Sukses

Ini 5 Alasan Mengapa Anda Merasa Kesepian Bahkan di Tempat yang Ramai

Berikut beberapa alasan mengapa Anda masih merasakan kesepian bahkan di tempat yang ramai

Liputan6.com, Jakarta Secara teori, makan siang yang Anda lakukan berjalan dengan baik — Anda dikelilingi oleh orang-orang baik, makanan enak, percakapan lucu. Tetapi Anda masih merasa sendirian, seolah-olah Anda berada ribuan kilometer jauhnya dari orang lain secara emosional.

Hal yang rumit tentang perasaan adalah bahwa perasaan itu berbeda untuk setiap orang: Beberapa orang, misalnya, baik-baik saja memiliki sedikit teman atau menikmati menghabiskan banyak waktu sendirian. Bagi orang lain, skenario yang sama akan menciptakan rasa kesepian dan keterasingan yang mendalam.

Mencari tahu mengapa Anda merasa kesepian bahkan ketika Anda tidak sendirian dapat membantu Anda merasa lebih selaras dengan orang-orang di sekitar Anda — dan dengan diri Anda sendiri.

“Menjadi kesepian adalah perasaan, sedangkan kesendirian itu nyata,” kata Sherese Ezelle, L.M.H.C., terapis perilaku berlisensi di One Medical. "Ketika Anda merasa sendirian, Anda mungkin merasa terputus dari orang lain meskipun ada orang yang tersedia untuk Anda."

Sebaliknya, merasa kesepian saat berada di sekitar orang lain bisa menjadi respons tubuh Anda untuk tidak memenuhi kebutuhan Anda, kata Ezelle. “Terkadang duduk dalam perasaan kesepian dapat menerangi hal-hal yang ingin Anda lakukan agar merasa lebih baik.”

Plus, menyendiri tidak selalu berarti merasa kesepian — banyak orang merasa puas dengan kesendirian. Kesepian tidak saling eksklusif untuk berada di sekitar orang lain.

Menurut NPR, kesepian telah meningkat di Amerika Serikat sejak 2018. Survei yang dirilis oleh perusahaan asuransi kesehatan Cigna pada Januari 2020, tiga dari lima orang di AS merasa kesepian secara teratur, terutama orang-orang yang mengatakan bahwa mereka tidak memiliki persahabatan dekat yang membuat mereka merasa aman dan dicintai.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pandemi membuat makin banyak orang kesepian

Peristiwa beberapa tahun terakhir sebagian besar membuat orang merasa lebih terisolasi, dengan 36% orang Amerika yang disurvei merasa kesepian hampir sepanjang waktu, menurut sebuah penelitian yang dirilis pada Februari 2021 oleh Making Caring Common Project dari Harvard Graduate School of Education. Studi yang sama juga menemukan bahwa, sementara orang yang lebih tua sering merasa lebih kesepian, orang dewasa muda adalah yang paling terpukul oleh kesepian selama lock down pandemi.

Richard Weissbourd, seorang psikolog dan dosen senior di Harvard Graduate School of Education (HGSE) yang membantu memimpin penelitian, mengatakan: “Saya terkejut dengan tingkat kesepian di kalangan anak muda. Jika Anda melihat penelitian lain pada orang tua, tingkat kesepian mereka tinggi, tetapi tampaknya tidak setinggi orang muda.”

Ini bisa terjadi karena banyak alasan – mungkin orang yang lebih muda tidak terbiasa dengan perasaan ini atau mengalami duduk dengan kesepian, sehingga perasaan itu datang sebagai kejutan. Saat kita bertransisi kembali menjadi berada di sekitar orang, perasaan tidak aman, kesepian, dan kecemasan yang telah merembes cenderung berkeliaran.

Mencari tahu bagaimana merasa tidak terlalu kesepian sebagian bergantung pada mengapa Anda merasa kesepian. Berikut lima hal yang harus Anda cek untuk dapat membantu diri Anda merasa lebih baik.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

3 dari 7 halaman

Kamu Merasa Kesepian Karena Kamu Mendambakan Kedekatan

Pelatih hubungan Kira Asatryn memberi tahu Bustle bahwa kesepian adalah urusan yang rumit: itu mungkin sebenarnya berarti Anda merindukan koneksi, bukan hanya lebih banyak orang di sekitar Anda.

"Jika hubungan saya dengan seseorang tidak memiliki unsur kedekatan itu, itu cenderung membuat saya merasa lebih terisolasi daripada hanya sendirian," jelasnya.

Dengan kata lain, jika sesuatu dalam persahabatan atau hubungan romantis tidak cocok dengan sebagaimana Anda menginginkannya, Anda mungkin merasa tidak terpenuhi.

