Sukses

Para Ibu, Ini Loh Manfaat Konsumsi Telur Selama Masa Kehamilan

Artikel ini membahas manfaat konsumsi telur selama masa kehamilan

Liputan6.com, Jakarta Telur merupakan salah satu panganan yang murah dan mudah dicari. Meski demikian, telur mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan, termasuk jika dikonsumsi selama masa kehamilan.

[bacajuga:Baca Juga](5013993 5015905 5015859]

Ya, telur mengandung banyak sekali protein yang baik untuk kesehatan ibu hamil serta perkembangan janin dalam kandungan. Pola makan saat hamil perlu diperhatikan secara khusus karena memiliki dampak langsung pada Si Kecil dalam kandungan.

Makan makanan bergizi penting untuk kesejahteraan ibu dan anak. Salah satu menu makanan yang mungkin dipikirkan serta mudah diolah adalah telur rebus.

Menurut foodsafety, makan telur saat hamil aman, asalkan benar-benar dimasak karena telur mentah atau setengah matang mengandung bakteri berbahaya seperti salmonella yang bisa menyebabkan keracunan.

Journal of Health, Population, and Nutrition menjelaskan bahwa mengonsumsi telur dalam jumlah yang cukup membantu pertumbuhan janin. Karena mengandung asam amino esensial yang tidak dapat disintetis oleh tubuh.

Orang sering mengira bahwa protein hanya terdapat pada putih telur, dan kuning telur dikenal sebagai tempat lemak ditemukan. Namun, selain nutrisi tersebut, kuning telur juga mengandung protein hampir setara dengan putih telur.

Protein dibutukan untuk pertumbuhan kulit, rambut, otot, dan tulang, dan sel untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Oleh karena itu, manfaat telur rebus untuk ibu hamil, bukan hanya dari putih telur, namun makan secara keseluruhan.

Berikut ini manfaat mengonsumsi telur selama masa kehamilan, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan nutrisi dalam telur rebus sangat bermanfaat untuk membantu tubuh dalam membentuk komponen sistem imun yang kuat. Di dalam telur juga terdapat kandungan selenium yang merupakan antioksidan yang memiliki peran cukup penting dalam meningkatkan respons sel imun tubuh sehingga tubuh bisa melawan infeksi bakteri dan juga virus dengan baik.

Sebagai Sumber Energi

Telur rebus sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena merupakan salah satu sumber energi. Manfaat satu ini diperoleh karena kandungan protein yang berkualitas dan juga lemak sehat. Berkat kedua kandungan nutrisi tersebut membuat ibu hamil yang mengonsumsinya merasa kenyang dan penuh energi serta lebih berstamina saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Telur rebus yang mengenyangkan, akan membuat ibu hamil menurunkan keinginan untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan atau makan makanan yang tidak sehat, seperti makanan cepat saji atau minuman manis. Oleh karena itu, berat badan tidak akan naik secara drastis.

3 dari 5 halaman

Mengurangi Risiko Preeklamsia

Preeklamsia merupakan kondisi saat ibu hamil mengalami peningkatan tekanan darah dan adanya protein pada urine. Jika ibu hamil mengalami preeklamsia maka bisa berakibat terjadinya keracunan kehamilan. Maka dari itu, kondisi seperti ini tidak bisa dianggap remeh dan harus dicegah. Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi telur rebus karena memiliki kandungan kolon yang sangat tinggi.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Dalam beberapa kasus ibu hamil berisiko untuk terkena osteoporosis. Supaya tidak mengalami osteoporosis disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Dimana telur merupakan salah satu sumber kalsium dan vitamin D.

Kedua kandungan nutrisi tersebut memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang maupun gigi ibu hamil. Selain itu, juga berguna untuk menunjang kontraksi otot serta proses pembekuan darah. Kedua hal ini sangat dibutuhkan ibu hamil saat proses persalinan.

 

4 dari 5 halaman

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Bumil

Seperti yang diketahui jika wanita yang sedang hamil membutuhkan nutrisi yang lebih banyak. Kebutuhan nutrisi tersebut, seperti kalsium, protein dan asam folat. Ketiga nutrisi tersebut sangat dibutuhkan karena saat sedang hamil, janin di dalam kandungan membutuhkan dukungan dalam proses tumbuh kembangnya serta menjaga kesehatan ibu hamil semalam menjalani kehamilan. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang meningkat, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan padat nutrisi seperti telur.

Tingkatkan Produksi ASI

Menurut sebuah data, manfaat telur rebus untuk ibu hamil adalah dapat meningkatkan kualitas ASI. Wanita hamil membutuhkan minimal 450 mg kolin. Sementara wanita yang sedang menyusui membutuhkan kolin sekitar 550 mg.

Kolin terdapat pada telur dan sangat berguna untuk menjaga kualitas ASI. Selain untuk ASI, telur juga meningkatkan kecerdasan otak bayi sejak kandungan.

5 dari 5 halaman

Tips Konsumsi Telur Saat Hamil

Sebelum Anda mengonsumsi telur di masa kehamilan, terdapat beberapa hal yang mesti diperhatikan. Berikut ini sejumlah tips konsumsi telur saat hamil:

1. Periksa telur yang terbaik sebelum atau sesudah dibeli.

2. Hindari membeli telur yang memiliki cangkang yang pecah karena rentan terhadap bakteri serta kotoran.

3. Baiknya beli telur yang organik karena mereka tidak menggunakan antiobiotik atau hormon apapun pada unggas.

4. Sebelum memasak, lakukan tes kesegaran telur dengan menaruh dalam mangkuk air. Apabila mengapung berarti telur tidak segar dan kebalikannya bila tenggelam ke dasar maka telur dianggap segar.

5. Bila ada riwayat kolesterol, batasi konsumsi kuning telur

6. Pilih olahan telur yang menyehatkan seperti dengan cara direbus

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.