Sukses

Risiko Anda Terinfeksi Covid-19 Tergantung dari Golongan Darah, Ini yang Paling Kebal

Ternyata risiko terinfeksi Covid-19 bisa tergantung dari golongan darah. Ada yang paling kebal

Liputan6.com, Jakarta Meski pemerintah Indonesia telah memutuskan bahwa masyarakat mesti hidup dengan virus Corona, faktanya kasus harian Covid-19 kembali naik. Bahkan, satgas meminta masyarakat untuk waspada dnegan kasus harian Covid yang naik hingga 6 kali lipat.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin sudah memperkirakan potensi kenaikan kasus COVID-19 di tengah penyebaran Omicron BA.4 dan BA.5. Perkiraan ini melihat data perkembangan COVID-19 di sejumlah negara yang mengalami kenaikan kasus secara drastis.

Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 naik di semua negara di Eropa. Data per Juni 2022 yang dihimpun Kementerian Kesehatan, angka COVID-19 di Jerman bisa menembus 80.000 kasus per hari, Prancis 78.000 kasus, Brasil 55.000 kasus, Italia 54.000 kasus.

Dengan peningkatan infeksi yang tajam, banyak yang mungkin khawatir tentang risiko mereka tertular virus ini baik untuk pertama kali atau kembali tertular.

Menariknya, ternyata risiko Anda tertular dapat diturunkan secara signifikan tergantung pada jenis darah yang Anda miliki. Demikian menurut sebuah penelitian.

Golongan darah dan kerentanan terhadap infeksi Covid-19 pertama kali dihipotesiskan oleh para peneliti di China pada Maret 2020. Ide-ide ini selanjutnya digaungkan oleh sebuah makalah dari Universitas Columbia sebulan kemudian.

Menariknya, perusahaan pengujian DNA 23andMe semakin memperkuat teori ini ketika mampu menghubungkan pelanggan dan infeksi Covid di antara 750.000 orang yang didiagnosis dan dirawat di rumah sakit karena Covid-19 - dan mereka yang bergolongan darah O lebih terlindungi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penelitian terkait

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine mengkonfirmasi gagasan tersebut dan menemukan bahwa mereka yang bergolongan darah A memiliki risiko 45% lebih tinggi untuk terinfeksi Covid dibandingkan mereka yang bergolongan darah lain.

Sekali lagi, temuan menyimpulkan bahwa golongan darah O adalah 35% lebih kecil kemungkinannya untuk terinfeksi.

Para peneliti dan ilmuwan sekarang mengonfirmasi bahwa golongan darah Anda dapat memiliki dampak signifikan terhadap kemungkinan tertular Covid, dengan tipe A lebih rentan dan tipe O memiliki risiko lebih rendah.

Dr Xand van Tullekan dari Healthcheck UK Live mengatakan: "Ada beberapa kebenaran di dalamnya, atau setidaknya ada beberapa data yang mendukungnya."

"Ada penelitian di Wuhan yang mengatakan bahwa golongan darah A lebih rentan, dan itu adalah golongan darah kami yang paling umum di Inggris."

"Tetapi apa pun golongan darah Anda, sebaiknya perilaku Anda tetap sama. Tetap di rumah, dan jangan keluar kecuali untuk olahraga yang tepat, atau kegiatan penting."

 

3 dari 5 halaman

Hanya karena Anda tipe O, bukan berarti Anda bebas tertular covid

Semua penelitian sejauh ini hanya melihat golongan darah sehubungan dengan kasus gejala virus corona, para ahli memperingatkan.

Orang dengan golongan darah O mungkin sedikit lebih terlindungi dari virus, dan orang dengan golongan darah A sedikit lebih rentan, tetapi infeksi masih berarti aturan yang sama berlaku.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi penyebaran infeksi jika Anda memiliki gejala, telah dites positif, atau melakukan kontak dekat.

“Jika Anda tidak memenuhi syarat untuk pengujian dan Anda memiliki gejala infeksi pernapasan seperti coronavirus dan memiliki suhu tinggi atau tidak merasa cukup sehat untuk pergi bekerja atau melakukan aktivitas normal, tetap di rumah dan hindari kontak dengan orang lain,” kata NHS.

Badan kesehatan nasional Inggris menambahkan: “Lakukan ini sampai Anda tidak lagi memiliki suhu tinggi (jika Anda memilikinya) atau sampai Anda merasa lebih baik.

“Jika Anda memiliki hasil tes virus corona positif, tetap di rumah dan hindari kontak dengan orang lain selama lima hari setelah hari Anda melakukan tes, atau sejak gejala Anda mulai (mana yang lebih awal)."

