Sukses

Mengenal Sindrom Patah Hati dan Sindrom Hati Bahagia

Dikenal dengan sindrom patah hati, kondisi ini tidak memiliki penyebab pasti dan juga tidak menunjukkan penyakit jantung yang mendasarinya.

Liputan6.com, Jakarta - Kisah Joe Garcia yang menyayat hati, pria yang istrinya, Irma Garcia termasuk di antara 21 orang yang tewas dalam penembakan di sekolah Texas pada Mei, membuat semua orang terkejut dan berduka.

Tepat setelah kembali dari pemakaman istrinya, Gracia meninggal karena apa yang keluarga gambarkan sebagai patah hati.

Meskipun kematiannya disebut sebagai serangan jantung, para ahli percaya itu adalah kardiomiopati takotsubo, atau lebih dikenal dengan ‘sindrom patah hati,” yang merupakan kondisi yang disebabkan oleh stres.

Tapi sementara patah hati bisa mematikan, terlalu bahagia juga bisa berakibat fatal, para ilmuwan telah menunjukan. Kondisi ini dikenal sebagai sindrom hati bahagia, juga terkait dengan kardiomiopati takotsubo.

Melansir dari Times of India, Jumat (22/7/2022), kardiomiopati Takotsubo atau kardiomiopati stres atau balon apical adalah suatu kondisi, di mana stres mendadak bisa menyebabkan kerusakan pada ventrikel kiri, memicu rasa sakit dan menyebabkan gejala yang menyerupai serangan jantung.

Dikenal dengan sindrom patah hati, kondisi ini tidak memiliki penyebab pasti dan juga tidak menunjukkan penyakit jantung yang mendasarinya.

Para peneliti pertama kali mengenali kardiomiopati takotsubo di Jepang pada tahun 1990, dengan laporan pertama muncul dari Amerika Serikat pada tahun 1998, sesuai dengan American Heart Association (AHA).

Sindrom ini dikatakan menyebabkan ventrikel kiri jantung menonjol menjadi bentuk balon, sehingga mengambil bentuk panci takotsubo nelayan Jepang, yang digunakan untuk menjebak gurita, memberikan namanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Memahami sindrom hati bahagia dan perbedaannya dengan sindrom patah hati

Sama seperti kardiomiopati takotsubo yang bisa terjadi karena kesedihan yang ekstrem, para ilmuwan telah menemukan bahwa hal itu juga bisa dipicu oleh kebahagiaan yang berlebihan.

Sebuah tim peneliti Jerman telah menemukan sekelompok kecil pasien memiliki sindrom takotsubo yang dipicu oleh peristiwa kehidupan yang bahagia.

Penelitian yang melibatkan 910 pasien dengan sindrom takotsubo, menemukan bahwa 37 memiliki sindrom hati bahagia dan 873 memiliki sindrom patah hati.

Sesuai penelitian, sindrom hati bahagia sebagaian besar diamati pada pria, dibandingkan dengan sindrom patah hati, yang lazim di kalangan wanita.

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hasil keseluruhan antara orang-orang dengan sindrom hati bahagia dan patah hati.

3 dari 5 halaman

Emosi yang ekstrem bisa merugikan

Ketidakpastian dan kondisi mendadak inilah yang membuatnya mematikan. Namun, penting untuk dicatat bahwa kematian karena patah hati atau sindrom patah hati bahagia sangat jarang terjadi.

Ini biasanya terjadi setelah peristiwa yang sangat menegangkan, seperti kematian orang yang dicintai, bencana alam, atau stres fisik.

Menurut AHA, dalam 85% kasus, takotsubo dipicu oleh peristiwa stres emosional atau fisik yang mendahului timbulnya gejala dalam hitungan menit hingga jam.

“Stressor emosional termasuk kesedihan (kematian orang yang dicintai), ketakutan (perampokan bersenjata, berbicara di depan umum), kemarahan (argumentasi dengan pasangan), konflik hubungan (pembubaran pernikahan) dan masalah keuangan (kehilangan pekerjaan),” sebagai per kesehatan tubuh.

Stresor fisik di sisi lain terdiri dari asam akut, pembedahan, kemoterapi dan stroke.

4 dari 5 halaman

Bedanya dengan serangan jantung

Tentu sulit untuk mendiagnosis sendiri kardiomiopati takotsubo atau membedakannya dari serangan jantung. Namun, ada perbedaan tertentu.

Tidak seperti serangan jantung, serangan takotsubo tidak bisa disebabkan oleh penyakit jantung yang mendasarinya. Saat diperiksa, penderita patah hati atau sindrom hati bahagia tidak menunjukkan tanda-tanda serangan jantung yang khas dan seringkali tidak memiliki penyakit jantung sama sekali.

Selain itu, pemulihan dari sindrom ini bisa cepat tidak seperti pemulihan serangan jantung, yang bisa lama dan intens.

Sementara serangan jantung memiliki kemungkinan kekambuhan yang sangat tinggi, kardiomiopati takotsubo dikatakan memiliki tingkat kekambuhan yang relatif rendah yaitu 2-4% per tahun. Ini juga merupakan kondisi sementara yang menetap dengan sendirinya.

5 dari 5 halaman

Penyebab dan faktor risikonya

Meskipun tidak ada penyebab yang jelas dari kardiomiopati takotsubo, para peneliti percaya itu bisa jadi karena pelepasan hormon terkait stres (epinefrin) yang dilepaskan selama peristiwa stres, yang menyebabkan kejang pembuluh darah dan memaksa ventrikel kiri membengkak menjadi balon.

Hal ini selanjutnya mempersulit jantung untuk memompa darah secara efisien, yang menyebabkan gagal jantung kongestif.

Sesuai data dari National Institutes of Health, beberapa individu bisa lebih berisiko mengalami kondisi ini daripada yang lain. Berikut beberapa faktor risikonya:

  • Kekerasan dalam rumah tangga
  • Kehilangan
  • Bencana alam
  • Trauma dan/atau kecelakaan
  • Argumen
  • Diagnosis baru-baru ini dari penyakit serius
  • Menggunakan obat-obatan stimulan, seperti amfetamin atau kokain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.