Penis Bengkak dan Nyeri, Dua Gejala Menyakitkan Cacar Monyet yang Tidak Boleh Anda Abaikan

Oleh Sulung Lahitani pada 30 Jul 2022, 13:07 WIB
Diperbarui 30 Jul 2022, 13:10 WIB
Monkeypox
Perbesar
Ilustrasi penyakit cacar monyet atau monkeypox. Credits: pixabay.com by TheDigitalArtist

Liputan6.com, Jakarta Ketika kasus cacar monyet terus melonjak, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan virus itu sebagai 'darurat kesehatan global'. Ini menandakan peringatan paling tinggi yang dikeluarkan oleh WHO.

Lebih dari 16.000 kasus kini telah dilaporkan dari 75 negara, kata direktur jenderal WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus. Menurut data terbaru yang tersedia, ada lima kematian.

Cacar monyet pada manusia pertama kali ditemukan pada awal 1970-an di Republik Demokratik Kongo.

Dr Ghebreyesus mengatakan: "Ini adalah wabah yang dapat dihentikan dengan strategi yang tepat dalam kelompok yang tepat."

Tapi apa saja gejala cacar monyet atau monkeypox dan apakah laporan tentang pembengkakan dan nyeri penis terkait dengan virus?

Apa saja gejala resmi cacar monyet?

Menurut NHS, monkeypox adalah infeksi langka yang paling sering ditemukan di Afrika barat atau tengah. Gejala pertama cacar monyet meliputi:

  • suhu tinggi
  • sakit kepala
  • Nyeri otot
  • sakit punggung
  • kelenjar bengkak
  • menggigil
  • kelelahan

Gejala-gejala ini biasanya terjadi satu sampai lima hari sebelum ruam muncul. Ruam sering dimulai pada wajah, kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya. Ini bisa termasuk alat kelamin dan anus.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Apakah penis bengkak dan nyeri merupakan gejala cacar monyet?

Punya Gejala yang Sama, Begini Cara Membedakan Cacar Monyet dan Cacar Ular
Perbesar
Simak cara membedakan cacar monyet dan cacar ular dengan gejala yang hampir sama. (pexels/andrea piacquadio).

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan antara Mei dan Juli 2022, oleh Julia Bilinska dan rekan-rekannya di Guy's and St Thomas' NHS Foundation Trust di London, 31 dari 197 pria yang terjangkit cacar monyet mengeluhkan pembengkakan penis.

Namun, pada 29 Juli, NHS, WHO, dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS tidak mengenali pembengkakan penis sebagai gejala virus.

Tetapi semua peserta yang terlibat dalam penelitian ini memang memiliki beberapa bentuk lesi pada kulit atau selaput lendir mereka.

Apa pengobatan untuk cacar monyet?

Menurut NHS, monkeypox biasanya ringan dan kebanyakan orang sembuh dalam beberapa minggu tanpa pengobatan.

Karena kemiripannya dengan cacar, vaksin cacar diyakini juga menawarkan perlindungan terhadap cacar monyet.

NHS saat ini menawarkan vaksinasi cacar (MVA) kepada mereka yang paling berisiko terpapar.

Ini termasuk:

  • beberapa petugas kesehatan
  • beberapa pria yang gay, biseksual atau berhubungan seks dengan pria lain
  • orang yang telah melakukan kontak dekat dengan seseorang yang menderita cacar monyet.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

 


Studi: Makan Pisang yang Masih Hijau Dapat Membantu Mengurangi Risiko Kanker

Studi: Makan Pisang yang Masih Hijau Dapat Membantu Mengurangi Risiko Kanker
Perbesar
Image by PIRO from Pixabay

Kita semua telah diberitahu bahwa berbagai jenis buah dan sayuran memiliki manfaat berbeda yang membantu menjaga kesehatan kita.

