Sukses

Presiden AS Joe Biden Kembali Positif Covid-19 Usai Beberapa Hari Dinyatakan Negatif

Joe Biden telah dites positif untuk Covid-19 hanya beberapa hari setelah dites negatif.

Liputan6.com, Jakarta - Joe Biden telah dites positif untuk Covid-19 hanya beberapa hari setelah dites negatif dan tampaknya sebagian besar mengabaikan infeksi virus, kata dokter Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Presiden sempat terjangkit Covid-19 dan ternyata sembuh. Tetapi Biden telah minum obat Paxlovid, yang telah melaporkan banyak kasus yang secara efektif mengurangi viral load Covid hanya untuk kembali setelah obat dihentikan.

Dokter Gedung Putih, Dr Kevin O'Connor, mengatakan dalam sebuah surat bahwa Joe Biden tidak mengalami gejala yang muncul kembali, dan terus merasa cukup baik.

Sesuai dengan pedoman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Joe Biden akan memasuki kembali isolasi setidaknya selama lima hari. Badan tersebut mengatakan sebagian besar kasus ini tetap ringan dan penyakit parah selama periode itu belum dilaporkan.

Biden, awalnya dinyatakan positif dan mendominasi berita, terutama ketika Biden yang bersuara serak mengatasi gejalanya. Biden menginformasikan tentang kasus positifnya, mengatakan itu bisa terjadi pada minoritas kecil orang.

“Saya tidak memiliki gejala tetapi saya akan mengisolasi diri untuk keselamatan semua orang di sekitar saya. Saya masih bekerja, dan akan segera kembali," cuitnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Biden sudah divaksinasi sepenuhnya

Sementara Biden dites negatif, ia kembali mengadakan acara di dalam ruangan dan pertemuan langsung dengan staf di Gedung Putih dan mengenakan masker, sesuai dengan pedoman CDC. 

Tetapi Biden melepas maskernya di dalam ruangan ketika menyampaikan pidato pada Kamis (28/7/2022), dan selama pertemuan dengan para CEO di kompleks Gedung Putih.

Ditanya mengapa Biden tampaknya melanggar protokol CDC, sekretaris pers, Karine Jean-Pierre, mengatakan, “Mereka menjauhkan diri secara sosial. Jarak mereka cukup jauh. Jadi kami membuatnya aman bagi mereka untuk bersama, berada di panggung itu.”

Paxlovid telah terbukti secara signifikan mengurangi penyakit parah dan kematian di antara mereka yang paling rentan terhadap Covid-19. Pejabat kesehatan AS telah mendorong mereka yang dites positif untuk berkonsultasi dengan dokter atau apoteker mereka untuk melihat apakah mereka harus diberi resep pengobatan, meskipun ada risiko rebound.

Biden divaksinasi sepenuhnya, setelah mendapatkan dua dosis vaksin virus corona Pfizer sesaat sebelum menjabat, suntikan booster pertama pada bulan September dan dosis tambahan 30 Maret lalu.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Joe Biden dan Xi Jinping Sepakat Bakal Lakukan Pertemuan Tatap Muka untuk Bahas Isu Taiwan

Presiden Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping setuju untuk menjadwalkan pertemuan tatap muka pertama mereka selama panggilan telepon yang terkadang menegangkan pada Kamis (28 Juli) di mana Xi memperingatkan Amerika Serikat untuk tidak "bermain api" di Taiwan.

Meskipun ini adalah panggilan telepon atau video kelima mereka sejak Biden menjabat satu setengah tahun yang lalu, pertemuan puncak itu akan menjadi pertemuan langsung pertama mereka sebagai pemimpin. Tidak ada detail yang diberikan tentang waktu atau lokasi. 

Seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (29/7/2022), Biden dan Xi "membahas nilai pertemuan tatap muka dan setuju agar tim mereka menindaklanjuti untuk menemukan waktu yang disepakati bersama untuk melakukannya," kata seorang pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim.

Kedua belah pihak menggambarkan pembicaraan itu, yang berlangsung selama dua jam 17 menit, sebagai pertukaran yang kuat atas banyak perselisihan antara dua kekuatan ekonomi terbesar dunia itu.

Badan pemerintah China Xinhua mengatakan Xi menyampaikan kata-kata kasar tentang kebijakan AS terhadap Taiwan, sebuah pulau demokratis yang memiliki hubungan dekat dengan Amerika Serikat tetapi yang dianggap China sebagai bagian dari wilayahnya.

"Mereka yang bermain api pada akhirnya akan terbakar," kata Xi seperti dikutip Biden, mengulangi bahasa yang dia gunakan ketika mereka berbicara November lalu. "Saya harap pihak AS sepenuhnya memahami itu."

Ketegangan di sekitar Taiwan terus meningkat di tengah kekhawatiran bahwa Xi pada akhirnya dapat memerintahkan invasi untuk memaksakan aturan Beijing.

Dalam titik nyala terbaru, pihak berwenang China sangat marah dengan rencana yang belum dikonfirmasi oleh sekutu Biden dan ketua DPR, Nancy Pelosi, untuk mengunjungi pulau itu.

Meskipun pejabat AS sering mengunjungi Taiwan, yang dipisahkan oleh perairan sempit dari daratan China, Beijing menganggap perjalanan Pelosi sebagai provokasi besar . Dia berada di urutan kedua kepresidenan AS dan mengingat posisinya dapat bepergian dengan transportasi militer.

Washington akan "menanggung konsekuensinya" jika perjalanan itu dilanjutkan, China memperingatkan Rabu.

Selama panggilan itu, Xi dikutip mengatakan kepada Biden "posisi pemerintah dan rakyat China dalam masalah Taiwan konsisten."

"Adalah keinginan kuat dari lebih dari 1,4 miliar orang China untuk secara tegas menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorial China," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.