Sukses

4 Makanan Populer Ini Ternyata Diam-Diam Merusak Jantungmu

Ada beberapa makanan populer yang diam-diam merusak jantungmu

Liputan6.com, Jakarta Makan sehat lebih mudah diucapkan daripada dilakukan—dan tidak heran, jika Anda mempertimbangkan bahwa banyak makanan populer dikemas dengan bahan-bahan yang dapat membahayakan jantung Anda. Menurut National Institutes of Health (NIH), orang Amerika mengonsumsi terlalu banyak gula tambahan, lemak jenuh, dan natrium, yang semuanya dapat menyebabkan penyakit jantung.

Selain itu, kita juga tidak mendapatkan cukup vitamin, mineral, dan serat untuk menjaga kesehatan jantung kita. Tidak heran, bahkan di Indonesia prevalensi penyakit jantung terus meningkat dari tahun ke tahun.

Berikut ini beberapa makanan populer yang sebenarnya diam-riam merusak jantngmu.

1. Saus tomat

Banyak dari kita tidak berpikir dua kali untuk menenggelamkan kentang goreng, telur, dan hot dog dalam saus tomat. Namun, bumbu seperti saus tomat mengandung gula dan natrium tambahan dalam jumlah tinggi.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, gula tambahan adalah pemicu utama penyakit jantung. Dan menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), asupan natrium yang tinggi meningkatkan tekanan darah—faktor risiko yang signifikan untuk penyakit jantung dan stroke.

"Saus tomat—walaupun cukup enak—mudah digunakan secara berlebihan, menyebabkan Anda mendapatkan lebih banyak gula dan natrium daripada yang Anda inginkan," Ellis Hunnes memperingatkan.

"Gula yang ditambahkan dan diproses, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kondisi kronis lainnya. Menggunakan pasta tomat adalah pengganti yang baik yang tidak mengandung gula tambahan," sarannya. Anda juga dapat membeli saus tomat organik, yang dimaniskan secara alami dengan kurma, atau membuat saus tomat sendiri untuk membatasi asupan gula dan garam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Soda diet

Sebagian besar dari kita sudah tahu bahwa minum soda tidak baik untuk kita. Itu sebabnya banyak orang memilih diet soda, berpikir itu adalah pilihan yang tidak terlalu berbahaya. Sayangnya, ini tidak terjadi. Meskipun produk soda diet mengklaim bebas gula, mereka biasanya mengandung pemanis buatan — dan minuman dengan pemanis buatan dikaitkan dengan penyakit jantung, tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, dan semua penyebab kematian lainnya. Demikian menurut sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan di Nutrients .

"Minum soda diet memicu tubuh Anda untuk melepaskan insulin karena rasanya yang manis, [yang] dapat memicu peradangan dan rasa lapar," kata Dana Ellis Hunnes, PhD, MPH, ahli diet terdaftar dan penulis Recipe for Survival, kepada Best Life.

"Ketika insulin dilepaskan, itu menurunkan gula darah Anda dengan membiarkan glukosa masuk ke dalam sel, yang dapat membuat Anda merasa lebih lapar dan menyebabkan Anda makan lebih banyak."

 

3 dari 4 halaman

3. Selai kacang rendah lemak

Selai kacang itu enak. Dan selai kacang rendah lemak bahkan lebih baik, bukan? Sayangnya tidak. Selai kacang sarat dengan lemak sehat yang meningkatkan kesehatan jantung. Memilih versi rendah lemak atau bebas lemak berarti lemak diganti dengan gula tambahan untuk mengimbangi rasa yang hilang dari lemak yang dihilangkan. Jadi dengan memilih rendah lemak, Anda kehilangan manfaat dari lemak sehat, sementara makan lebih banyak gula tambahan yang dapat merusak jantung Anda.

Dan gula tambahan adalah salah satu penyebab diet utama di balik penyakit jantung, diabetes, dan obesitas, kata sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan di Open Heart.

"Selai kacang biasa menyehatkan jantung karena mengandung jumlah penuh lemak sehat yang ditemukan dalam kacang tanah (lemak tak jenuh tunggal). Tidak ada bukti yang menunjukkan selai kacang penuh lemak meningkatkan berat badan, lingkar pinggang, atau risiko penyakit kronis," jelas Ellis Hunnes.

"Selai kacang rendah lemak dan bebas lemak sering menggantikan lemak sehat ini dengan gula untuk menebus rasa dan rasa di mulut. Sayangnya, gula tambahan dikenal sebagai produk makanan inflamasi, yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

 

4 dari 4 halaman

4. Sup kalengan

Sup kalengan nyaman, terjangkau, dan sering mengandung sayuran—jadi bagaimana bisa membahayakan kesehatan jantung Anda? Nah, sebagian besar sup kalengan adalah sup olahan dan sangat tinggi sodium untuk memungkinkan umur simpan yang lebih lama.

Seperti disebutkan sebelumnya, asupan natrium yang tinggi meningkatkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung. Para ahli merekomendasikan agar orang dewasa mengonsumsi kurang dari 2.300 miligram sodium per hari (sekitar satu sendok teh garam).

Sementara satu kaleng sup Campbell saja misalnya mengandung 1.400 hingga 1.800 miligram sodium, menurut para ahli di Pritikin Longevity Center + Spa.

Lain kali Anda mendambakan sup, pilih sup kalengan rendah sodium atau buat sup buatan sendiri yang bisa Anda bumbui dengan garam laut atau garam Himalaya merah muda yang lebih aman untuk jantung Anda.

"Semakin banyak natrium yang Anda makan, semakin banyak cairan yang Anda tahan," kata Ellis Hunnes.

"Ini menyebabkan jantung bekerja lebih keras, memperburuk kondisi jantung tertentu, risiko stroke, dan tekanan darah. Taruhan terbaik Anda adalah membuat sup tanpa natrium sendiri dan menambahkan hanya apa yang Anda butuhkan untuk rasa."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.