"Keinginan untuk menjadi relatable adalah apa yang menghubungkan kita dengan orang lain dan mengurangi perasaan kesepian kita," kata Ezelle. Cobalah berfokus untuk memupuk kedekatan itu dengan orang lain dengan menetapkan waktu yang disengaja untuk hanya bersama — berjalan-jalan satu sama lain atau pergi minum kopi tanpa ponsel. Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun Anda terbuka untuk berkembang hubungan yang baik, Anda tidak dapat mengharapkan orang lain untuk hal yang sama dengan Anda, dan tidak semua orang akan terbuka untuk menggali ikatan yang lebih dekat.

 

4 dari 7 halaman

Kamu Merasa Kesepian Karena Kamu Introvert

Introvert pasti bisa mendapatkan reputasi buruk karena hidup dalam isolasi, tetapi itu tidak selalu terjadi. Pada kenyataannya, bagi banyak introvert, terlalu banyak bersosialisasi bisa melelahkan, terutama dengan kelompok besar orang, orang asing, atau lingkungan di mana ada banyak jaringan.

Meskipun bisa menyenangkan untuk mengejar ketinggalan di tingkat permukaan, itu tidak selalu membuat Anda merasa lebih dekat dengan orang-orang di sekitar Anda. Introvert mungkin perlu mengisi baterai sosial mereka sebelum mereka dapat hang out, dan setelah berbulan-bulan sendirian, baterai mungkin akan habis lebih cepat dari sebelumnya.

Pastikan Anda mengisi ulang meteran sosial Anda saat Anda perlu sehingga Anda tidak kehabisan baterai emosional Anda. Dengan begitu, Anda mungkin merasa tidak terlalu kesepian ketika dikelilingi oleh orang-orang, karena Anda merasa siap untuk berada di dekat mereka.

 

5 dari 7 halaman

Kamu Membutuhkan Lebih Banyak Hubungan Berkualitas, Bukan Jumlah yang Banyak

Anda dapat, secara teoritis, memiliki sejuta teman, tetapi jika Anda tidak menginvestasikan waktu dan energi untuk mereka, kemungkinan Anda akan terus merasa kesepian.

“Kita diberi kesempatan untuk membangun hubungan saling percaya dan langgeng ketika kualitas menjadi fokusnya,” kata Ezelle. “Untuk benar-benar merasa terhubung dengan seseorang dalam suatu hubungan, Anda ingin bisa menjadi diri Anda yang paling asli.”

Dan, tentu saja, Anda mungkin tidak dapat memberikan diri Anda yang sebenarnya kepada selusin orang dengan cara yang sama seperti yang Anda bisa untuk dua atau tiga orang terdekat Anda — jadi cobalah fokus pada yang terdekat untuk memastikan ikatan itu kuat.

 

6 dari 7 halaman

Anda Merasa Kesepian Karena Anda Membatasi Diri

Pernah merasa seperti orang tidak benar-benar mengenal Anda? Mungkin saja Anda dikelilingi oleh orang-orang yang tidak siap secara emosional atau yang tidak mencari teman baru atau hubungan dekat. Mungkin juga Anda memiliki kewaspadaan sendiri, dan karena itu tidak mengirimkan pesan yang jelas bahwa Anda terbuka untuk ikatan atau koneksi baru.

“Menjadi tulus adalah salah satu komponen terpenting dari hubungan yang sehat dan berkelanjutan,” kata Ezelle kepada Bustle. “Ketika Anda membatasi diri, Anda tidak hanya memiliki tantangan dengan keaslian, tetapi Anda mungkin juga memiliki tantangan yang berkaitan dengan apa yang mungkin dibagikan orang lain kepada Anda.” Berbagi diri sendiri bisa menakutkan, tetapi jika Anda ingin membentuk ikatan dengan orang lain, itu harus dimulai dari suatu tempat.

 

7 dari 7 halaman

Kamu Kesepian Karena Kamu Menghabiskan Terlalu Banyak Waktu di Media Sosial

Tidak peduli narasi apa yang Anda coba pasang di Instagram Anda, Ezelle mengatakan bahwa keinginan untuk memeriksa ponsel Anda terus-menerus sering kali menandakan Anda ingin keluar dari saat ini dan ke hal lain. Pada kenyataannya, kita tidak tahu seperti apa kehidupan rekan-rekan kita di balik layar .

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa semakin kesepian seseorang, semakin banyak waktu yang mereka habiskan di media sosial. Media sosial juga dapat memberi kita perasaan bahwa kita bersama banyak orang lain, tetapi karena kita tidak memperoleh apa pun dari interaksi tatap muka, atau secara aktif mengalami kehidupan mereka bersama mereka, media sosial selanjutnya dapat berkontribusi pada perasaan bahwa kita merasa terisolasi dalam kelompok besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.