Sukses

Studi: Jutaan Orang yang Pernah Terinfeksi Covid-19 Miliki Masalah Penciuman Jangka Panjang

Jutaan orang di seluruh dunia mungkin memiliki masalah bau atau rasa jangka panjang akibat Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Jutaan orang di seluruh dunia mungkin memiliki masalah bau atau rasa jangka panjang akibat Covid-19, dengan wanita lebih mungkin terpengaruh, sebuah penelitian menunjukkan.

Sekitar 5% orang dewasa yang terinfeksi virus corona dapat mengalami perubahan jangka panjang pada indra penciuman atau perasa mereka, menurut penelitian yang diterbitkan di BMJ.

Dengan lebih dari 550 juta kasus Covid-19 yang dikonfirmasi hingga saat ini, itu berarti mungkin ada kekurangan bau jangka panjang untuk 15 juta orang dan masalah rasa untuk 12 juta (dengan tumpang tindih yang tidak diketahui dari mereka yang menderita keduanya) selama setidaknya enam bulan setelah infeksi. 

Mengingat dampak buruk dari hilangnya penciuman dan rasa pada kualitas hidup dan kesejahteraan, ini akan berdampak besar pada kesehatan global, kata tim peneliti internasional.

Kehilangan atau perubahan indra penciuman atau perasa dapat menyebabkan "kesusahan yang parah", kata mereka, dan mereka menyerukan agar sistem kesehatan lebih siap untuk mendukung orang-orang yang sering merasa terisolasi ketika diberhentikan oleh dokter.

Kegiatan sehari-hari seperti mencium kopi dan menguji rasa makanan bisa menjadi menjijikkan dan menyedihkan secara emosional, kata para ahli.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyak pasien mengalami disfungsi penciuman

Dilansir dari The Guardian, Kamis (28/7/2022), studi ini meninjau data dari 18 studi yang melibatkan 3.699 pasien. Para peneliti menggunakan pemodelan untuk memperkirakan berapa banyak orang yang mengalami perubahan rasa atau bau selama setidaknya enam bulan setelah infeksi Covid-19.

Mereka menyimpulkan bahwa sekitar 5,6% pasien mengalami disfungsi penciuman setidaknya selama enam bulan dan 4,4% mengalami perubahan rasa. Wanita lebih kecil kemungkinannya untuk memulihkan indra penciuman dan perasa mereka daripada pria, dan pasien dengan tingkat keparahan kehilangan penciuman awal yang lebih besar dan mereka yang mengalami hidung tersumbat cenderung tidak memulihkan indra penciumannya.

Seorang pasien wanita mengatakan kepada peneliti bahwa indra penciumannya masih belum pulih 27 bulan setelah infeksi awal. Para peneliti mengakui beberapa keterbatasan penelitian. Studi yang dianalisis bervariasi dalam kualitas dan mengandalkan pelaporan diri, meskipun mereka mengatakan ini mungkin melebih-lebihkan pemulihan, menunjukkan bahwa beban sebenarnya dari disfungsi penciuman bahkan lebih besar.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Kerusakan jangka panjang yang disebabkan oleh Covid-19

Mereka mengatakan bahwa sementara kebanyakan pasien diharapkan untuk memulihkan indra penciuman atau rasa mereka dalam tiga bulan pertama, "sekelompok besar pasien mungkin mengembangkan disfungsi jangka panjang yang memerlukan identifikasi tepat waktu, perawatan pribadi dan tindak lanjut jangka panjang."

Prof Danny Altmann, seorang profesor imunologi di Imperial College London, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut, mengatakan “Ini adalah studi yang kuat dan penting, mengingatkan kita sekali lagi akan kesulitan yang melekat dalam memetakan skala kerusakan jangka panjang yang disebabkan oleh Covid-19.”

“Para penulis melakukan meta-analisis yang agak ketat di beberapa kohort, memodelkan waktu untuk pemulihan rasa dan penciuman. Tak perlu dikatakan bahwa masalah dengan rasa dan bau tidak sepele untuk kualitas hidup.”

“Ini adalah bagian dari diskusi yang lebih luas tentang bagaimana kami menilai dan mengatasi perubahan terus-menerus yang secara kolektif disebut long Covid. Studi seperti ini mengingatkan kita pada beban tersembunyi di luar sana dari orang-orang yang menderita gejala terus-menerus tetapi mungkin tidak berpikir untuk menghubungi dokter umum dengan asumsi tidak akan banyak yang harus dilakukan.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.