Sukses

6 Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan, Bantu Menurunkan Kolesterol

Artikel ini membahas tentang ragam manfaat kacang merah untuk kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Kacang merah merupakan salah satu jenis kacang dari banyak jenis kacang di dunia. Dalam bahasa Inggris, kacang merah yaitu red kidney bean. Nama ini diambil karena bentuk dan warnanya yang menyerupai ginjal (kidney) manusia.

Kacang merah merupakan makanan yang sangat terkenal di dunia. Kandungan proteinnya yang tinggi, terkenal sangat bermanfaat bagi tubuh. Kacang merah juga digunakan sebagian besar orang di dunia sebagai salah satu bahan andalan untuk menu sehat.

Di Indonesia, kacang merah sering dijadikan bahan pelengkap pada masakan sayur asem. Selain itu, kacang merah juga sering diolah menjadi es kacang merah yang manis dan gurih serta cocok dinimati saat cuaca panas.

Dilansir dari laman Web MD, Jumat (29/7/2022), banyak ahli gizi sering merekomendasikan kacang sebagai bagian dari diet sehat karena nilai gizinya yang sangat tinggi. Seperti kacang lainnya, kacang merah dapat dihitung sebagai sumber protein dan sayuran.

Untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, disarankan untuk makan setidaknya setengah cangkir kacang merah per hari. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang makan kacang merah setiap hari, akan mengonsumsi lebih sedikit lemak dan lemak jenuh, serta menyerap lebih banyak serat, protein, folat, zat besi, dan mineral penting lainnya ke dalam tubuh.

Berikut ini ragam manfaat kacang merah untuk kesehatan, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Serat yang terkandung dalam kacang merah mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Kacang merah juga kaya akan vitamin, khususnya vitamin B dan folat. Semua hal tersebut memberikan pengaruh penting terhadap nutrisi dan kesehatan jantung Anda.

2. Mengurangi Risiko Terjadinya Diabetes

Ada beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi bagi pengidap diabetes tipe 2, salah satunya adalah kacang merah. Serat dalam kacang merah memperlambat laju glukosa yang dilepaskan ke aliran darah, yang akan membantu mengontrol gula darah dan mencegah lonjakan insulin yang menyebabkan diabetes tipe 2.

Selain itu, kacang merah juga termasuk makanan dengan indeks glikemik rendah. Makanan seperti ini sangat baik untuk Anda yang bahkan masih sehat untuk mencegah terjadinya diabetes.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

3 dari 4 halaman

3. Mencegah Sembelit dan Menurunkan Kolestrol

Kacang merah kaya akan serat larut dan tidak larut. Serat larut terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dengan menyerap lemak pada saluran cerna. Kedua jenis serat ini juga terbukti ampuh untuk mengatasi masalah saluran cerna, seperti susah BAB atau sembelit.

4. Memberikan Energi Pada Tubuh

Kacang merah kaya nutrisi sebagai sumber energi yang bagus bagi tubuh. Kacang merah memiliki banyak protein, dan ketika dicampur dengan kacang-kacangan lainnya, membentuk protein lengkap yang bahkan bisa lebih sehat daripada protein hewani.

Protein-protein ini membantu membuat Anda kenyang. Serat yang terkandung juga membuat Anda kenyang. Karena tubuh membutuhkan waktu beberapa saat untuk mencerna kacang-kacangan, sehingga hal itu membuat Anda merasa kenyang cukup lama.

Kacang merah juga merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Sekitar 72% kalori dalam kacang merah berasal dari karbohidrat. Hal ini tentunya akan dapat memberikan tubuh Anda energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

4 dari 4 halaman

5. Mencegah Kanker

Kacang merah dapat mencegah terjadinya kanker dengan beberapa cara. Sebagai makanan serat tinggi, kacang merah bisa membantu mencegah kanker payudara.

Studi yang dilakukan oleh para peneliti Harvard dan diterbitkan dalam jurnal Pediatri menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan kaya serat selama masa remaja dan awal memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara di kemudian hari.

6. Mengontrol Nafsu Makan

Seperti semua jenis kacang-kacangan pada umumnya, kacang merah adalah komponen yang ideal untuk diet, baik untuk proses penurunan berat badan atau mencegah penambahan berat badan.

Kandungan proteinnya yang tinggi membuat kacang merah lebih mengenyangkan, artinya Anda akan merasa lebih kenyang lebih lama setelah memakannya. Jika dengan dimbangi dengan olahraga dan makanan pendamping diet lainnya, hasilnya tentu akan jadi lebih maksimal. Sangat efektif untuk Anda yang sedang menjalani diet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.