Sukses

Jadi Kontroversi, Wanita Ini Mengaku Awet Muda Pakai Masker Wajah dari Darah Haid

Wanita ini mengaku perawatan dengan masker wajah dari darah haid membuatnya awet muda

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita mengklaim telah menemukan cara untuk menjaga kulitnya tetap halus dan awet muda yakni dengan menggunakan darah haidnya sendiri sebagai masker wajah. Mimi Boliviana, 33, mulai meluangkan lebih banyak waktu di harinya untuk perawatan diri setelah putus dengan pacarnya.

Dan saat dalam perjalanan penemuan kecantikannya, model tersebut diperkenalkan dengan ide masker wajah darah menstruasi oleh influencer media sosial lainnya yang juga mencoba tren tidak konvensional. Tren tersebut dikenal sebagai masker menstruasi yang menggunakan darah menstruasi untuk diri mereka sendiri.

Mimi sekarang mengklaim bahwa masker ini adalah bagian dari rutinitas perawatan kulitnya, dan dia menjalani proses penerapan wajah beberapa kali selama setiap siklus.

Model yang memiliki lebih dari 358.000 pengikut di akun Instagram-nya, @mimizinhaofficial - menegaskan bahwa masker terseut telah membantu menjaga kulitnya terlihat "terhidrasi dan diremajakan", dan dia bahkan mengklaim darahnya tidak berbau - selama dia menjaganya makanannya dalam diet sehat.

Dia mengklaim: "Itu bagus untuk tetap muda. Setiap kali saya melakukannya, sepertinya saya memiliki kulit bayi. Saya benar-benar terhidrasi dan diremajakan."

"Saya biasanya mengoleskan masker beberapa kali selama siklus, menggunakan kuas. Saya mengumpulkannya melalui cangkir pengumpul dan mengencerkannya dengan sedikit air yang disaring."

“Berlawanan dengan apa yang mungkin dipikirkan orang, baunya tidak kuat, hanya bau besi. Selama Anda memiliki diet sehat, Anda baik-baik saja."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa ilmu di balik masker menstruasi?

Saat ini, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung gagasan menggunakan darah menstruasi sebagai masker wajah. Menurut layanan perawatan menstruasi Yoppie, diperkirakan darah menstruasi bisa mengandung sel punca, tetapi ini "masih diperdebatkan".

Namun, darah kaya akan nutrisi seperti seng, tembaga, dan magnesium, tetapi banyak krim wajah biasa juga menggunakan bahan-bahan ini untuk membantu menghidrasi dan merevitalisasi kulit yang tampak lelah.

Ada juga kekhawatiran tentang keamanan penggunaan darah pada kulit Anda, karena darah hanya steril saat berada di dalam rahim - dan karena itu dapat terkontaminasi bakteri pada saat Anda mengoleskannya ke wajah Anda.

Jennifer Vickers, seorang dokter kulit di Sanova Dermatology, mengatakan kepada Cosmopolitan: “Secara teori, darah menstruasi memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi kulit, seperti sifat anti-inflamasi dan sel induk, tetapi tidak ada bukti ilmiah saat ini yang mendukung penggunaan darah haid sebagai masker."

"Sementara darah menstruasi di dalam rahim steril, akan sangat sulit bagi wanita rata-rata untuk mengeluarkannya dengan cara yang steril, sehingga ada kekhawatiran akan menularkan penyakit dari alat kelamin ke wajah."

Secara keseluruhan, menggunakan darah haid sebagai masker wajah tidak dianjurkan dan sangat tidak disarankan oleh dokter kulit dan dokter - jadi mungkin tetap lebih baik menggunakan produk perawatan kulit biasa Anda.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Studi: Mandi Air Dingin Bisa Sebabkan Serangan Jantung

Serangan jantung terjadi ketika bagian dari otot jantung Anda tidak mendapatkan cukup darah. Arteri koroner jantung bisa tersumbat secara tiba-tiba atau memiliki suplai darah yang sangat lambat.

