Sukses

Konsumsi Makanan Sehat Ini Terlalu Sering Bisa Tingkatkan Risiko Kanker

Ada satu makanan yang sebenarnya bisa menyabotase kesehatan kulit Anda jika dimakan terlalu sering.

Liputan6.com, Jakarta - Diperkirakan 20 persen orang Amerika akan mengalami kanker kulit pada ulang tahun ke-70 mereka, menjadikannya kanker paling umum di AS. Namun, itu juga salah satu jenis kanker yang paling dapat dicegah.

Hal-hal seperti membatasi paparan sinar matahari, selalu memakai tabir surya, menutupi kulit adalah cara yang baik untuk melindungi kulit Anda. 

Pemeriksaan mandiri bulanan untuk mengidentifikasi tahi lalat atau pertumbuhan baru atau yang meragukan juga sangat dianjurkan. Tetapi mencegah kanker kulit melampaui permukaan, dan apa yang Anda makan juga dapat berperan. 

Meskipun tidak ada pil ajaib atau suplemen yang dapat Anda konsumsi untuk mencegah kanker kulit, makanan tertentu telah terbukti mengurangi risiko penyakit ini. 

"Pasti ada makanan yang kita makan yang dapat meningkatkan kemampuan kita untuk melindungi kulit kita dari sinar matahari," Patricia Farris, MD, seorang dokter kulit dan rekan dari American Academy of Dermatology, mengatakan kepada CNN.

Makanan seperti tomat dan semangka kaya akan likopen antioksidan yang terbukti membantu melindungi kulit dari sengatan matahari. Beta karoten, yang kita dapatkan dari buah-buahan dan sayuran seperti wortel, ubi jalar, dan mangga, diubah menjadi vitamin A dalam tubuh dan juga dapat membantu mengurangi kepekaan terhadap sinar matahari.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada makanan yang bisa meningkatkan risiko kanker jika dimakan terlalu sering

Namun, ada satu makanan yang sebenarnya bisa menyabotase kesehatan kulit Anda jika dimakan terlalu sering meskipun diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya.

Sebuah studi Juni 2022 yang diterbitkan dalam Cancer Causes & Control menemukan hubungan positif antara makan ikan khususnya ikan yang tidak digoreng dan tuna dan risiko mengembangkan melanoma, yang merupakan jenis kanker kulit paling mematikan.

Penelitian ini melibatkan 491.367 orang Amerika berusia 50-71 tahun yang merupakan bagian dari NIH-AARP Diet and Health Study, kolaborasi penelitian yang dimulai pada 1990-an dengan tujuan meneliti hubungan antara diet dan kanker. Peserta mencatat asupan ikan mereka selama 15 tahun.

Kelompok yang melaporkan makan ikan paling banyak rata-rata sekitar 14 gram per hari, 20 persen lebih mungkin mengembangkan melanoma ganas.

Ikan dapat menyerap bahan kimia beracun dari air tempat mereka tinggal, dan ketika manusia sering mengkonsumsi ikan yang terkontaminasi dalam jangka waktu yang lama, risiko kesehatannya bisa sangat besar. Penulis studi baru percaya ini bisa berdampak signifikan pada hasil mereka.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

3 dari 3 halaman

FDA rekomendasikan takaran ikan yang baik untuk dikonsumsi

Penelitian ini terbukti memiliki keterbatasan lain juga. Sementara itu, memperhitungkan berbagai faktor demografis dan gaya hidup, termasuk indeks massa tubuh, aktivitas fisik, asupan alkohol dan kafein, merokok, riwayat kanker keluarga, dan perkiraan tingkat UV itu gagal di area lain.

Sayangnya, para peneliti tidak memperhitungkan banyak faktor risiko, seperti jumlah tahi lalat, warna rambut, rambut merah adalah faktor penting, jumlah luka bakar di masa lalu, atau perilaku pelindung sinar matahari, yang benar-benar mengganggu kemampuan kita untuk menginterpretasikan data ini, "dokter kulit Adam Friedman, MD, mengatakan kepada Today.

Sampai penelitian lebih lanjut dilakukan tentang topik ini, tampaknya manfaat kesehatan ikan mungkin lebih besar daripada kerugiannya. Untuk amannya, bagaimanapun, rekomendasi yang ditetapkan oleh FDA dari 8 ons ikan per minggu adalah pedoman yang baik untuk dikonsumsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.