Sukses

6 Manfaat Tidur Telanjang Bagi Kesehatan, Bantu Kesuburan hingga Atasi Stres

Ketahui fakta tentang tidur telanjang yang dipercaya baik baik bagi kesehatan organ reproduksi pria.

Liputan6.com, Jakarta - Menurut sebuah studi dari Institut Nasional Kesehatan Anak dan Pengembangan Manusia di Maruland dan Universitas Stanford di AS, menyatakan bahwa pria yang telanjang pada malam hari dapat menurunkan risiko kerusakan pada sperma sebesar 25 persen.

Studi lain yang dirujuk dalam Daily Telegraph, melacak 500 pria untuk memantau hubungan antara pilihan pakaian dalam dengan kualitas sperma mereka selama periode 12 bulan. Hasilnya, pria yang tidur telanjang lebih mungkin membuat pasangannya hamil daripada pria tidur dengan pakaian lengkap.

Mengomentari hasil penelitian, Allan Pacey, pakar kesuburan terkemuka dan Profesor Andrologi di Universitas Sheffield, mengatakan, “kami telah mengetahui selama beberapa waktu bahwa pria yang meningkatkan suhu testis mereka, baik melalui paparan panas di tempat kerja atau dengan memakai celana dalam yang ketat, memiliki kualitas sperma yang lebih buruk.”

Lebih dari itu, banyak penelitian memaparkan tentang manfaat baik tidur telanjang, tidak hanya meningkatkan organ reproduksi pria, tetapi juga aspek lain dari kesehatan Anda. Melansir dari Fatherly, Senin (18/7/2022), berikut informasi lengkap mengenai enam manfaat dari tidur telanjang yang perlu Anda ketahui.

1. Tidur telanjang membantu Anda tidur lebih cepat

Jika Anda pernah terbangun di malam hari karena berkeringat, maka tidur telanjang dapat membantu. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology, “efek pada tahap tidur berbeda tergantung pada penggunaan tempat tidur atau pakaian. Paparan panas akan membuat Anda terjaga dan mengurangi kualitas tidur.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Manfaat tidur telanjang bagi pria

2. Menjaga tubuh tetap dingin dapat meningkatkan kualitas tidur

Suhu yang tepat tidak hanya membantu Anda tidur, tetapi juga meningkatkan kualitas tidur. Penelitian telah menunjukkan bahwa semakin dingin Anda di bawah seprai, semakin dalam Anda akan tidur di malam hari dan semakin kecil kemungkinan Anda terbangun di tengah malam.

Jadi, tidur telanjang adalah langkah tepat yang bisa Anda ambil, apabila ruang tidur Anda tidak memiliki alat pendingin.

3. Tidur telanjang dapat membantu menurunkan berat badan

Meskipun mungkin tampak agak tidak masuk akal, tapi itu sesungguhnya benar. Sebuah studi NIH menemukan bahwa jika kulit Anda tetap dingin saat tidur, itu dapat membantu tubuh membakar kalori secara alami. 

Hal ini didukung oleh pertumbuhan lemak cokelat pada tubuh Anda. Lemak cokelat adalah jenis lemak tubuh tertentu yang diaktifkan saat tubuh kedinginan. Ia bekerja untuk menjaga suhu tubuh Anda dengan memecah molekul glukosa dan lemak. 

Menurut penelitian, “pria yang terpapar lingkungan dingin semalaman selama sebulan penuh, akan mengalami peningkatan lemak cokelat dengan perubahan metabolisme yang sesuai. Tentu ini yang diperlukan tubuh dalam proses penurunan berat badan.”

3 dari 7 halaman

Tidur telanjang dapat meningkatkan kesuburan pria hingga menghilangkan stres

4. Tidur telanjang dapat meningkatkan kesuburan pria

Perlu diketahui, peningkatan suhu skrotum dapat berdampak negatif pada kualitas sperma. Beberapa jenis pakaian dalam terbukti mengubah jumlah sperma yang aktif. Penelitian menunjukkan bahwa membiarkan tubuh tetap telanjang saat tidur bisa menghasilkan sperma lebih baik, dan itu termasuk salah satu cara yang murah dan mudah untuk melakukannya.

5. Meningkatkan rasa kepercayaan diri

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Happiness Studies menemukan bahwa menghabiskan lebih banyak waktu telanjang dapat meningkatkan citra tubuh yang lebih positif, harga diri yang lebih tinggi, dan kepuasan hidup yang lebih besar.

6. Tidur telanjang akan menghilangkan stres dan membuat lebih dekat dengan pasangan Anda

Menurut peneliti Swedia, kontak kulit-ke-kulit dengan orang lain akan memicu pelepasan hormon oksitosin di otak Anda. Hormon tersebut akan membantu mengurangi stres, membuat Anda merasa lebih terhubung dengan pasangan, dan meningkatkan gairah seksual.

Jadi, mengapa harus tidur telanjang? Intinya kita semua ingin tidur lebih nyenyak, dan peneliti menemukan fakta yang signifikan akan hal tersebut. Apalagi, tidur telanjang merupakan alat bantu tidur yang murah dan mudah dipraktikkan kapan saja.

Belum lagi dengan manfaat luar biasa lainnya, seperti menjaga testis dalam keadaan prima dan membantu Anda membawa keintiman hubungan ke tingkat berikutnya. Jadi jangan malu-malu untuk tidur telanjang, jika sudah tau manfaat menakjubkan seperti yang telah di sebutkan di atas.