Ini biasanya terjadi karena pembentukan bekuan darah. Ini mengurangi suplai oksigen ke jantungmu, yang bisa memiliki konsekuensi berbahaya.

Ada beberapa faktor risiko yang bisa menyebabkan serangan jantung, seperti usia, riwayat keluarga, tekanan darah, kadar kolesterol dan lainnya.

Selain faktor kesehatan ini, faktor eksternal atau gaya hidup tertentu juga bisa menyebabkan tekanan tiba-tiba pada jantungmu, menjadi serangan mendadak.

Salah satu faktor risiko gaya hidup tersebut bisa terjadi di kamar mandi, terutama jika Anda mandi air dingin.

Melansir dari Times of India, Jumat (29/7/2022), menurut para ahli tertentu, paparan air dingin secara tiba-tiba bisa berbahaya, terutama bagi pengidap penyakit jantung. Ini bisa menyebabkan serangan jantung atau ketidakteraturan irama jantung.

Air dingin bisa menyetrum tubuh, menyebabkan pembuluh darah di kulit berkontraksi. Hal ini bisa memperlambat aliran darah dalam tubuhmu.

Untuk mengimbanginya, jantung Anda akan mulai berdetak lebih cepat untuk bisa memompa darah ke seluruh tubuh. Ini juga bisa meningkatkan tekanan pada pembuluh darahmu.

4 dari 5 halaman

Yang dimaksud dengan respons kejutan dingin

Bahkan jika seseorang sehat, bugar atau muda, air dingin bisa memicu serangan jantung dengan menyebabkan vasokonstriksi (pengencangan otot di sekitar pembuluh darahmu).

Penelitian telah menemukan bahwa ini biasanya terjadi di cuaca panas, ketika individu lebih bersemangat untuk segera mandi air dingin.

Risiko ini pertama kali diidentifikasi dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Physiology, yang menjelaskan bahwa perendaman tiba-tiba dalam air dingin berbahaya bagi tubuh kita.

Ini bisa menyebabkan serangkaian respons kardio-pernapasan neurogenik, yang disebut respons syok dingin. Ini bisa menyebabkan terengah-engah, hiperventilasi, sesak napas dan panik. Hal ini bisa memicu ritme abnormal pada jantung, dan menyebabkan serangan jantung.

 

Gejala serangan jantung

Identifikasi tepat waktu dari serangan jantung adalah penting untuk mencari pengobatan segera. Sebagian besar serangan jantung melibatkan ketidaknyamanan, seperti rasa sakit atau tekanan, di tengah atau sisi kiri dada.

Ini bisa berlangsung selama lebih dari beberapa menit atau hilang dan kembali. Ini bisa juga disertai dengan sesak napas.

Berkeringat dingin juga menjadi tanda umum penyakit jantung. Anda juga akan merasa sangat lelah atau lemah seperti pingsan.

Nyeri adalah salah satu gejala utama serangan jantung dan selain di dada, juga bisa terjadi di rahang, punggung, leher, lengah dan bahu.

Gejala lain dari serangan jantung bisa termasuk mual atau muntah. Ini bisa disalahartikan sebagai masalah lambung.

5 dari 5 halaman

Cara mandi dengan hati-hati

Mandi menggunakan gayung menjadi pilihan yang lebih aman untuk mandi dengan air dingin karena Anda bisa mengatur aliran air di tubuhmu untuk menghindari kejutan apa pun.

Jika Anda tetap ingin mandi air dingin, para hali menyarankan agar dilakukan dengan hati-hati. Masukkan air secara perlahan untuk meminimalkan respons berbahaya.

Ini akan memberi tubuhmu waktu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan suhu. Untuk menghindari risiko apa pun, lebih baik memulai dengan air hangat terlebih dahulu dan kemudian beralih menggunakan air dingin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.