mengetahui hal ini, para ilmuwan sosial dari seluruh dunia melakukan penelitian pada orang-orang yang memasuki pusat perbelanjaan, memberikan beberapa minuman berkafein dan yang lainnya tanpa kafein atau air.

Setelah menjalankan uji coba di Spanyol dan Prancis, hasilnya meyakinkan: "Kami menemukan bahwa kelompok kafein menghabiskan lebih banyak uang dan membeli lebih banyak barang daripada mereka yang minum kopi tanpa kafein atau air."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengapa itu terjadi?

Studi menyatakan bahwa ini terjadi karena kopi memicu keadaan gairah fisik dalam tubuh, di mana seseorang merasa aktif, berenergi dan bersemangat. Dalam keadaan ini, kita menjadi lebih peka terhadap fitur produk dan lebih terpengaruh oleh estetika yang menyenangkan.

Titik manis untuk ini adalah kopi dosis rendah hingga sedang, dengan 30mg hingga 100mg kafein mendorong gairah energik yang kondusif untuk berbelanja, sementara dosis yang lebih tinggi cenderung menyebabkan kesibukan yang lebih tegang dan sulit.

Mereka menyimpulkan: “Oleh karena itu, konsumen yang mencoba mengendalikan pengeluaran impulsif harus menghindari konsumsi minuman berkafein sebelum berbelanja.

“Pembuat kebijakan mungkin juga ingin memberi tahu konsumen tentang potensi efek kafein terhadap pengeluaran,” pungkas mereka.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

5 Bahaya Jika Anda Tidur dengan Lampu Menyala di Malam Hari

Kita semua mungkin dapat mengingat saat ketika kita tertidur dengan lampu menyala ketika kita masih anak-anak. Itu satu-satunya cara untuk melindungi diri kita dari rasa takut di malam hari.

Terlebih lagi, beberapa orang dewasa mungkin lebih suka membiarkan lampu menyala juga, dan bukan karena kegelapan. Tidur dengan lampu menyala mungkin telah dilakukan oleh banyak orang dalam waktu yang lama. 

Tapi ternyata bahaya sebenarnya telah bersembunyi di balik lampu selama ini. Dilansir dari Bright Side, berikut ini bahayanya jika Anda tidur dengan lampu menyala.

1. Dapat membahayakan kesehatan reproduksi Anda

Satu studi menemukan bahwa paparan cahaya buatan di malam hari dapat meningkatkan risiko infertilitas. Percobaan dilakukan pada mencit betina. Tikus yang tidur dengan lampu menyala di malam hari cenderung tidak subur. Dipercaya juga bahwa ritme sirkadian (jam internal tubuh) mempengaruhi waktu proses reproduksi pada wanita.

Studi lain memantau perawat yang bekerja shift malam dan efek paparan cahaya malam hari. Ternyata sebagian besar perawat mengeluh siklus menstruasi mereka terganggu.

2. Dapat menyebabkan masalah yang berhubungan dengan jantung

Melatonin tidak hanya menurunkan suhu tubuh tetapi juga tekanan darah. Jika Anda terkena cahaya di malam hari, produksi melatonin Anda ditekan. Akibatnya, tekanan darah Anda meningkat. Fluktuasi yang teratur, pada gilirannya, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

4 dari 4 halaman

3. Berat badan bertambah

Kelebihan cahaya buatan di malam hari bisa menjadi penyebab metabolisme melambat. Selain itu, gangguan tidur dan ritme sirkadian dapat menyebabkan obesitas. Sebuah penelitian yang memantau lebih dari 43.000 wanita mengungkapkan bahwa mereka yang tidur dengan TV mengalami kenaikan berat badan. Perubahan terjadi terlepas dari kualitas atau durasi tidur mereka.

4. Dapat menyebabkan perubahan hormonal

Bahkan satu sumber cahaya pun dapat mengubah keseimbangan hormonal. Cahaya dari smartphone, TV, atau komputer berkontribusi terhadap defisiensi melatonin. Selain itu, proses biologis lainnya terganggu. Sebagian besar waktu, melatonin yang menderita lebih dulu. Tidur yang terganggu meningkatkan hormon penuaan dan mengurangi hormon anti-penuaan.

5. Anda mungkin menderita depresi

Sebuah penelitian menemukan bahwa paparan cahaya di malam hari meningkatkan risiko Depresi. Atau, gangguan ritme sirkadian cenderung memperburuk gejala depresi yang sudah ada. Menariknya, lampu merah memiliki efek merugikan yang lebih sedikit karena kita kurang sensitif terhadap panjang gelombang merah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.