4 dari 7 halaman

Studi: Pria Narsis Lebih Rentan Alami Ejakulasi Dini dan Sulit Orgasme

Jika Anda seorang narsistik, kemungkinan besar Anda akan mengalami beberapa masalah memalukan di kamar tidur.

Para peneliti telah mensurvei lebih dari seribu pria dewasa tentang kehidupan seks mereka dan tingkat 'narsisme seksual' mereka.

Narsisme seksual menggambarkan orang-orang yang memiliki 'pandangan yang berlebihan dan tidak realistis' tentang seksualitas mereka sendiri, dan seringkali hanya untuk menyenangkan diri mereka sendiri saat berhubungan seks.

Para peneliti menemukan bahwa menjadi lebih rentan terhadap ejakulasi dini dan kesulitan mencapai orgasme keduanya terkait secara positif dengan narsisme seksual.

Mereka menemukan bahwa pria dengan narsisme seksual 'sangat didorong oleh kesenangan diri' dan lebih peduli tentang orgasme mereka sendiri daripada pasangan seksual mereka.

Contoh seorang narsisis seksual adalah Patrick Bateman, karakter yang diperankan oleh Christian Bale dalam film 'American Psycho' tahun 2000.

Dalam adegan yang tak terlupakan, Bateman secara obsesif melenturkan otot-ototnya dan melihat dirinya di cermin saat dia berhubungan seks dengan seorang pelacur.

Studi baru dilakukan oleh para peneliti di Universitas Valparaiso di Indiana dan Universitas Eötvös Loránd di Budapest, Hongaria.

'Berbagai ciri dan gangguan kepribadian (seperti narsisme) telah dikaitkan dengan respons dan kepuasan seksual,' kata penulis studi Profesor David L. Rowland di Universitas Valparaiso kepada PsyPost.

'Penelitian kami mengulangi dampak negatif narsisme terhadap kepuasan hubungan, tetapi menambahkan perspektif baru tentang bagaimana karakteristik kepribadian ini juga dapat memengaruhi respons seksual pria selama hubungan seks.'

5 dari 7 halaman

Penelitiannya

Untuk penelitian mereka, tim merekrut 1.297 pria, mulai dari usia 18 hingga 85 tahun, untuk mengisi kuesioner online.

Kuesioner mensurvei para pria pada beberapa faktor, termasuk kondisi medis, disfungsi seksual, dan hubungan seksual sejauh dua tahun.

Pria juga berkompetisi dengan Hurlbert Index of Sexual Narcissism, di mana mereka harus menilai sejauh mana mereka setuju dengan beberapa pernyataan.

Mereka yang memiliki narsisme seksual yang tinggi sangat setuju dengan pernyataan 'Dalam seks, saya suka menjadi orang yang bertanggung jawab', 'Saya percaya saya memiliki gaya bercinta yang khusus', 'Kedekatan emosional dapat dengan mudah menghalangi kenikmatan seksual, ' dan 'Menyenangkan diri sendiri dalam seks adalah yang paling penting'.

Para peneliti menemukan bahwa pria dengan narsisme seksual yang tinggi lebih mungkin untuk memiliki pasangan seksual, berhubungan seks lebih sering, masturbasi lebih sering, dan memiliki minat yang lebih besar pada seks.

6 dari 7 halaman

Kepuasan seksual yang rendah

Namun, mereka juga menunjukkan kepuasan seksual yang lebih rendah dan kepuasan hubungan keseluruhan yang lebih rendah dan lebih cenderung memilih masturbasi daripada seks.

Menariknya, pria dengan narsisme seksual juga lebih mungkin menderita ejakulasi dini dan, secara paradoks, lebih sulit mencapai orgasme saat berhubungan seks.

Meskipun ini adalah dua sifat seksual yang sangat berbeda, pria tidak menderita keduanya pada saat yang sama – kecuali jika mereka mengalami hubungan seksual yang berbeda.

Pria narsis juga menunjukkan seksualisasi yang lebih tinggi secara keseluruhan, serta 'orientasi autoerotik' yang lebih tinggi – mendapatkan kepuasan seksual melalui stimulasi tubuh sendiri.

'Pria narsis sangat didorong oleh kesenangan diri sendiri, memperoleh kepuasan seksual lebih dari orgasme daripada interaksi relasional,' kata para penulis dalam makalah mereka.

'Mereka juga lebih rentan terhadap ejakulasi cepat (mungkin di awal hubungan seksual) dan kesulitan mencapai ejakulasi (mungkin saat hubungan baru berkurang).'

7 dari 7 halaman

Butuh penelitian lebih lanjut

Keluar untuk menyenangkan diri sendiri saat berhubungan seks dapat menjelaskan ejakulasi dini, tetapi bagaimana narsisme seksual terkait dengan kesulitan mencapai orgasme kurang jelas.

Karena orang dengan narsisme seksual fokus terutama pada apa yang mereka inginkan, bisa jadi ini tidak selalu kondusif untuk ejakulasi.

Para peneliti menekankan bahwa mereka tidak dapat membedakan korelasi dari sebab-akibat (satu faktor secara langsung menyebabkan yang lain).

"Ini adalah studi korelasional, jadi orang perlu berhati-hati dalam menarik kesimpulan kausal, misalnya, menyatakan bahwa narsisme adalah penyebab berkurangnya kepuasan seksual dan hubungan, atau respons seksual yang lebih bermasalah selama hubungan seks berpasangan," kata Rowland.

'Faktor lain yang tidak dinilai dalam penelitian kami mungkin bertanggung jawab atas hasil ini.'

Studi ini telah diterbitkan dalam jurnal Sexual and Relationship Therapy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.