“Kamu harus menghitung hari setelah kamu mengikuti tes sebagai hari pertama.”

4 dari 5 halaman

Ahli Virologi Nyatakan Kekhawatirannya pada Subvarian Omicron BA.2.75

Ahli virologi telah menyuarakan kekhawatiran tentang munculnya varian baru Omicron yang menyebar cepat, yang dengan cepat mendapatkan tempat di India dan telah tiba di Inggris. 

Varian BA.2.75 yang dijuluki “Centaurus,” pertama kali terdeteksi di India pada awal Mei. Di sini, kasus telah meningkat tajam dan tampaknya lebih cepat daripada varian BA.5 yang sangat menular, yang juga ada di India, dan dengan cepat menggantikan varian BA.2 yang sebelumnya dominan di banyak negara.

BA.2.75 juga telah terdeteksi di sekitar 10 negara lain, termasuk Inggris, AS, Australia, Jerman, dan Kanada. Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC) menetapkannya sebagai "varian dalam pemantauan" pada 7 Juli lalu, yang berarti ada beberapa indikasi bahwa itu bisa lebih menular atau terkait dengan penyakit yang lebih parah, tetapi buktinya lemah atau belum dinilai.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga memantau dengan cermat varian baru tersebut, meskipun kepala ilmuwannya, Dr Soumya Swaminathan, mengatakan belum ada cukup sampel untuk menilai tingkat keparahannya.

Selain pertumbuhannya yang cepat dan penyebaran geografis yang luas, ahli virologi telah diperingatkan oleh banyaknya mutasi ekstra yang terkandung dalam BA.2.75, relatif terhadap BA.2, yang kemungkinan besar telah berevolusi. 

“Ini bisa berarti bahwa ia memiliki kesempatan untuk mengembangkan keunggulan dibandingkan garis keturunan virus yang sudah sukses," kata Dr Stephen Griffin, ahli virologi di University of Leeds, dilansir dari The Guardian.

5 dari 5 halaman

Kian melonjak di India

“Ini bukan mutasi yang tepat, lebih pada jumlah/kombinasinya,” kata Dr Tom Peacock, seorang ahli virologi di Imperial College London, yang pertama kali mengidentifikasi Omicron sebagai masalah potensial pada November 2021. 

“Sulit untuk memprediksi efek dari banyaknya mutasi yang muncul bersama ini memberi virus sedikit sifat 'wildcard' di mana jumlah bagian bisa lebih buruk daripada bagian satu per satu.”

“Ini jelas merupakan kandidat potensial untuk apa yang terjadi setelah BA.5. Jika gagal, itu mungkin hal yang akan kita hadapi selanjutnya, yaitu 'varian dari varian'."

Bahkan jika tidak lepas landas di negara lain, pertumbuhannya di India menunjukkan kemungkinan akan menjadi masalah di sana, tambah Peacock. 

“Ini jelas tumbuh cukup baik di India, tetapi India tidak mendapat banyak BA.5, dan masih sangat tidak jelas seberapa baik itu melawan [itu].”

Griffin mengutipnya sebagai contoh lain dari kapasitas mengesankan virus untuk mentolerir perubahan protein lonjakannya bagian yang digunakannya untuk menginfeksi sel, dan yang menjadi dasar sebagian besar vaksin Covid-19.

“Kali ini tahun lalu, banyak yang yakin bahwa Delta mewakili puncak evolusi virus, tetapi munculnya Omicron dan peningkatan besar dalam variabilitas dan penghindaran antibodi adalah tanda bahwa kita sebagai populasi tidak dapat mengikuti rencana seperti influenza untuk mempertahankannya berpacu dengan evolusi virus,” kata Griffin. 

Selain vaksin, rencana jangka panjang harus mencakup langkah-langkah varian-agnostik untuk mencegah infeksi dan infeksi ulang. 

“Ini termasuk menciptakan lingkungan yang tahan terhadap infeksi melalui peningkatan ventilasi, penyaringan, atau sterilisasi udara dalam ruangan, penyediaan kembali tes aliran lateral yang masuk akal, dan periode isolasi yang sesuai dan didukung yang benar-benar akan mengurangi penularan yang sedang berlangsung,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    COVID-19 omicron

  • Angka kasus Covid-19 di Indonesia kini sudah mencapai angka 3.686.740 per hari Senin, 9 Agustus 2021.

    Covid Indonesia

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    varian omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Golongan Darah