Sebuah studi internasional baru telah menemukan bahwa makan satu buah secara teratur dapat membantu mengurangi risiko kanker, terlebih di antara orang-orang yang memiliki risiko herediter tinggi terkena kanker tertentu.

Penelitian yang mengamati hampir 1000 pasien dengan sindrom Lynch - suatu kondisi genetik yang membuat orang rentan terhadap berbagai jenis kanker - menemukan bahwa asupan pati resisten secara teratur dapat memiliki efek pencegahan utama pada risiko kanker.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang bagaimana makan pisang dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Bagaimana makan pisang yang masih hijau mengurangi risiko kanker?

Pati resisten - juga dikenal sebagai serat fermentasi - adalah jenis karbohidrat yang memberi makan bakteri usus yang menguntungkan. Ini ditemukan dalam pisang yang masih hijau.

Dengan makan pisang ini, tubuh Anda mendapat dosis pati resisten yang teratur, yang telah ditemukan dapat mengurangi risiko kanker di beberapa bagian tubuh hingga lebih dari setengahnya. Demikian menurut penelitian baru.

Penelitian yang dipublikasikan di Cancer Prevention Research ini dipimpin oleh para ahli di Universitas Newcastle dan Leeds.


Penelitiannya

Indeks harga konsumen Amerika Serikat
Perbesar
Pisang dijual di sebuah kios di dalam Grand Central Market di pusat kota Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS), Jumat (11/3/2022). Ekonomi terbesar dunia itu terus dihantam oleh gelombang inflasi, yang diperkirakan akan memburuk akibat serangan Rusia ke Ukraina. (Patrick T. FALLON/AFP)

Ditemukan bahwa pati resisten, jika dikonsumsi secara teratur selama rata-rata dua tahun, memiliki efek positif pada kanker gastrointestinal bagian atas termasuk kanker esofagus, lambung, saluran empedu, pankreas dan duodenum, yang sulit dideteksi.

John Mathers, profesor nutrisi manusia di Universitas Newcastle menjelaskan: "Tepung resisten tidak dicerna di usus kecil Anda, melainkan berfermentasi di usus besar Anda, memberi makan bakteri usus yang menguntungkan - ia bertindak seperti serat makanan dalam sistem pencernaan Anda. Jenis pati ini memiliki beberapa manfaat kesehatan dan kalori lebih sedikit daripada pati biasa."

Dia menambahkan: "Kami berpikir bahwa pati resisten dapat mengurangi perkembangan kanker dengan mengubah metabolisme bakteri asam empedu dan mengurangi jenis asam empedu yang dapat merusak DNA kita dan akhirnya menyebabkan kanker."


Makanan apa yang mengandung pati resisten?

Resep Kudapan Praktis Berbahan Rolled Oat Kreasi Chef Devina Hermawan
Perbesar
Ilustrasi oat. (dok. Jocelyn Morales/Unsplash.com)

Selain pisang yang masih hijau, pati resisten juga ditemukan pada makanan seperti kacang polong, oat, sereal. kacang-kacangan dan makanan bertepung lainnya. Anda juga bisa mengonsumsi pati resisten sebagai suplemen bubuk.

Dalam hal pisang, para ahli merekomendasikan bahwa makan satu pisang setiap hari setara dengan satu dosis pati resisten. Caranya adalah dengan memakan pisang sebelum terlalu matang atau lunak.

Jika dimakan saat agak hijau, pati dalam pisang akan menahan kerusakan dan mencapai usus kita di mana mengubah jenis bakteri yang hidup di sana.

Penelitian sebelumnya dari studi yang sama menemukan bahwa mengonsumsi aspirin memiliki efek yang hampir sama dengan pati resisten, membantu mengurangi risiko kanker di usus besar hingga 50%.

Namun, penelitian lebih lanjut sedang dilakukan pada efek pati resisten dan aspirin dalam mengurangi risiko kanker.

Infografis Dampak Bermain Game Berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya