Sukses

Unggah Foto Tanpa Hijab, Ayana Moon Tuai Kritikan Warganet

Tak sedikit warganet yang lantas memberikan kritik atas penampilan Ayana tanpa hijab itu.

Liputan6.com, Jakarta - Selebgram Ayana Jihye Moon atau yang akrab dikenal dengan Ayana Moon sedang menjadi sorotan publik. Hal ini lantaran penampilan terbarunya yang dia unggah melalui Instagram. 

Melalui akun Instagram-nya @xolovelyayana, Ayana Moon yang merupakan seorang mualaf ini terlihat tampil tanpa hijabnya. Seperti yang terlihat pada unggahan terbarunya, dia mengunggah foto bersama sang adik yang baru saja menjalani wajib militer.

Wanita asal Korea Selatan ini mengenakan topi yang dipadukan dengan hoodie. Dalam keterangannya, Ayana mengungkap bahwa adiknya adalah satu-satunya peserta militer yang beragama muslim.

"Selamat pagi dari Ayana & AydinThe real Crash Landing on You haha. Adik saya @aydinmoon is doing his military duty now. The only Muslim serviceman in his camp. So proud of you," ujarnya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Ayana Jihye Moon (@xolovelyayana)

Sontak saja unggahan tersebut langsung mendapat beragam komentar warganet. Tak sedikit warganet yang lantas memberikan kritik atas penampilan Ayana itu.

"Sekarang mulai terbuka sedikit-sedikit yaa," komentar salah satu warganet. 
 
 "Sangat menyanyangkan lehernya keliatan jadi kosnsumsi banyak orang," timpal warganet lainnya.
 
"Mau kaget tapi kok ini dunia per-artisal-an. Jadi ya santai aja nanggepinnya lagian Public figure yang dari lahir islam juga bnyak yg ga berhijab, dan pastinya tau jg hukum nya klo ga berjilbab, apalagi ayana yg mualaf iman kadang naik turun. Kita juga kadang gitu kan, kadang iman naik turun kaya roller coaster. Intinya kalo kita suka, ya suka yg sewajarnya aja jgn berlebihan, apalagi berharap sempurna kpd manusia, ujungny² kecewa. Benahi diri sendiri sesuai apa yg Allah dan rosul ajarkan aja. Sedikit demi sedikit. Istighfar banyakin" ujar yang lainnya. 
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Reaksi Ayana

Dengan pro kontra yang memanas, Ayana pun memutuskan membatasi kolom komentar. Ia akhirnya buka suara soal reaksi warganet terkait dirinya yang tidak mengenakan hijab. Ia menanggapinya dengan cukup bijak.

"Saya mencoba membaca komen-komen dari kalian semua. Mungkin nanti ada kesempatan buatku untuk cerita tentang situasi di Korea Selatan saat ini," tulis Ayana dalam bahasa Inggris di Instagram Story. Ia juga menyatakan bahwa membandingkan seorang muslim Korea asli dengan warga asing adalah tidak tepat.

"Kurang tepat untuk membandingkan situasi orang asing yang muslim di Korea dengan orang muslim lokal karena memang kondisi yang kami hadapi berbeda," tulisnya lagi. Meski begitu, Ayana berusaha memahami komentar-komentar yang ditinggalkan kepadanya. Ia paham tak semua orang bisa memahami kondisi yang dihadapinya di Korea saat ini.

"Saya mencoba paham komen-komen kalian di Instagram saya. Meskipun komen itu negatif, karena tidak semua orang bisa paham sepenuhnya situasi yang kami hadapi," tulis Ayana.

Ayana berterima kasih karena masih banyak orang yang perhatian dengannya. Ia berjanji akan terus menjadi lebih baik. "Terima kasih untuk support dan sayang dan bahkan 'komen negatifnya'. Saya akan terus belajar dan melakukan yang terbaik." tutupnya.

3 dari 3 halaman

Tampil Sporty

Dua hari sebelumnya, Ayana juga mengunggah foto hampir serupa. Lokasinya juga di Seoul tapi berlatar di trotoar di sebuah jalan di Seoul.  "Foto ootd di Korea oleh rekan kantor saya. Tapi mereka nggak tahu gimana cara ambil foto yang cantik," tulisnya dalam keterangan foto.

Dalam foto itu Ayana kembali terlihat memakai hoodie dan topi plus celana panjang biru dan sneakers putih. Seperti unggahan saat di supermarket, hanya ada beberapa warganet yang menanyakan soal hijab. Hampir semuanya memuji sekaligus mengucapkan selamat menjalani ibadah puasa Ramadhan.

"Semangat Dan Selamat Menjalani Ibadah DiBulan Ramadhan ini Sang Bidadari Ayana Jihye MoonSukses Selalu Kedepan nya.. Aamiin Allahumma Aamiin. Fii Amanillah BarakAllahu Fiik," komentar seorang warganet.

Dalam unggahan lainnya pada 18 Februari lalu, Ayana juga membagikan foto tanpa hijab saat berada di Kuala Lumpur.  Ia terlihat sedang bersiap-siap untuk berolahraga dengan mengenakan jaket serta hoodie warna merah muda dan topi cokelat muda sebagai pengganti hijab. Dengan gaya sporty, sejumlah warganet menyoroti jaket Ayana yang dinilai terlalu ketat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.